Sedangkan kloset jongkok sangat berkembang di negara Asia tak terkecuali Indonesia meskipun kini di pusat perbelanjaan atau pusat publik lainnya sudah memakai kloset duduk untuk kebutuhan orang luar.

Namun manakah yang paling baik antara kedua kloset tersebut?

Berikut beberapa alasan mengapa kloset jongkok lebih baik ketimbang kloset duduk.


1. Mengurangi risiko mengejan karena adanya bantuan dari paha untuk menekan perut, membantu usus besar mengeluarkan feses
2. Otot puborectalis yang merupakan otot yang menekan usus besar saat kita berdiri, sehingga feses tidak keluar. Ketika Anda menggunakan kloset jongkok, seluruh otot puborectalis tidak bekerja, Sehingga semua otot tersebut melonggar. Kalau Anda pakai kloset yang duduk, otot yang tidak menekan hanya sebagian. Sehingga hasilnya sudah bisa dipastikan bahwa buang air besar jadi lebih sulit keluar.
3. Feses yang keluar pada posisi duduk yang membentuk 90 derajat akan sulit dan kurang efektif bila dibandingkan posisi jongkok yang mana posisinya membentuk sekitar 60 derajat
4. Mengurangi risiko penyakit pencernaan seperti sembelit dan wasir.
5. Melindungi saraf yang mengontrol prostat, kandung kemih, dan uterus dari peregangan dan kerusakan.
6. Melindungi katup ileocecal, yang berada di antara usus besar dan usus kecil. Dalam posisi duduk, katup ini tidak dapat bekerja maksimal sehingga sering menyebabkan kebocoran dan mencemari usus besar.
7. Menggunakan paha untuk menahan usus dan mencegah tegang. Ketegangan kronis di kloset dapat menyebabkan hernia, diverticulosis, dan prolapse organ panggul.
8. Bagi ibu hamil, posisi jongkok dapat menghindari tekanan pada rahim saat buang air. Dengan jongkok dapat membantu mempersiapkan proses kelahiran yang alami.
9. Kloset jongkok lebih terbebas dari penyakit seperti diare, flu, hingga infeksi kulit karena paha belakang tidak menyentuh kloset tidak seperti kloset duduk yang mana bakteri banyak tumbuh di dudukan kloset.


Berikut ini manfaat dari kloset duduk


1. Bagi lansia, sulit ketika selesai buang air besar di kloset jongkok untuk berdiri kembali karena otot paha lansia yang memaksa untuk bangkit dari posisi jongkok sangat sulit bekerja
2. Toilet duduk memiliki desain yang sangat elegan dan nyaman digunakan
3. Toilet duduk tidak membuat seseorang terasa nyeri dan kesemutan pada paha akibat terlalu lama jongkok
4. Toilet jenis ini juga dianggap lebih nyaman digunakan bagi wanita yang hamil besar dan orang yang menderita cedera lutut dan orang yang menderita obesitas.
5. Penggunaan air lebih hemat bila dibandingkan dengan menggunakan kloset jongkok.



Commode Chair


Mengenai kloset duduk, ada beberapa kloset duduk yang sangat berguna bagi penderita yang sulit berjalan yaitu commode chair. Merek dan tipe ini bisa menjadi pilihan Anda untuk memilih commode chair dengan kelebihan yang berbeda.


1. GEA FS896


Commode Chair GEA FS896



Kursi Toilet merek Gea ini bisa dilipat sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja. Dengan kerangka yang berbahan chromed steel frame mudah untuk dibersihkan. Kakinya terbuat dari karet untuk meminimalisir terjadinya licin. Kemudian tinggi bisa diatur sesuai kenyamanan pengguna dan terakhir dudukan yang berbentuk persegi datar.


2. GEA FS895L


Commode Chair GEA FS895L



Dengan kelebihannya memiliki dudukan busa yang bisa dipakai ketika tidak sedang digunakan, busanya lembut dan nyaman. Kerangkanya terbuat dari aluminium yang harus dipasang dengan menggunakan baut, mur, ring dan obeng yang sudah tersedia. Lebih kokoh bila dibandingkan tipe lainnya. Dan berat maksimal 100 kg.


3. GEA FS810


Commode Chair GEA FS810



Tipe ini sama seperti tipe FS895L harus dipasang menggunakan baut, mur, ring, dan obeng yang sudah disediakan. Berat maksimal 100 kg. Kerangka dengan berbahan dasar chromed steel frame. Dan dudukan serta penutupnya terbuat dari plastik berwarna putih.


4. GEA FS894


Commode Chair GEA FS894



Kursi Toilet merek Gea ini bisa dilipat sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja. Dengan kerangka yang berbahan besi kom yang berwarna silver mudah untuk dibersihkan. Kakinya terbuat dari karet untuk meminimalisir terjadinya licin. Kemudian tinggi bisa diatur sesuai kenyamanan pengguna Berat maksimal 100 kg. Dudukannya berbentuk bulat sepeti toilet duduk pada umumnya.


5. GEA FS696


Commode Chair GEA FS696



Kursi Toilet yang bisa dilipat, memiliki roda pada bagian 4 kakinya sehingga mudah untuk digeser. Di atas roda ada pengunci ketika roda tidak sedang ingin dipakai serta kerangka yang terbuat dari besi kom yang mampu menahan berat hingga 100 kg.


6. Kursi Roda 3in1 FS609 GCU


Commode Chair GEA FS609 GCU



Selain untuk kursi toilet, kursi roda 3 in 1 merek serenity ini bisa juga digunakan sebagai kursi roda. Dengan memiliki sandaran di kepala, punggung dan bagian kakinya yang berbahan busa berwarna hitam membuat pengguna bisa bersandar pada bagian kaki, panggung, dan kepalanya. kerangka terbuat dari besi kom membuat penggunanya nyaman dan betah menggunakannya. Sebenarnya fungsi utamanya untuk kursi roda bagi orang yang tidak bisa berjalan. Namun ini juga bisa digunakan untuk kursi toilet saja.

Memiliki dua roda besar di belakang dan dua roda kecil di bagian depan dan terdapat rem dan sandarannya bisa dilepas.