Peralatan P3K yang lebih rumit juga dapat mencakup persediaan hidup, persediaan darurat yang menyelamatkan jiwa atau barang-barang kenyamanan seperti tisu penyengat serangga atau obat flu yang mana ini tergantung pada tempat dan kondisi sekitar.

Bagi Individu, keluarga, atau bahkan sebuah organisasi sebaiknya mempersiapkan keadaan darurat medis pertolongan pertama yang sesuai dan siap digunakan.

Berikut ini beberapa perlengkapan pertolongan pertama yang sebaiknya Anda miliki di rumah, seklah, atau kantor sehingga luka yang dihadapi seseorang tidak terlambat dan menimbulkan infeksi.


Kotak P3K Onemed



1. Alkohol swab


Alcohol swab berbentuk seperti tisu basah yang diberikan ketika Anda membeli air mineral ukuran galon. Alcohol swab mengandung isopropyl alcohol 70% sebagai bahan aktif yang bisa membunuh bakteri maupun patogen lain.

Tujuan dibuatnya alcohol swab sebenarnya adalah sebagai antiseptik yang praktis di fasilitas kesehatan. Umumnya, alcohol swab digunakan untuk membersihkan permukaan kulit sebelum disuntik. Selain itu bahan ini juga dapat dipakai untuk membersihkan luka gores.

Alcohol swab dapat digunakan untuk membersihkan luka bakar, tapi yang derajatnya paling ringan. Sementara itu, isopropyl alcohol sendiri dalam bentuk lain, bisa digunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit otot yang ringan.


2. Kasa steril


Kasa steril merupakan kasa yang digunakan untuk membersihkan, menutup, dan membalut luka.


3. Perban


Perban yang terbuat dari kain halus dan berpori. Jenis perban gulung ini memungkinkan aliran udara yang sangat baik, tapi tidak memberikan tekanan besar pada luka dan tidak dapat menyangga sendi.


4. Kapas


Kapas dalam Kotak P3K digunakan untuk membersihkan luka dan juga sebagai bantalan luka. Setelah membersihkan luka dengan kapas, Anda harus pastikan tidak ada Kapas yang tersisa pada luka.


5. Rivanol


Rivanol merupakan cairan desinfektan yang mengandung Etakridina laktat. Rivanol digunakan untuk membersihkan luka, kompres luka yang membengkak, menghambat perkembangan dan pertumbuhan kuman, membunuh kuman yang berada di luar tubuh, membantu menyembuhkan dan mengeringkan luka, membersihkan dan menyembuhkan bisul. Rivanol dipakai dengan dikompres menggunakan kapas pada bagian tubuh yang terinfeksi atau luka. Efek samping yang mungkin terjadi apabila menggunakan rivanol seperti Gatal-gatal, Bengkak/inflamasi, dan terbentuk ruam.


6. Povidone iodine


Povidone iodine adalah obat luar yang berfungsi sebagai antiseptik, yang umumnya digunakan untuk membersihkan serta membunuh bakteri, jamur, dan virus pada daerah kulit, termasuk kulit yang terdapat luka, misalnya karena cedera atau tersayat pisau. Sebagai antiseptik kulit, povidone iodine tersedia dalam bentuk cairan, semprot, salep, atau cotton bud (swab). Selain untuk kulit, povidone iodine tersedia dalam bentuk cairan pembersih vagina dan obat kumur, yang juga berfungsi sebagai antiseptik.

Povidone iodine bekerja dengan cara merusak sel kuman dan membuat kuman menjadi tidak aktif.

Harap berhati-hati jika ingin menggunakan obat ini, terutama ketika mengalami luka bakar serius, luka tusuk cukup dalam, gangguan fungsi ginjal, gangguan hormon tiroid, atau memiliki alergi terhadap yodium.


7. Gunting


Gunting berperan sebagai mempermudah memotong perban, plester, atau kapas agar pemakaiannya tidak berlebihan


8. Plester


Plester ialah perban kecil yang digunakan pada luka yang tidak begitu serius untuk diberi perban besar.

Plester berguna melindungi luka dari terbentur, rusak, atau kotor. Plester biasanya ditutupi oleh tenunan, plastik, atau karet lateks yang memiliki kemampuan rekat. Meskipun terdapat banyak variasi plester dengan fungsi perlindungan, terdapat pula jenis yang khusus untuk kesempatan tertentu, seperti untuk kedokteran olahraga, pemegang makanan, dan rehabilitasi. Misalnya Band-Aid, Curad, Nexcare, Kinesio Tape, McConell Tape, Micropore, Vetrap, dll. Plester yang berfungsi menyebarkan pengobatan ke kulit alih-alih melindungi luka disebut plester transdermal.


9. Sarung tangan


Fungsi sarung tangan dalam kotak p3k adalah untuk memastikan si pemberi pertolongan pertama bisa memberikan perawatan dengan bebas kuman, bakteri dan virus yang terbawa oleh si pemberi pertolongan yang bisa masuk melalui luka.


Kotak P3k Onemed


Isi Kotak P3K Onemed


Untuk itu ada kotak p3k dari Onemed yang memiliki semua perlengkapan tersebut dan bisa digunakan untuk kebutuhan rumah, kantor, atau sekolah. Sehingga luka bisa segera teratasi dan tidak menimbulkan infeksi.

Onemed menyediakan kotak P3K dengan isi yang lengkap dan disimpan dalam kotak plastik yang kokoh berwarna putih untuk memastikan perlengkapan tidak tercecer sehingga memudahkan Anda segera mendapatkan perlengkapan yang Anda perlukan dalam kondisi darurat dan didesain untuk memudahkan pemberi pertolongan pertama untuk menemukannya.


Isi Kotak P3K Onemed:


• Kasa steril 16x16
• Alkohol swab
• Verband 5cm
• Verband 10cm
• Kapas 25 gram
• Rivanol 100cc
• Ecodine 10cc
• Gunting
• Plesterin
• Plester non woven
• Sarung tangan