Setiap rumah sakit yang memiliki ruang operasi wajib memiliki sistem lampu operasi di dalamnya. Lampu ini akan memudahkan ahli bedah dalam melakukan operasi, di masa sekarang lampu operasi merek apapun memiliki komponen yang sama. Komponen-komponen yang biasanya terdapat dalam lampu operasi diantanya :

1. Tempat untuk memasang bola lampu atau disebut dengan cup lampu
2. Tangkai untuk menompang lampu
3. Reflektor yang berfungsi untuk merefelksikan cahaya dari bola lampu yang terpasang
4. Dimmer berfungsi untuk mengatur kekuatan cahaya untuk memperoleh tingkat cahaya yang tepat
5. Pengaturan fokus yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada satu area tertentu. Biasanya komponen ini banyak digunakan untuk lampu operasi portable

Jenis Lampu Operasi



Pemilihan lampu operasi tidak hanya sebatas dari jenis bohlam dan operating light nya, namun yang lebih baik pemilihan jenis lampu operasi berdasarkan cara pemasangan dan penggunaan yang dalam hal ini juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

1. Celling Operation Lamp

Merupakan lampu operasi yang posisinya terpasang permanen di langit-langit ruang operasi. Dalam hal ini lampu operasi secara struktur tidak dapat dipindah-pindah, namun pada penggunaannya lampu operasi ini dapat diatur sedemikian rupa pada sudutnya agar membantu memberi pencahayaan yang lebih baik dalam proses operasi.
Kelebihannya, lampu operasi ini sendiri tidaklah memakan banyak tempat sehingga tenaga medis memiliki lebih banyak ruang yang fleksibel untuk bergerak saat penggunaannya. Sedangkan risikonya cukuplah besar, terutama apabila rumah sakit berada di lokasi-lokasi yang rawan gempa. Dikhawatirkan lampu jatuh dari langit-langit dan melukai seseorang yang sedang melakukan operasi.

2. Standing Operation Lamp

Merupakan lampu operasi yang posisinya bisa dipindah-pindahkan sesuai dengan keperluan dalam pemakaiannya. Hal ini dikarenakan pada bagian bawah dan standing operation lamp dilengkapi roda. Jenis lampu operasi ini banyak digunakan pada rumah sakit, karena lebih fleksibel. Walaupun menggunakan lampu jenis ini, tenaga medis menjadi cukup terbatasi gerak ruangnya.

Bagian-bagian Alat Lampu Operasi

1. Kabinet Lampu Operasi

Sebagai tempat meletakan komponen lampu operasi sekaligus sebagai tumpuan dari lengan lampu yang ditancapkan ke langit-langit kamar operasi

2. Lengan Lampu Operasi

Untuk mengarahkan dimana posisi head light yang sesuai kebutuhan ada dua lengan yaitu tang yang bisa berputar 360 derajat dan yang bergerak ke atas danbawah dengan membentuk sudut tertentu dimana porosnya ada di ujung lengan yang bisa berputar 360 derajat tadi.

3. Modul Kontrol

Sebagai tempat untuk mengontrol seberapa besar intensitas dan suhu yang diinginkan (berbentuk tombol-tombol)

4. Head Light

Sebagai tempat pemasangan modul-modul LED, berbentuk seperti mangkuk yang terbalik

5. Lengan Penyangga Head Light

Sebagai poros head light agar bisa digerakan memutar dengan sudut pancaran yang diinginkan

6. Modul LED

Berisi beberapa LED yang di rangkai menjadi satu agar mempermudah dalam distribusi daya serta pengaturan cahayanya

7. LED

Komponen pengubah energi listrik menjadi cahaya

8. Cup LED

Untuk menggerakkan semua LED agar terpantul kebawah

9. Filter

Untuk mengurangi panas yang dihasilkan dari proses pengubah energi listrik menjadi cahaya

10. Handle Pengatur Fokus

Untuk mengarahkan fokus cahaya lampu operasi


Di Galeri Medika menyediakan berbagai alat kesehatan yang pastinya 100% original, dapat mengirim barang ke penjuru nusantara dengan jasa yang terpercaya.