Sekarang tidak perlu pusing lagi untuk Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, memantau statistik di rumah bisa Anda lakukan sendiri tapa harus ke klinik atau layanan kesehatan lainnya. Anda dapat memantau tekanan darah dimana saja kapan saja. Salah satu alat terbaik untuk memantau tekanan darah adalah Blood Pressure Monitor atau Tensimeter Digital.

Alat pemantau tekanan darah otomatis ini dapat memantau tekanan darah anda dengan pengukuran yang cepat, akurat serta mudah digunakan. Alat ini juga dapat menyimpan hasil pengukuran sebelumnya yang memungkinkan Anda dapat membandingan hasil pengukuran sebelumnya. Ini adalah pilihan yang bagus untuk membantu Anda untuk mengukur tekanan darah di rumah.

Prinsip kerja sistem pada tensimeter digital sama saja dengan tensimeter pada umumnya hanya saja perbedaan proses pengoprasiannya dilakukan secara otomatis dan kemudian seluruh hasil dari pengukuran ditampilkan pada layar LCD. Pada umumnya tekanan darah orang dewasa berkisar antara 100 sampai 130 mmHg untuk tekanan sistolik sedangkan 60 sampai 90 mmHg untk tekanan diastolik.


Tabel Tekanan Darah Normal

Tekanan darah normal bisa naik atau turun tergantung aktivitas fisik yang Anda jalani dan kondisi emosional Anda. Tekanan darah normal juga bisa berubah saat hamil, menstruasi, atau menopause. Oleh karena itu, tekanan darah normal pada wanita dan pria terkadang bisa sedikit berbeda. Jadi Anda tidak perlu panik ketika mendapati tekanan darah Anda berbeda, asal angka tersebut tidak konsisten tinggi atau rendah dalam waktu lama.


Cara menggunakan Tensimeter digital sangat mudah tinggal tekan tombol 'Start'. Berikut uraiannya.


1

Gunakan manset pada lengan atas.
- Bagian bawah manset berada 1-2 cm di atas siku.
- Ujung selang manset berada di tengah lengan.
- Jika mengukur menggunakan tangan kanan, posisi selang akan berada pada sisi siku anda.
- Pastikan selang antara manset dan alat tensimeter tidak tertindih atau terjepit.

2

Kencangkan manset.
- Nilai tekanan darah lengan kanan dan kiri dapat berbeda.
- Maka sebaiknya gunakan lengan yang sama untuk setiap kali melakukan pengukuran.
- Jika nilai hasil pengukuran berbeda jauh, konsultasikan dengan dokter

3

Saat pengukuran duduk harus tenang, tegak dan kaki menapak di lantai.
- Posisi ketinggian manset sama dengan jantung.
- Agar hasil akurat dianjurkan dilakukan saat kondisi badan kita stabil, oleh sebab itu 30 menit sebelum pengukuran jangan lakukan aktivitas seperti: mandi, minum alkohol/ caffeine, merokok, berolah raga, atau makan.


Gejala Hipertensi Tekanan Darah Tinggi

Klik Disini Untuk Perbesar


Mempertahankan berat badan yang sehat melalui makanan seimbang dan faktor gaya hidup lainnya adalah kunci untuk mengontrol tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung Anda.