Saat ini, dunia sedang tidak baik-baik saja. Dunia sedang mengalami pandemi yang telah menyebar di berbagai negara yaitu pandemi coronavirus disease 2019 atau yang disebut juga dengan COVID-19.
Pandemi ini telah menghasilkan masyarakat yang bergairah tentang kebersihan dan ingin tahu cara terbaik untuk melindungi keluarga mereka dari penyakit. Mereka sama berhati-hati tentang bagaimana orang lain membantu menjaga mereka untuk tetap sehat.
Maka dari itu, saat pandemi alat kesehatan banyak dicari oleh masyarakat dan salah satunya alat sterilisasi. Alat sterilisasi dulunya hanya diasosiasikan dengan pelajar IPA SMA dan dokter, namun kini telah menarik perhatian publik. Alat ini sekarang cukup banyak dicari dan digunakan oleh profesi lainnya seperti ahli kecantikan, nail technician atau teknisi kuku (manicure, pedicure, nail polish, dll) untuk menghindari penularan kuman dari satu customer ke customer berikutnya.


Ada 2 jenis alat sterilisasi / sterilisator yaitu sterilisator basah dan sterilisator kering. Berikut penjelasannya :

Sterilisator basah / autoclave adalah alat khusus yang mensterilkan peralatan untuk membunuh atau menghilangkan semua bentuk kehidupan di permukaan suatu benda seperti bakteri, jamur, virus dan spora. Autoclave ini sterilisator uap listrik yang menggunakan media air.
Sterilisator basah dapat digunakan untuk mensterilkan bahan apa saja yang dapat ditembus uap air dan tidak rusak bila dipanaskan dengan suhu yang berkisar antara 110 ˚C dan 121 ˚C dalam waktu kisaran 10-15 menit (tergantung bahan apa yang akan di sterilisasi). Bahan-bahan yang biasa disterilkan dengan cara ini antara lain medium biakan yang umum, kain, peralatan laboratorium, biakan yang akan dibuang, medium tercemar, dan bahan-bahan dari karet.

Sterilisator kering adalah alat untuk mensterilkan peralatan instrument bedah, kapas, dapat membunuh kuman, bakteri, virus Hepatitis B dan spora dengan teknologi temperatur tinggi tanpa menggunakan media air (seperti oven).
Sterilisator kering dapat diterapkan pada alat-alat yang pecah belah seperti pipet, tabung reaksi, botol sampel, juga peralatan seperti jarum suntik, dan bahan-bahan yang berupa bubuk. Hanya saja kekurangan sterilisator kering waktu dan suhu untuk sterilisasinya kisaran 125°C atau lebih tinggi, selama ≤ 40 menit. Waktu sterilisasi nya lebih lama dibandingkan sterilisator basah.

Alat sterilisasi atau sterilisator yang bisa dipakai sesuai kebutuhan :

1. Autoclave GEA YX-18 LM 18 Liter Non Timer

Autoclave banyak digunakan dalam berbagai bidang/industri seperti alat kesehatan (alat medis rumah sakit), industri kimia, engineering, bahkan cookery. Autoclave ini adalah alat autoclave medis yang digunakan sebagai alat sterilisator basah pada dunia kesehatan. Prinsip kerja alat autoclave ini adalah menggunakan steam pressure untuk sterilisasi alat medis.
Spesifikasi Produk
Brand : GEA
Tipe : YX 18 LM
Jenis Produk : Alat Sterilisator Medis
Kapasitas : 18 Liter
Volume of the disinfecting pail : -0.018 m3 and -0.024 m3
Max working pressure : 0.165 Mpa
Rated working pressure : 0.14-0.16 Mpa
Pressure regulation range : 0.05-0.165 Mpa
Power supply : AC 220V, 50 Hz
Heater Power : 1.5 KW
Nomor Registrasi / Izin Edar Alkes
AKL 20903705321

Rekomendasi Alat Sterilisasi

2. Autoclave Gea 35 Liter LS-35LJ

Autoclave merupakan alat yang digunakan untuk mensterilisasi suatu benda menggunakan uap bersuhu dan bertekanan tinggi selama kurang lebih 15 menit. Peningkatan tekanan pada autoklaf tidak dimaksudkan untuk membunuh mikroorganisme, melainkan meningkatkan suhu dalam autoklaf.
Spesifikasi Produk
- Disinfector Uap Listrik Vertikal
- Volume ember desinfektan 35 L
- Daya : 2.5Kw / AC 220V 50Hz
- Dilengkapi dengan timer (0-60 menit)
- Tekanan Kerja: 0.22MPa
- Suhu Kerja: 134 Deg.C
- Maks. Tekanan Kerja: 0,23 Mpa
- Rata-Rata Panas: <= ± 1 Deg.C
- Timer: 0 ~ 99 menit atau 0 ~ 99 jam
Nomor Registrasi / Izin Edar Alkes
AKL 20903705320

Jenis Alat Sterilisasi

3. Sterilisator Kering Serenity SR-B-50

Sterilisator Serenity SR-B-50 merupakan Sterilisator kering 1 pintu dengan desain yang menawan. Dirancang dengan teknologi Ozon dan Sinar Infrared dikombinasikan dengan sistem pemanas. Sterilisator Serenity berfungsi untuk menstrilkan barang-barang yang terbuat dari logam, kaca atau keramik yang perlu untuk disterilkan.
Serenity merupakan brand terkemuka dari UK (Inggris). Produk ini telah lolos kontral kualitas dan keamanan: ISO 9001, ISO 13845, dan sertifikasi CE.
Fitur Produk
- Mudah untuk digunakan
- Mensterilkan dengan suhu di atas 125 ℃ dengan teknologi chip mikrokomputer cerdas terbaru.
- Rangka / casing terbuat dari bahan stainless steel berkualitas
- Rak terbuat dari stainless steel yang dapat menahan beban sampai 3 Kg
- Tidak menghasilkan residu berbahaya. Aman untuk kesehatan tubuh dan lingkungan

Spesifikasi Teknis
- Daya: 600 Watt
- Suhu sterilisasi: 125°C (+45°C/-5°C)
- Waktu sterilisasi: ≤ 40 menit
- Volume: 50 L
- Dimensi: 420 X 325 X 510mm
- Metode sterilisasi: inframerah temperatur tinggi
Nomor Registrasi / Izin Edar Alkes
AKL 20903310963


Sterilisator Kering