Banyak mesin CPAP atau BiPAP memiliki fitur "RAMP" yang secara bertahap meningkatkan tekanan untuk membantu Anda tertidur lebih cepat. Ramp time adalah periode di mana tekanan yang lebih rendah kemudian secara bertahap meningkat selama jangka waktu tertentu, Permulaan Ramp dengan tekanan yang lebih rendah dapat membuatnya lebih mudah tertidur.


Jika Anda pengguna CPAP atau BiPAP Fitur Ramp time merupakan fitur penting untuk pasien apnea tidur, fitur ini dapat membantu pengguna beradaptasi dengan terapi CPAP atau BiPAP dengan membuatnya lebih nyaman untuk menggunakan terapi CPAP. Cara kerja fitur Ramp yaitu dengan dengan memulai tekanan yang lebih rendah lalu kemudian secara bertahap meningkat. Untuk pengaturan Ramp time bisa diatur dengan durasi sekitar 5 - 45 menit.

Dalam pengaturan Ramp pada mesin CPAP/BiPAP dengan tekanan yang lebih rendah, dapat membuat pengguna lebih mudah tertidur. Setelah pengguna tertidur, tekanan dapat ditingkatkan ke kisaran yang diperlukan untuk menjaga jalan napas bagian atas agar pasien tidak tersedak selama tidur.

Cara Mengatur Ramp Time pada Mesin CPAP/BiPAP

Ada beberapa model mesin CPAP atau BiPAP yang beredar dipasaran, tidak semua perangkat memiliki fitur Ramp dan untuk mengaksesnya akan berbeda tergantung model dan brandnya. Mungkin untuk mengetahuinya bisa konsultasikan dealer yang bersangkutan, penyedia peralatan medis atau spesialis gangguan tidur.

Secara umum, fitur ramp dapat dimulai saat mesin dihidupkan dan dapat atur melalui tombol navigasi. Pengaturannya juga dapat berupa fitur yang diakses melalui menu pengguna di layar. Tekanan awal dan durasi mungkin diatur oleh penyedia Anda atau dapat diatur sendiri oleh pengguna.

Ada dua faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pengaturan Ramp. Pertama, tekanan awal harus nyaman. Ini umumnya lebih rendah dari tekanan yang mungkin diperlukan untuk mendukung pernapasan setelah pengguna tertidur. Kedua, durasi tekanan awal ini akan bervariasi dalam waktu 5 menit hingga 45 menit. Durasi ini harus sedikit lebih lama daripada jumlah waktu rata-rata yang perlukan ketika pengguna tertidur.

Hampir semua mesin CPAP/BiPAP memiliki fitur ramp. Berikut beberapa perangkat CPAP/BiPAP rekomendasi kami yang memiliki fitur Ramp:

Mesin CPAP/BiPAP Terbaik dengan Fitur Ramp

Mesin CPAP/BiPAPFitur RampDurasi Tekanan
Philips Respironics DreamStation Auto CPAP/BiPAP
SmartRamp5-45 menit
Philips Respironics Dorma 200 CPAPRamp Time5-45 menit
Philips A40 BiPAP VentilatorRamp Time5-45 menit
Ventmed Auto CPAP (DS-6) BiPAP (DS-8)Ramp Time5-60 menit
Reswell RVC 820 CPAPRamp Time5-60 menit
Transcend 3 miniCPAPRamp Time5-45 menit
Aeonmed AS100 Auto CPAPRamp Time5-60 menit
ResMed AirMini Travel Auto CPAPRamp Time5-45 menit
ResMed AirSense 10 Auto CPAPAutoRamp5-45 menit
ResMed AirSense 10 Auto CPAP For HerAutoRamp5-45 menit
ResMed AirStart 10 Automatic CPAPRamp Time5-45 menit
ResMed AirCurve 10 VAuto BiLevelAutoRamp5-45 menit

Nah itulah beberapa model CPAP atau BiPAP yang memiliki fitur Ramp. Sebelum membeli perangkat sleep apnea penting untuk memeriksa fitur yang akan dibeli. Tidak semua mesin CPAP memiliki fitur Ramp jadi harus lebih teliti saat membeli perangkat ini.

Sumber>
  • https://www.verywellhealth.com/pressure-ramp-up-feature-on-a-cpap-machine-3015309
  • https://www.cpap.com/blog/cpap-ramp-function/