Sebagian masyarakat Indonesia sendiri mulai mengambil langkah cepat dengan membatasi lingkup pergerakan untuk tidak berpergian ke tempat terbuka yang ramai setelah mengetahui dampak besar bahaya bila terinfeksi. Disamping itu, mereka mulai menanamkan pola pikir tentang pentingnya menjaga kebersihan terutama pada diri sendiri yang bisa dimulai dari hal-hal kecil.
Masker dan cairan disinfectant contohnya, produk yang pertama kali dicari guna menutup kemungkinan tertularnya wabah corona. Seperti yang diinformasikan dalam laman web Lembaga Kesehatan Dunia atau WHO, salah satu diantara cara melindungi diri dari virus corona adalah menjaga kebersihan tangan dengan lebih sering cuci tangan atau gunakan cairan disinfectant yang mengandung alkohol 60% bila tidak ada air mengalir. Serta selalu jaga kesehatan pernapasan dengan menggunakan masker kapan pun ketika Anda keluar rumah.

Kebersihan Rambut Perlu diperhatikan


Baru-baru ini World Health Organization (WHO) menginformasikan bahwa virus corona memiliki potensi menularkan melalui udara pada kondisi tertentu. Bakteri di udara memungkinkan hinggap, menempel dalam waktu lama pada rambut maupun sel kulit kepala manusia.

Seperti yang diberitakan CNN Indonesia, sekelompok petugas medis wanita dari Provinsi Shaanxi, Cina rela mencukur habis rambut mereka sebelum berangkat tugas ke Wuhan, awal wabah menyebar. Tindakan ini dirasa benar untuk mempermudah kegiatan medis dan mencegah kemungkinan virus menempel pada helai rambut. Meski begitu, agaknya tindakan ini dirasa terlalu berani menurut sebagian wanita yang tidak rela rambutnya dipotong habis.

Suka Naik Ojek Online? Hati-hati Bakteri Pada Helm



Bukan hanya virus corona yang menjadi ancaman. Perpindahan bakteri dan penyakit lewat perantara benda tentu menjadi masalah yang serius bila tidak segera ditangani, dampak buruknya Anda bisa tertular. Bagi Anda yang suka naik ojek online harus cek benar-benar helm yang akan dipakai. Penyakit bisa mudah menular lewat helm, antara lain :

Impetigo

Impetigo merupakan jenis penyakit rambut yang sangat menular dan umumnya terjadi pada kalangan anak-anak. Penyebab utama dari penyakit ini yaitu mikroorganisme yang masuk melalui luka di kulit kepala. Impetigo membuat luka lecet yang membesar dan basah hingga membentuk kerak berwarna kuning di kepala.

Kudis

Kudis adalah infeksi kulit ektoparasit sebagai hasil dari hidupnya tungau kecil di kulit kepala dan bertelur disana. Kudis di kulit kepala ditandai dengan ruam dan bintik-bintik gatal yang memerah.

Kutil

Kutil nyatanya bisa ditemukan di kulit kepala, tak hanya di tangan dan kaki saja. Alasan munculnya kutil yaitu human papillomavirus yang ditularkan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Folikulitis

Folikulitis adalah infeksi folikel rambut yang disebabkan karena mikroorganisme yang masuk ke kulit kepala melalui luka atau kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Psoriasis kulit

Penyakit kulit kepala ini sangat menular yang ditandai dengan bintik-bintik merah muda yang berkembang menjadi bercak bulat hingga membuat rambut rusak dan gatal. Penyebab utama dari munculnya psoriasis kulit adalah jamur yang menular melalui pemakaian benda yang menyentuh langsung rambut atau kulit kepala secara bergantian.



Selain itu ketombe dan kutu adalah contoh kecil yang mudah sekali penularannya. Menurut Spesialis Penyakit Dalam, dr Suzy Maria Sp.PD mengatakan, bahwa helm memang bisa jadi salah satu benda yang sering digunakan dan menjadi tempat sangat baik untuk kuman dan bibit penyakit berkembang biak. Apalagi helm dipakai setiap hari, paparan dari luar masuk ke dalam helm dan dipakai manusia di dalam kepala. Helm mudah lembab, hal ini yang mudahkan helm jadi tempat tumbuhnya jamur.

Para driver pemilik helm sendiri pun tentu tidak memiliki banyak waktu untuk setiap hari mencuci helm agar bersih dan harum kembali, pada akhirnya Anda mungkin harus keramas setiap kali menggunakan helm ojek online tapi tentu hal tersebut akan sangat merepotkan. Alternatif lain agar terhindar dari bakteri yang menempel pada helm Anda bisa membawa helm pribadi saat akan bepergian menggunakan ojek online. Namun kedua hal tersebut masih terasa terlalu merepotkan terutama bagi Anda yang hanya memiliki sedikit waktu karena selalu dikejar jam kerja.

Adakah Solusi yang Lebih Praktis?

Tentu ada. Dalam dunia medis maupun industri sendiri sudah dikenal Nurse Cap (Penutup Kepala) yang sering dipakai agar tidak ada helai rambut yang jatuh saat bekerja. Penutup kepala ini akan menghalangi bakteri yang ada pada helm agar tidak langsung menyentuh rambut kepala Anda. Penutup kepala (Nurse Cap) ini dapat pula dipakai oleh wanita maupun pria dengan segala rentan usia. Bentuknya yang kecil memudahkan Anda untuk membawanya bahkan di dalam saku celana. Pilihan yang efektif juga bagi wanita muslim yang mengenakan jilbab agar keringat tidak terserap langsung pada serat kain dan menimbulkan bakteri baru seperti jamur maupun bau kurang sedap. Anda dapat dengan mudah mendapatkannya hanya di Galeri Medika :

OneMed Nurse Cap - Penutup Kepala



Nurse Cap adalah penutup kepala sekali pakai yang biasanya digunakan oleh paramedis untuk melindungi rambut agar tidak rontok pada saat melakukan proses operasi. Nurse Cap ini juga sering di gunakan pada area Pabrik untuk menjaga agar rambut tidak tercecer sehingga tidak mengotori peralatan yang lain.



Kebersihan tentu dapat dimulai dari hal terkecil disekitar, jadi mulailah dari rambut Anda. Lindungi dan pastikan keluarga Anda tetap sehat dari virus dan penyakit yang mengintai di sekitar. Yuk, order Nurse Capnya sekarang sebelum kehabisan!