Tekanan darah tinggi pada kehamilan (hipertensi) dapat menyebabkan masalah serius bagi Anda dan bayi Anda, sehingga dokter kandungan Anda akan memeriksanya pada setiap kunjungan prenatal. Tiga jenis tekanan darah tinggi pada kehamilan sendiri yaitu hipertensi kronis, hipertensi gestasional, dan preeklamsia. Pada umumnya seringkali tidak ada gejala tekanan darah tinggi pada kehamilan, jadi Anda mungkin tidak menyadarinya sampai tekanan darah Anda diukur menggunakan tensimeter. Meski begitu, sebagian besar wanita dengan tekanan darah tinggi dapat memiliki kehamilan yang sehat dengan cara mengelola kondisinya dengan perubahan gaya hidup, pengobatan, dan pemantauan yang ketat.

Tekanan darah adalah kekuatan darah yang mendorong dinding pembuluh darah yang disebut arteri. Arteri membawa darah dari jantung ke paru-paru Anda, di mana ia mengambil oksigen dan kemudian bergerak ke organ dan jaringan Anda. Organ dan jaringan menggunakan oksigen untuk menggerakkan aktivitas mereka. Kemudian pembuluh darah yang disebut vena mengembalikan darah ke jantung.

Berapa Tekanan Darah yang Normal Pada Kehamilan?

 Hipertensi-Kehamilan

Tekanan darah normal pada kehamilan yaitu kurang dari 120/80 mm Hg. Itu dinyatakan sebagai "120 di atas 80." Tekanan darah diukur dalam milimeter air raksa (mmHg), dan pengukuran memiliki dua angka. Angka atas (sistolik) adalah tekanan darah Anda terhadap dinding arteri Anda ketika jantung Anda berkontraksi dan memompa darah. Angka terbawah (diastolik) adalah saat jantung berelaksasi dan terisi darah. Tekanan darah tinggi didiagnosis ketika angka sistolik atau diastolik berada pada tingkat yang tidak sehat.

Pedoman untuk pembacaan tekanan darah selama kehamilan adalah:

  • Normal: Kurang dari 120/80 mm Hg
  • Hipertensi ringan: Lebih tinggi dari 140/90 mm Hg
  • Hipertensi berat: Lebih tinggi dari 160/110 mm Hg

Angka-angka di atas berbeda dari pedoman tekanan darah untuk orang yang tidak hamil.

Dokter atau asisten medis akan mengukur tekanan darah Anda pada setiap kunjungan prenatal. Dokter kandungan Anda mungkin juga meminta Anda untuk memantau tekanan darah Anda di rumah.Sebelum menyimpulkan bahwa Anda menderita hipertensi, dokter biasanya akan melakukan pembacaan tekanan darah Anda setidaknya dua kali secara berbeda. Itu karena tekanan darah Anda bervariasi sepanjang hari, dan bisa turun saat Anda santai dan naik saat Anda aktif atau stres. Beberapa orang mungkin memiliki pembacaan tekanan darah di atas normal karena mereka merasa gugup di ruang dokter - sebuah fenomena yang disebut "hipertensi jas putih”. Jika pembacaan tekanan darah Anda berada dalam kisaran yang parah, dokter akan melakukan pembacaan lagi dalam 15 menit. Jika masih meningkat, mereka akan segera merawat Anda di rumah sakit.

Mengapa Hipertensi Menjadi Masalah Selama Kehamilan?

Tekanan darah tinggi (juga disebut hipertensi ) dapat menyebabkan masalah kesehatan setiap saat dalam hidup. Tekanan darah tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala. Selama kehamilan, tekanan darah tinggi yang parah atau tidak terkontrol dapat menyebabkan masalah bagi Anda dan janin Anda. Tekanan darah tinggi selama kehamilan dapat menimbulkan berbagai risiko, antara lain:

  • Penurunan aliran darah ke plasenta. Jika plasenta tidak mendapatkan cukup darah, bayi Anda mungkin menerima lebih sedikit oksigen dan nutrisi. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan yang lambat (pembatasan pertumbuhan intrauterin), berat badan lahir rendah atau kelahiran prematur. Prematuritas dapat menyebabkan masalah pernapasan, peningkatan risiko infeksi dan komplikasi lain untuk bayi.
  • Solusio plasenta. Preeklamsia meningkatkan risiko kondisi ini di mana plasenta terpisah dari dinding bagian dalam rahim Anda sebelum melahirkan. Solusio yang parah dapat menyebabkan pendarahan hebat, yang dapat mengancam jiwa Anda dan bayi Anda.
  • Pembatasan pertumbuhan intrauterin. Hipertensi dapat menyebabkan pertumbuhan bayi yang melambat atau menurun (pembatasan pertumbuhan intrauterin).
  • Cedera pada organ Anda yang lain. Hipertensi yang tidak terkontrol dengan baik dapat mengakibatkan cedera pada otak, jantung, paru-paru, ginjal, hati, dan organ utama lainnya. Dalam kasus yang parah, itu bisa mengancam jiwa.
  • Kelahiran prematur. Terkadang persalinan dini diperlukan untuk mencegah komplikasi yang berpotensi mengancam jiwa ketika Anda memiliki tekanan darah tinggi selama kehamilan.
  • Penyakit kardiovaskular di masa depan. Memiliki preeklamsia dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) di masa depan. Risiko penyakit kardiovaskular di masa depan lebih tinggi jika Anda pernah mengalami preeklamsia lebih dari sekali atau Anda pernah melahirkan prematur karena memiliki tekanan darah tinggi selama kehamilan.

Apakah Aman Untuk Minum Obat Tekanan Darah Selama Kehamilan?

Pengobatan tergantung pada apakah tekanan darah tinggi Anda ringan atau berat. Pada paruh pertama kehamilan, tekanan darah biasanya turun. Jika hipertensi Anda ringan, tekanan darah Anda mungkin tetap seperti itu atau bahkan kembali normal selama kehamilan. Jika ini terjadi, dokter kandungan Anda dapat mengurangi pengobatan Anda atau menyarankan Anda berhenti minum obat selama kehamilan. Jika Anda memiliki hipertensi yang lebih parah atau memiliki masalah kesehatan yang terkait dengannya, Anda mungkin perlu memulai atau melanjutkan pengobatan tekanan darah selama kehamilan. Beberapa obat tekanan darah dianggap aman untuk dikonsumsi selama kehamilan, tetapi penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE), penghambat reseptor angiotensin II, dan penghambat renin umumnya dihindari selama kehamilan. Namun demikian pengobatan itu penting. Tekanan darah yang tinggi dapat menempatkan Anda pada risiko serangan jantung, stroke, dan komplikasi utama lainnya, dan itu bisa berbahaya bagi bayi Anda. Jika Anda memerlukan obat untuk mengontrol tekanan darah Anda selama kehamilan, segera hubungi dokter kandungan, mereka akan meresepkan obat yang paling aman dengan dosis yang paling tepat. Minum obat persis seperti yang ditentukan oleh dokter, jangan berhenti minum obat atau menyesuaikan dosis sendiri karena dapat berbahaya.

Apa yang Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi Selama Kehamilan?

 Hipertensi

Tidak selalu jelas apa yang menyebabkan tekanan darah tinggi selama kehamilan, tetapi faktor risikonya meliputi:

  • Usia (semakin tua Anda, semakin tinggi risikonya).
  • Memiliki riwayat pribadi atau keluarga hipertensi gestasional atau preeklamsia.
  • Menjadi Afrika Amerika.
  • Kondisi medis tertentu sebelum kehamilan, termasuk diabetes, hipertensi kronis, lupus, atau penyakit ginjal kronis.
  • Pernah mengalami preeklamsia pada kehamilan sebelumnya.
  • Kelebihan berat badan (memiliki indeks massa tubuh, atau BMI, lebih dari 30).
  • Tidak banyak bergerak.
  • Merokok.
  • Terlalu banyak makan garam.
  • Minum lebih dari dua minuman beralkohol sehari.
  • Gizi buruk , terutama pola makan yang kurang buah dan sayuran.
  • Membawa anak kembar atau kelipatan yang lebih tinggi.
  • Telah memiliki teknologi reproduksi berbantuan.

Cara Mencegah Darah Tinggi Saat Hamil

Beberapa faktor risiko tidak dapat diubah, seperti gen Anda atau memiliki kondisi kesehatan tertentu. Tetapi Anda dapat membuat perubahan untuk mengurangi faktor risiko lain, dan ini penting untuk diketahui saat Anda mencoba untuk hamil. Beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi:

  • Pertahankan berat badan dan pola makan yang sehat . Bicaralah dengan penyedia Anda tentang berapa banyak berat badan yang bertambah selama kehamilan . Diet DASH (yang merekomendasikan banyak buah, sayuran, dan biji-bijian dan membatasi lemak jenuh, garam, dan gula) telah terbukti menurunkan tekanan darah dan kolesterol.
  • Tanyakan penyedia Anda apakah aman untuk berolahraga . Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat terus berolahraga, meskipun penyedia Anda mungkin menyarankan untuk memodifikasi jenis aktivitas yang Anda lakukan.
  • Jangan merokok.
  • Jangan minum alkohol.
  • Kelola stres, yang dapat memperburuk tekanan darah tinggi.

Jika Anda memeriksa tekanan darah Anda di rumah dan ternyata mengalami hipertensi, segera hubungi dokter kandungan Anda jika tekanan darah Anda di atas tingkat tertentu. Dokter dapat memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan jika Anda melampaui level tekanan darah yang normal selama kehamilan. Juga beri tahu dokter segera jika Anda merasa ada perubahan pada gerakan bayi Anda. Jika bayi Anda tampak kurang aktif dari biasanya, Anda mungkin perlu melakukan hitungan tendangan. Hubungi dokter kandungan segera jika Anda memiliki tanda-tanda preeklamsia berat atau sindrom pertolongan seperti sakit kepala yang parah atau tidak hilang, perubahan penglihatan, termasuk penglihatan ganda, kabur, melihat bintik-bintik atau lampu berkedip, sensitivitas cahaya, atau kehilangan penglihatan sementara. Nyeri hebat atau nyeri tekan di perut bagian atas atau bahu, sakit dada, mual atau muntah (selain morning sickness di awal kehamilan), dan kesulitan bernafas.