Pemeriksaan pupil atau rongga sangat penting untuk pemantauan penyakit dalam situasi kesehatan dan keperawatan. Penlight / Senter Medis merupakan salah satu alat medis yang berfungsi sebagai sumber cahaya dan menjadi alat yang umum untuk pemeriksaan tersebut dikarenakan cahaya yang dihasilkan dari penlight dapat dipakai untuk melihat titik pupil mata dan mengecek pemeriksaan di daerah gelap (rongga mulut, telinga, dll).

Mengapa Senter Medis ini disebut dengan Penlight ?
Karena bentuk nya yang kecil berukuran sekitar 5 inch seperti pen / pulpen dan menghasilkan cahaya yang terang seperti senter. Penlight ini dibuat sepraktis mungkin dengan tujuan agar dapat memudahkan pekerjaan tenaga medis dan mudah dibawa kemanapun agar bisa langsung dipakai. Jadi tenaga medis tidak pelu repot-repot untuk menyiapkan atau mencari penerangan saat harus cepat memeriksa pasien.
Penlight dibuat dengan bola lampu halogen mini atau lampu LED (light-emitting diode). Tidak seperti senter biasa yang menerangi area lebih luas, senter medis ini dirancang untuk menerangi satu area yang sangat spesifik dengan cahaya yang terang.
Senter medis ini bisa juga digunakan untuk perawat dan praktisi medis lainnya sebagai alat diagnostik.

Fungsi Penlight / Senter Medis :

1. Menilai respon pupil
Tujuan utama dari senter ini adalah untuk menilai respon pupil atau seberapa cepat pupil mengerut ketika tiba-tiba terkena cahaya terang. Tenaga medis akan sering mengayunkan senter dari mata ke mata, juga memastikan kedua pupil mengerut dalam jumlah yang sama dan kedua mata bereaksi terlepas dari mana yang terkena cahaya. Respon pupil abnormal dapat menjadi gejala dari banyak kondisi, termasuk gegar otak, keracunan alkohol, penggunaan narkoba dan cedera atau penyakit mata dan sarafnya.
2. Memeriksa luka atau mengecek area mulut/tenggorokan
Bahkan di Klinik atau Rumah Sakit yang terang mungkin tidak cukup kuat untuk menerangi luka atau cedera apa pun untuk pemeriksaan jelas. Lampu di atas kepala juga tidak berada pada sudut yang tepat untuk menerangi mulut dan tenggorokan pasien jika mereka terkena penyakit yang perlu dicek pada rongga yang gelap, tetapi senter medis ini adalah ukuran dan bentuk yang sempurna untuk memeriksa area tersebut dengan cepat.
3. Melihat laci meja atau mencari peralatan
Anda tidak pernah tahu kapan anda mungkin harus mencari peralatan atau sesuatu yang ada di laci atau lemari gelap yang penuh dengan persediaan medis. Senter ini juga dapat membantu memberikan penerangan untuk melihat ke sudut gelap, menemukan peralatan yang anda butuhkan.

Onemed Penlight LED Senter Medis


Onemed Penlight LED Senter Medis

Penlight LED Onemed atau Senter Medis model pena bahan gagang plastik berwarna yang dapat dipakai untuk cek pemeriksaan di daerah gelap (rongga mulut/ telinga, dll)


Spesifikasi Produk :
- Merk: OneMed
- Warna : Hijau, Abu-Abu, Navy, Pink, Ungu (tergantung ketersediaan)
- Lampu: LED (Sangat Terang)
- Tahan lama (bisa di pakai bertahun-tahun,min. 2 thn)
- Sinar Fokus
- Tidak perlu ganti bulb/bohlam
- Cocok dibawa di saku/tas.

Cara Menggunakan Penlight :
- Putar bagian penlight sampai terbuka
- Masukkan 2 buah baterai tipe AAA dengan posisi (+) dibawah
- Selanjutnya tutup kembali dan putar penlight sampai menutup rapat
- Tekan bagian pada gagang pen untuk menyalakan lampu LED nya
- Penlight sudah bisa digunakan

Nomor Registrasi / Izin Edar Alkes
AKD 10903812172