Apakah Anda menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2, perangkat pemantauan gula darah di rumah yang disebut glukometer dapat memberi Anda informasi berharga tentang apakah gula darah Anda terlalu rendah, terlalu tinggi, atau dalam kisaran yang baik untuk Anda. Perangkat elektronik portabel ini memberi Anda umpan balik instan dan segera memberi tahu Anda berapa gula darah Anda.

Pemantauan rutin adalah cara yang sangat membantu untuk mengelola diabetes Anda dan membantu mengontrol gula darah Anda, jadi penting untuk mengetahui cara menggunakan perangkat dengan benar.

cara pakai alat tes darah glukometer

Alat tes gula darah atau glukometer, juga dikenal sebagai pengukur glukosa, sangat mutakhir hanya membutuhkan sedikit sampel darah dengan ukuran portabel serta mudah digunakan. Alat ini cukup kecil untuk dibawa saat bepergian, dan berdasarkan tingkat kenyamanan Anda, dapat digunakan di mana saja dan kapan saja.

Jika Anda menderita diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, diabetes autoimun laten pada orang dewasa atau latent autoimmune diabetes in adults (LADA), atau didiagnosis dengan diabetes gestasional selama kehamilan, bagian utama dari rencana perawatan Anda harus secara teratur menguji kadar gula darah Anda dengan glukometer.

Beberapa penggunaan alat tes gula darah yang sering dapat membantu Anda diantaranya:

  • Periksa seberapa terkontrol gula darah Anda dan apakah tinggi atau rendah
  • Kenali pola kapan Anda lebih mungkin mengalami lonjakan atau penurunan glukosa
  • Lihat bagaimana kadar glukosa Anda merespons setelah berolahraga atau pada saat stres
  • Pantau efek obat diabetes dan terapi lain
  • Menilai seberapa baik Anda memenuhi tujuan pengobatan tertentu

Sebelum Anda menggunakan alat tes gula darah bisa di diskusikan dengan dokter terlebih dahulu seberapa sering dan pada jam berapa Anda harus melakukan tes dan apa yang harus dilakukan jika hasil Anda rendah atau tinggi. Frekuensi pengujian Anda mungkin tergantung pada jenis diabetes tertentu dan rencana perawatan pribadi Anda.

cara pakai alat tes darah glukometer

Diabtes Tipe 1

Secara umum, jika Anda menderita diabetes tipe 1, Anda mungkin perlu menguji kadar glukosa Anda empat hingga 10 kali sehari. Anda mungkin akan melakukan tes sebelum Anda mengonsumsi makanan apa pun (makanan atau snack), sebelum dan sesudah berolahraga, sebelum tidur, dan mungkin pada malam hari. Karena kondisi Anda ditandai dengan ketidakmampuan untuk memproduksi insulin yang cukup, Anda harus lebih sering memeriksa untuk memastikan Anda memiliki cukup insulin untuk menjaga gula darah Anda tetap stabil. Jika rutinitas Anda berubah atau jika Anda sakit, Anda mungkin perlu melakukan tes lebih banyak lagi sepanjang hari / malam.

Baca artikel lainnya

Diabtes Tipe 2

Jika Anda menderita diabetes tipe 2 atau gestasional, Anda mungkin hanya perlu melakukan tes dua hingga empat kali sehari, tergantung apakah Anda mengonsumsi insulin atau tidak. Umumnya, Anda harus melakukan tes sebelum makan dan sebelum tidur. Jika Anda mengelola diabetes dengan obat non-insulin, Anda bahkan mungkin tidak perlu menguji gula setiap hari setelah mempelajari pola khas Anda.

Alat Tes Gula Darah FamilyDr

Alat cek gula darah FamilyDr merupakan glukometer atau alat tes untuk mengukur kadar gula darah. Alat ini biasa digunakan oleh penderita diabetes untuk mengontrol gula darah karena alat ini memiliki hasil yang akurat dan terpercaya. Dengan pengukuran yang cepat (sekitar 5 detik) menjadikan alat cek darah ini cocok digunakan dimana saja.

alat tes gula darah familydr

Sistem pemantauan alat tes gula darah FamilyDr didasarkan pada pengukuran arus listrik yang disebabkan oleh reaksi glukosa dengan reagen pada elektroda emas pada ujung strip tes. Sampel darah ditarik ke dalam ruang reaksi strip tes melalui tindakan kapiler. Glukosa dalam sampel bereaksi dengan glukosa dehidrogenase dan mediator pada strip uji. Reaksi ini menciptakan arus listrik. Arus listrik yang terjadi sebanding dengan konsentrasi glukosa dalam darah dan diubah menjadi konsentrasi glukosa yang setara dengan algoritma yang diprogram dalam pada alat tes gula darah FamilyDr.

alat tes gula darah familydr

Fitur Produk

  • Sampel darah yang digunakan darah utuh kapiler dan vena.
  • Volume Sampel 0,5µℓ
  • Rentang pengukuran 20-600 mg/dL
  • Waktu pengukuran 5 detik
  • Kapasitas 500 memori
  • Manajemen Data Micro USB
  • Isi Paket : Unit Glukometer FamilyDr, 25 Strip, Lancing Device, Lancet, Batterai, Tas, Buku Manual

Cara Menggunakan Alat Tes Gula Darah FamilyDr

Berikut ini langkah-langkah cara menggunakan alat tes gula darah merk FamilyDr

  • Cuci tangan Anda sebelum pengujian atau gunakan tisu alkohol
  • Siapkan alat tes gula darah FamilyDr, strip tes, jarum dan pen lancet
  • Masukkan strip tes alat glukometer, pengukur akan menyala secara otomatis
  • Tusuk ujung jari Anda di antara bagian bawah kuku hingga ujung kuku Anda, Volume sampel darah minimal harus 0,5 mikro liter
  • Tunggu hingga jendela konfirmasi strip tes penuh lalu angkat jari Anda dari strip tes
  • Hasil akan muncul di layar setelah 5 detik
  • Strip uji dapat dilepas menggunakan tombol push pada alat
  • Anda dapat menggunakan tisu alkohol untuk mengeringkan ujung jari jika masih berdarah

Panduan penggunaan alat tes gula darah

Jika Anda langsung melepas strip tes, hanya hasil tes (tanpa merekam kejadian) yang akan secara otomatis disimpan dalam memori meteran. Mencatat kejadian dengan setiap hasil tes dapat membantu pengelolaan diabetes yang efektif. Untuk masuk ke EVENT RECORD MODE, Anda bisa tekan tombol < atau > meter sebelum melepas strip uji dari alat. Untuk manajemen diabetes yang efektif, hasil tes yang disimpan dengan kondisi Anda akan membantu Anda dan profesional perawatan kesehatan Anda untuk melacak perubahan kadar glukosa darah Anda.

Tekan tombol < atau > setelah test
Tekan tombol < atau > setelah tes. Setelah hasil tes muncul pada tampilan meteran, tekan salah satu tombol untuk masuk ke EVENT RECORD MODE.

Pilih EVENT ICON
Ada 2 EVENT ICON yang berbeda: Pasca Makan (POST MEAL) dan Sebelum Makan (PRE MEAL). Tekan tombol < atau > untuk memilih ikon yang berhubungan dengan hasil tes.

Lepas Strip Tes
Setelah memilih EVENT ICON, lepaskan strip tes yang sudah digunakan. Strip tes bekas di lepas secara otomatis dengan menekan Tombol Ejector di sisi kiri alat. Setelah melepaskan strip tes bekas, hasil tes dengan EVENT ICON akan disimpan dalam memori meteran secara otomatis.

Mencatat hasil tes Anda dapat membantu Anda mengelola pola memberi Anda informasi tentang bagaimana tubuh Anda merespons makanan, olahraga, dan obat-obatan tertentu. Ini juga memberi dokter Anda gambaran yang akurat tentang bagaimana perawatan Anda bekerja.

Sumber Referensi :
https://www.verywellhealth.com/how-to-use-a-glucometer-1087304
http://allmedicus.com/