Ketahui angka kolesterol Anda

Apakah anda memiliki profil lipid? Apakah Anda memahami angka kolesterol Anda? Jika Anda ingin berhasil menurunkan kolesterol Anda perlu mengetahui angka kolesterol anda dan arti dari angka tersebut.

Evaluasi Gaya Hidup Anda

Ada beberapa faktor resiko kolesterol yang dapat Anda kontrol diantaranya usia, jenis kelamin dan riwaya keluarga. Namun, ada pula faktor resiko dapat anda kendalikan. Anda dapat mengurangi resiko kolesterol tinggi dengan tidak merokok, mingingkatkan aktivitas fisik dan mengurangi kelebihan berat badan

Seimbangkan Lemak Anda

Kurangi lemak jenuh yang tidak sehat dalam diet Anda dan gantikan dengan lemak tak jenuh yang sehat untuk jantung. Asupan lemak total harus dibatasi maksimum 30 persen dari total kalori harian Anda. Dari lemak total 30 persen ini asupan lemak jenuh harus dibatasi hanya 7 persen

Jadilah Aktif, Berolahraga lebih banyak

Ativitas fisik menurunkan trigliserida dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Berolahraga selama 30 menit setidaknya lima hari dalam seminggu. Jika Anda sudah lama tidak berolahraga atau tidak bergerak aktif konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan.

Hilangkan Lemak Trans dari diet Anda

Anda harus membaca label makanan dan perhatikan lemak trans. Lemak trans meningkatkan LDL (kolesterol Jahat) dan trigliserida serta menurunkan HDL (kolesterol baik). Batasi mengkonsumsi lemak trans maksimal 1 persen atau kurang dari asupan kalori harian Anda.

Memahami Trigliserida

Trigliserida adalah jenis lemak yang paling umrum pada makanan dan dalam tubuh Anda. Asupan gula sederhana dan alkohol sangat berpengaruh pada tingka trigliserda. Jika Anda sedang berjuang dengan trigliserida tinggi Anda perlu mengubah pola makan Anda untuk mengendalikan kolesterol Anda.

Menambah Asupan Makanan Berserat

Diet tinggi diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung. Anda perlu 25-35 gram serat setiap hari terutama serat larut. Untuk setiap 1-2 gram asupan serat larut harian lDL (kolesterol jahat) akan turun 1 persen.

Konsumsi Asam Lemak Omega 3

Untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol Anda perlu meningkatkan rasio konsumsi asam lemak omega 3 dan omega 6, asam lemak omega 3 berperan dalam mengatur denyut jantung, tekanan darah dan pembekuan darah.