Hipertensi adalah kondisi yang terjadi ketika sejumlah darah dipompakan oleh jantung melebihi kemampuan yang dapat ditampung dinding arteri. Ketika jumlah darah tinggi, komplikasi dapat terjadi tergantung pada hubungan antara jumlah darah dan kapasitas arteri. Semakin banyak darah yang mengalir dan semakin sempit dinding arteri, tekanan darah akan semakin tinggi.

Terdapat dua jenis tekanan darah, bergantung pada penyebabnya : hipertensi primer atau yang mendasar, di mana dapat terbangun bertahun-tahun tanpa adanya gejala-gejala, dan hipertensi sekunder yang terjadi sebagai efek kondisi pokok lainnya. Meskipun lebih umum diantara orang-orang tua, tekanan darah tinggi dapat terjadi pada setiap orang di setiap usia, termasuk pada anak-anak dan remaja. Orang-orang yang mengalami hipertensi menghadapi risiko yang lebih tinggi terhadap kondisi yang lebih serius seperti serangan jantung dan stroke.

Penyebab Hipertensi



Tidak terdapat penyebab pasti untuk hipertensi primer atau mendasar. Tekanan darah berkembang secara bertahap dalam jangka waktu yang tahunan dan biasanya diperburuk dengan proses penuaan. Bagi hipertensi sekunder terdapat kondisi medis yang pada akhirnya mengarah padanya. Berikut adalah kondisi yang umumnya berhubungan dengan tekanan darah tinggi :

1. Masalah ginjal
2. Tumor kelenjar adrenal
3. Kelainan bawaan pada pembuluh darah
4. Pil KB
5. Obat-obatan pilek
6. Obat-obatan pernapasan
7. Pereda rasa sakit
8. alkohol

Gejala-Gejala Utama Hipertensi



Dalam beberapa kasus tekanan darah tinggi, gejala-gejala tidak nampak bahkan ketika pembacaan tekanan darah telah mencapai tataran tinggi. Ini berbahaya karena gejala biasanya muncul hanya ketika kondisi telah mengancam kehidupan. Namun, gejala-gejala yang umumnya berhubungan dengan kondisi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Sakit kepala parah
2. Pusing
3. Mimisan
4. Permasalahan keseimbangan
5. Kelelahan atau kebingungan
6. Masalah penglihatan
7. Sakit dibagian dada
8. Detak jantung tidak teratur
9. Ada darah dalam urine
10. Rasa berdebar di dada, telina atau leher
11. Sulit bernafas

Jenis Perawatan yang Tersedia

Melakukan perubahan gaya hidup biasanya menjadi hal utama yang disarankan bagi penderita hipertensi. Dengan mengurangi aktivitas yang meningkatkan risiko hipertensi, Andaa dapat menjaga tingkat kesehatan tekanan darah. Dokter menyarankan untuk menjaga pola makan sehat dengan mengurangi konsumsi garam, berolahraga secara teratur, berhenti merokok, dan menjaga berat badan yang sehat.

Perubahan pola makan juga diutamakan pada pengurangan tingkat sodium atau konsumsi garam. Tingkat sodium yang disarankan dapat dikonsumsi dalam satu hari pada pasien diatas usia 51 tahun dan memiliki hipertensi, diabetes, atau penyakit ginjal kronis adalah 1500 mg.

Perubahan gaya hidup dan pola makan juga harus digabungkan dengan obat-obatan yang tepat untuk mengendalikan tekanan darah. Beberapa obat-obatan yang umumnya diresepkan bagi tekanan darah tinggi termasuk :

1. Diuretik thiazide
2. Penghambat beta
3. Penghambat enzim konversi angiotensin
4. Penghambat saluran kalsium
5. Penghambat renin
6. Penghambat alfa
7. Penghambat alfa-beta
8. Central acting agents
9. Vasodilators
10. Penghambat aldosteron

Tingkat tekanan darah yang ideal adalah 120 mmHg, tetapi orang dewasa yang sehat dengan usia diatas 60 tahun dianjurkan untuk mempertahankan tekanan darah mereka lebih rendah dari 150/90 mmHg, dewasa yang berusia dibawah 60 tahun harus menjaga tekanan darah dibawah 140/90 mmHg. Pada akhirnya, pasien hipertensi yang juga memiliki kondisi medis lain seperti penyakit ginjal kronis, diabetes, atau penyakit arteri koroner harus memiliki saran perawatan kuranf dari 140/90 mmHg.


Hampir sepertiga orang di dunia memiliki tekanan darah tinggi. Namun, gejala tekanan darah tinggi terkadang tidak tampak. Oleh karena itu, pemeriksaan perlu dilakukan untuk mengontrol tekanan darah. Apalagi jika Anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki tekanan darah tinggi. Yang jelas lebih baik mencegah daripada mengobati. Rutinlah memeriksakan tekanan darah Anda dan jalani gaya hidup sehat untuk menghindari naiknya tekanan darah. Dan untuk meminimalisir terjadinya tekanan darah tinggi Anda perlu memiliki alat Tensimeter, agar Anda dapat mengecek setiap Anda butuhkan alat tersebut.

Di Galeri Medika menyediakan berbagai alat kesehatan yang pastinya 100% original, dapat mengirim barang ke penjuru nusantara dengan jasa yang terpercaya.