Memilih makanan terbaik untuk dimakan ketika Anda menderita diabetes tentu menjadi kesulitan tersendiri. Hal itu karena tujuan utama Anda adalah mengendalikan kadar gula dalam darah, sembarangan makan justru dapat memperparah penyakit diabetes atau bahkan komplikasi diabetes seperti penyakit jantung.

Mengatur daftar makanan yang dikonsumsi untuk kestabilan gula darah menjadi peran utama dalam mencegah dan mengelola diabetes. Berikut adalah 5 makanan sehat untuk penderita diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2.

1. Ikan Berlemak

Beberapa orang menganggap ikan berlemak sebagai salah satu makanan paling sehat. Ikan salmon, ikan herring, sarden juga makarel adalah sumber asam lemak omega-3 DHA dan EPA, yang mana memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung. Walau hanya sedikit namun apabila dimakan secara teratur, lemak ini sangat penting bagi penderita diabetes, yang memiliki peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Ikan-Berlemak

Dilansir Health Line, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan ikan berlemak secara teratur memiliki risiko lebih rendah untuk sindrom koroner akut, seperti serangan jantung, dan lebih kecil kemungkinannya resiko meninggal karena penyakit jantung. Studi juga menunjukkan hasil bahwa makan ikan berlemak dapat membantu mengontrol gula darah Anda.Pada sampel 68 orang dewasa dengan kondisi obesitas didapatkan hasil bahwa peserta yang mengonsumsi ikan berlemak mengalami peningkatan kadar gula darah pasca makan yang signifikan, dibandingkan dengan peserta yang mengonsumsi ikan tanpa lemak. Ikan juga sumber protein dengan kualitas tinggi yang dapat membantu Anda merasa kenyang serta menstabilkan kadar gula darah.

2. Sayuran Hijau

Sudah bukan rahasia bahwa sayuran memiliki banyak manfaat kesehatan. Daunnya yang hijau memiliki gizi yang tinggi dan rendah kalori. Sayuran juga sangat rendah karbohidrat yang dapat dengan mudah dicerna / diserap oleh tubuh, sehingga tidak akan mempengaruhi kadar gula darah Anda secara signifikan.

Makanan-Sehat

Sayur bayam, kangkung dan sayuran berdaun hijau lainnya merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh termasuk vitamin C. Beberapa bukti menunjukkan bahwa penderita diabetes memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah daripada orang tanpa diabetes dan sebenarnya justru memiliki kebutuhan vitamin C yang lebih besar. Selain bertindak sebagai antioksidan kuat dan juga memiliki kualitas anti-inflamasi, meningkatkan asupan makanan kaya vitamin C dapat membantu penderita diabetes meningkatkan kadar vitamin C serum mereka sekaligus mengurangi peradangan dan kerusakan sel.Sayuran hijau juga merupakan sumber antioksidan lutein dan zeaxanthin yang baik. Antioksidan ini melindungi mata Anda dari degenerasi makula dan katarak, yang merupakan komplikasi diabetes pada umumnya.

3. Buah Alpukat

Kebanyakan penderita diabetes mengira buah alpukat menjadi salah satu makanan yang harus dihindari karena kandungan lemaknya yang tinggi dan hanya sebagian orang yang tahu bahwa faktanya alpukat memiliki kurang dari 1 gram gula, sedikit karbohidrat, kandungan serat yang tinggi dan lemak sehat yang aman untuk penderita diabetes.

Makanan-Diabetes

Lemak yang terkandung dalam buah alpukat merupakan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk mengendalikan gula darah. Buah alpukat juga baik untuk dikonsumi orang dengan penyakit gula karena dapat meningkatkan kinerja hormon insulin dengan menciptakan rasa kenyang setelah dimakan. Ini menjadikannya juga sebagai camilan yang ideal untuk penderita obesitas, terutama karena obesitas meningkatkan peluang Anda untuk terkena diabetes.Cara menyajikan buah alpukat menjadi makanan sehat untuk penderita diabetes ini pun cukup mudah dan bervariasi. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung, membuatnya menjadi minuman sehat, sebagai isian sandwich atau campuran salad.

4. Yogurt

Yogurt adalah salah satu olahan susu yang terkenal akan kandungan probiotik di dalamnya. Probiotik sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Namun, tak hanya probiotik, yogurt juga memiliki beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh terutama penderita diabetes.

Yougurt-Diabetes

Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi produk susu tertentu seperti yogurt dapat meningkatkan manajemen gula darah dan mengurangi faktor risiko terkena penyakit jantung dan risiko diabates. Dalam sebuah studi jangka panjang dengan data kesehatan lebih dari 100.000 peserta menemukan hasil bahwa satu porsi yogurt setiap hari diyakini menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 18 persen lebih rendah.Yogurt juga dapat membantu menurunkan berat badan, jika itu adalah salah satu tujuan pribadi Anda. Tingginya kadar kalsium, protein, dan jenis lemak khusus atau yang disebut asam linolic terkonjugasi (CLA) yang ditemukan dalam yogurt dapat membantu mengurangi nafsu makan Anda, membuatnya lebih mudah untuk menolak makanan yang tidak sehat.

5. Kacang Polong

Kacang polong si kecil dengan harga murah namun mengandung banyak zat gizi yang diperlukan untuk tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Kacang polong menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, hal ini karena memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga mampu memperlambat laju penyerapan karbohidrat. Dengan begitu, laju peningkatan gula dalam darah menjadi lebih terkontrol.

Kacang-Diabetes

Mengonsumsi kacang polong juga bisa membantu untuk mencegah terjadinya penyakit komplikasi pada penderita diabetes seperti penyakit jantung dan kardiovaskular. Hal ini karena kacang polong mengandung kalium yang bisa menjaga tekanan darah agar tetap terjaga dan ini berpengaruh terhadap terjadinya penyakit kardiovaskular.Kandungan serat yang terkandung dalam kacang polong juga termasuk tinggi, menjadikannya salah satu zat gizi yang paling penting bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat pada suatu makanan sangat mempengaruhi proses penyerapan gula di dalam darah, semakin tinggi kandungan serat maka nilai glikemiks indeks makanan tersebut lebih rendah. Sebaliknya semakin kecil nilai glikemiks indeks, maka kemungkinan kadar gula darah meningkat setelah mengonsumsi suatu makanan bisa lebih rendah.

Mengontrol Kadar Gula Darah Anda Secara Rutin

Kenaikan kadar gula darah yang sudah melebihi batas normal namun belum dikategorikan diabetes disebut juga sebagai prediabetes. Apabila kondisi ini tidak segera diobati, maka bukan tidak mungkin dapat berkembang menjadi diabetes. Pada orang dengan prediabetes, cara yang dapat dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah adalah melakukan perubahan gaya hidup, yaitu dengan mengatur pola makan yang sehat dan diselingi dengan berolahraga secara rutin. Sedangkan pada penderita diabetes, kadar gula darah tidak hanya harus dikontrol dengan perubahan gaya hidup, tapi juga didukung dengan konsumsi obat-obatan berdasarkan resep dokter.

Penderita diabetes juga sangat dianjurkan untuk melakukan tes gula darah secara berkala dan memeriksakan diri ke dokter secara rutin. Akan tetapi dalam beberapa kondisi tertentu pasti ada kalanya Anda tidak bisa sering mengunjungi laboratorium klinik atau rumah sakit untuk mengecek kadar gula darah Anda. Namun tidak perlu khawatir karena tim Galeri Medika akan merekomendasikan Anda salah satu alat cek gula darah dengan harga yang relatif terjangkau namun dengan hasil yang akurat dan tentu saja bisa dilakukan seorang diri di rumah.

AutoCheck 3 in 1 Alat Cek Darah

Alat-Cek-Diabetes

Autocheck 3 in 1 [ Gula Darah / Asam Urat / Kolesterol ] merupakan alat yang berfungsi untuk memonitor atau cek kadar gula (glucose), asam urat (uric acid), kolesterol (cholesterol) dalam darah dengan tingkat akurasi tinggi. Alat ini terbuat dari bahan berkualitas yang aman dan mudah untuk digunakan serta dilengkapi dengan layar yang berfungsi untuk melihat hasil pengetesan.


Fitur Produk:

- Untuk memeriksa total kolesterol, glukosa darah, dan asam urat Anda
- Dengan Layar yang besar sehingga mudah melihat hasil pengetesan
- Simpan hasilnya dalam memori (hasil tes kolesterol 50, hasil tes glukosa darah 360, hasil tes asam urat 50)
- Mudah untuk melepas strip

Spesifikasi Produk:

BrandAutocheck
TipeAutocheck 3 in 1
Jenis ProdukMulti-functional Monitoring System
Benefitfor Blood glucose, Uric Acid and Cholesterol testing
Sumber Daya1 Lithium battery CR2032
Daya Tahan BateraiSetidaknya 1.000 kali
Memori1,000 set memori
Dimensi89.8 (L) x 54.9 (W) x 18.0 (H) mm
Isi Kemasan1 x Alat AutoCheck 3 in 1
1 x 5 Strip kolesterol
1 x 10 Strip asam urat
1 x 10 strip gula darah
Lancing device
Buku manual
 

 

Jangan lupa juga untuk melaporkan hasilnya kepada dokter agar bisa dianalisa lebih lanjut.