Termometer inframerah atau bisa disebut juga dengan termometer non kontak. Sesuai dengan namanya Termometer Non Kontak menawarkan metode pengukuran suhu yang cepat dan akurat tanpa menyentuh objek. Prinsip dasar temometer inframerah atau termometer no kontak ini adalah bahwa semua objek memancarkan energi inframerah, semakin panas satu benda maka molekulnya semakin aktif dan semakin banyak inframerah yang dipancarkan.
Sedangkan termometer digital kontak terbuat dari plastik dan berbentuk seperti pensil. Biasanya termometer ini menggunakan sensor panas elektronik untuk merekam suhu tubuh baik melalui mulu, ketiak, atau dubur. Termometer digital yang di gunakan untuk mengukur suhu melalui dubur, umumnya lebih elastis.

Berikut adalah beberapa pilihan Termometer Kontak dan Non Kontak :

1. Termometer Digital Kontak

• Omron MC-245
• Omron MC-246
• Omron MC-343F
• Microlife MT200
• Beurer FT 15/1
• Avico Fleksibel
• Avico Kaku
• ThermoOne Alpa 3 Fleksibel
• Beurer BY11
• Omron MC-341


1. Termometer Digital Kontak

• Radiant TH36F
• Jumper JDP-FR408
• Omron MC720
• Microlife FR1DL1
• Beurer FT 90
• Beurer FT 100


Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Termometer

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan termometer, yaitu :

1. Suhu tubuh normal adalah 35,5 – 37 derajat celcius.
2. Tidak menggunakan termometer dengan segera setelah selesai makan, minum cairan panas atau dingin, dan merokok. Tunggu sekitar 20 – 30 menit agar hasil yang didapat lebih akurat.
3. Selesai berolahraga dan mandi air panas, jangan langsung mengukur suhu tubuh menggunakan termometer. Beri jeda waktu sekitar satu jam.
4. Setiap sebelum dan selesai digunakan, jangan lupa untuk mencuci termometer dengan air bersih dan sabun atai alkohol tissue sebelum disimpan kembali.

Cara Menggunakan Termometer Digital Kontak

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan termometer, yaitu :

1. Nyalakan termometer dengan menekan tombol ON
2. Masukkan termometer ke dalam mulut
3. Letakkan termometer di bawah lidah dan katupkan mulut dengan erat. Tunggu sampai ada bunyi yang menunjukkan pengukuran suhu sudah selesai dilakukan
4. Setelah itu, anda tinggal mengambil termometer dan membaca hasil yang tertera pada layar

NB : Anda juga dapat menggunakan termometer ini pada ketiak maupun telinga dengan cara yang kurang lebih serupa.

Cara Menggunakan Termometer Digital Non Kontak

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan termometer, yaitu :

Namun bila termometer digital yang anda gunakan adalah termometer inframerah atau non kontak, caranya sedikit berbeda. Dengan teknologi inframerah, anda tidak perlu repot-repot lagi menyelipkan dan menahan sesaat termometer di bagian ketiak, mulut atau telinga.
Cukup arahkan termometer ke bagian tubuh yang ingin diukur, tekan tombol dan suhu tubuh akan otomatis terdeteksi dilayar.



Kesimpulan

Termometer yang akan anda pilih sebaiknya diperhitungkan terlebih dahulu, seperti untuk bayi dan anak kecil sebaiknya gunakan termometer berbahan lembut dan pengukurannya cepat. Ketika termometer pada ketiakbayi, orang dewasa memang perlu menahannyaagar termometer tidak bergeser. Namun, jika pengukuran suhu pada ketiak sulit dilakukan jauh lebih baik anda menggunakan termometer inframerah yang ditempelkan di di telinga atau dahi. Jika anda mencari termometer untuk digunakan oleh seluruh keluarga, anda dapat memilih termometer yang mengusung konsep formula prediksi namun juga dapat digunakan pada ketiak untuk mendapat hasil yang aktual. Pemakian termometer untuk orang banyak direkomendasikan menggunakan termometer inframerah. Higienis karena termometer tidak perlu kontak dengan tubuh dan memungkinkan untuk mendeteksi suhu dengan cepat, hanya 1 detik. Jika setelah diukur menggunakan termometer dengan cara yang benar lihat hasilnya jika suhu tubuh anda lebih dari 38 derajat celcius atau kurang dari 35 derajat celcius, sebaiknya segeralah berobat ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi atau penyakit anda.