Sleep apnea merupakan penyakit pernapasan yang menyebabkan penderita terus menerus berhenti bernapas sepanjang malam. Penyakit yang tidak terlihat ini sering bermanifestasi dalam dengkuran keras, kelelahan kronis dan penurunan kesehatan secara keseluruhan. Hampir 1 miliar orang di seluruh dunia berjuang dengan apnea tidur, namun lebih dari 80% orang tersebut tidak terdiagnosis. Mungkin ini karena gejala apnea tidur yang paling jelas hanya muncul setelah Anda tidur.

Sleep apnea disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah beberapa jenis sleep apnea menurut penyebabnya:

Obstructive sleep apnea
Obstructive sleep apnea terjadi ketika otot di belakang tenggorokan terlalu rileks. Kondisi ini membuat saluran pernapasan menyempit atau menutup saat menarik napas, misalnya karena lidah tertelan.

Central sleep apnea
Central sleep apnea terjadi saat otak tidak dapat mengirimkan sinyal dengan baik ke otot yang mengontrol pernapasan. Hal ini menyebabkan penderita tidak bisa bernapas selama beberapa waktu.

Complex sleep apnea
Sleep apnea jenis ini merupakan gabungan dari obstructive sleep apnea dan central sleep apnea.


Terapi CPAP untuk Gangguan Sleep apnea

Apnea tidur dapat terjadi pada siapa saja, bahkan pada anak-anak. Seseorang akan lebih berisiko terkena sleep apnea jika memiliki beberapa faktor risiko di bawah ini:


- Berjenis kelamin laki-laki
- Berusia 40 tahun ke atas
- Memiliki amandel dan lidah yang besar atau rahang yang kecil
- Adanya hambatan pada hidung akibat tulang hidung yang bengkok
- Memiliki penyakit alergi atau gangguan sinus
- Merokok
- Kecanduan alkohol
- Minum obat tidur


Jika perubahan pola hidup tidak berhasil mengatasi gejala apnea tidur atau jika gejala yang muncul sudah cukup parah, maka penderita dianjurkan untuk menjalani terapi CPAP (continuous positive airway pressure). Alat ini digunakan untuk meniupkan udara ke saluran pernapasan melalui masker yang menutupi hidung dan mulut penderita sleep apnea saat tidur. Tujuannya adalah untuk mencegah tenggorokan menutup dan meredakan gejala-gejala yang muncul.


Terapi Sleep Apnea

Pemahaman yang lebih baik tentang kondisi dan perawatan CPAP memungkinkan Anda berkonsultasi lebih jauh dengan dokter Anda. Dalam hal sleep apnea, ini berarti hasil CPAP yang lebih baik dan istirahat malam yang lebih baik.

Jadi bagaimana cara kerja mesin CPAP? Dengan terapi CPAP, udara di bawah tekanan dipaksa masuk ke jalan napas agar tetap paten (terbuka) pada malam hari, memungkinkan udara mengalir masuk dan keluar dengan bebas. Tekanan positif dari udara yang dihembuskan ke hidung atau mulut Anda (tergantung pada preferensi masker Anda) mendorong dinding saluran napas Anda, yang mencegah bagian yang rentan terhadap apnea tidur saat Anda bernapas.

"C" dalam CPAP adalah singkatan dari "continuous" yang berarti terus menerus, karena dengan terapi CPAP tekanan yang sama diterapkan sepanjang siklus pernapasan, baik selama inhalasi maupun pernapasan.



Jika penderita apnea tidur yang tidak diobati akan terengah-engah, tersedak, mendengus, atau mendengkur berulang kali dan berhenti bernapas total untuk waktu yang singkat, pada tekanan CPAP yang tepat (ditentukan selama studi tidur), semua masalah ini akan teratasi. Dengan perawatan apnea tidur yang tepat, jalan napas dicegah untuk menutup begitu otot di tenggorokan secara alami rileks selama tidur. Saat udara bertekanan masuk ke paru-paru, pernapasan normal dipulihkan, dan Anda sekali lagi dapat menikmati tidur malam yang nyenyak.


Ventmed Dreamy Auto CPAP DS-6


Ventmed Dreamy Auto CPAP DS-6

Ventmed Dreamy Auto CPAP DS-6 menawarkan solusi efektif untuk terapi apnea tidur atau Obstructive Sleep Apnea (OSA). Perangkat ini dapat secara otomatis menyesuaikan tekanan perawatan untuk memberi pasien tingkat tekanan yang sesuai, pasien tidak perlu menyesuaikan tekanan berulang kali, proses perawatan menjadi sederhana dan nyaman. Tidak hanya efektif mengatasi masalah intoleransi pasien selama perawatan, tetapi juga meningkatkan kenyamanan pasien.


Fitur Produk


Kenyamanan
EPR (Expiration Pressure Relief 0-3 level) memastikan tingkat kenyamanan Sinkronisasi Otomatis, yang membuat pasien mengalami pengalaman yang menyenangkan.

Tenang: Kebisingan <28 dB
Motor DC brushless efisiensi tinggi, paten respons cepat 10MS untuk membatalkan teknologi peredam

Pengoperasian yang Mudah
Tangki air khusus membuat pengoperasian menjadi sangat mudah dan manusiawi

Cocok untuk OSA dan CSA
Mode CPAP otomatis dapat berfungsi untuk OSA dan CSA

Software Dokter Profesional
Perangkat lunak dokter yang cerdas sangat mengurangi beban kerja dokter


Ventmed Dreamy Auto CPAP DS-6


Spesifikasi Produk


- Brand Ventmed
- Tipe DS-6
- Jenis Produk CPAP Auto
- Work for CSA (Obstructive Sleep Apnea), CSA (Central Sleep Apnea)
- Display 2.8-inch color display
- Suara <28 dB
- Pressure range 4- 20cmH2O, auto adjusment
- Data storage SD memory card
- Humidifier 0-5 files
- Power requirements AC 100-240V ~ 2.1A, 50-60Hz
- Lock Function Yes
- Screen Auto Sleep Auto sleep in 15 minutes
- Ramp Item 0-60 min adjustable 1min/step
- Auto ON/OFF YES
- Water Capacity max 220 ml
- Alert Power Off, Mask Off
- Dimension 28cm x 14cm x9.5cm
- Berat 1.6 Kg


Dengan melalkukan terapi CPAP yang tepat dan benar akan membuat perbedaan besar bagi mereka yang memiliki gangguan sleep apnea. Kualitas tidur Anda akan meningkat pesat, sementara rasa kantuk di siang hari kemungkinan akan mereda, jika tidak hilang sama sekali. Dan, kesehatan umum Anda juga akan mendapat banyak manfaat, dalam berbagai cara. Mudah-mudahan, memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang mekanisme dan fisiologi dasar di balik terapi CPAP akan mendorong Anda untuk menjalani pengobatan apnea tidur dan bertahan melalui kecanggungan yang sayangnya merupakan bagian dari proses saat pertama kali berkenalan dengan teman baru Anda, mesin CPAP. Kemungkinan besar, Anda akan sangat senang melakukannya.