Memasuki musim hujan, penyakit yang sering menyerang kita adalah pilek, khususnya untuk Si Kecil yang memiliki kekebalan tubuh lebih rentan daripada orang dewasa. Hal ini akan sangat mengkhawatirkan apabila lendir yang berada di saluran pernapasan menghambat jalur keluar masuk oksigen karena pilek. Selain dengan memberikan obat, cara lain yang lebih mudah yaitu dengan cara nebulisasi atau menggunakan alat nebulizer.

Nebulizer adalah alat khusus yang menghangatkan atau mengubah larutan cair menjadi kabut halus yang mudah dihirup. Beberapa orang juga menyebut nebulizer sebagai mesin / alat bantu pernapasan. Nebulizer berguna dalam mengobati kondisi pernapasan tertentu. Dokter sering kali menggunakannya untuk bayi, alat ini memungkinkan bayi untuk minum obat sambil bernapas seperti biasa. Ketika seseorang menghirup uap dari nebulizer, obatnya bisa masuk jauh ke dalam paru-parunya di mana ia bisa bekerja untuk membuat pernapasan menjadi lebih mudah. Dokter biasanya juga akan meresepkan obat nebulisasi yang dapat ditebus diapotek terdekat.

Selain untuk pilek atau flu, nebulizer sudah dipercaya sejak dulu sebagai alternatif untuk kondisi kronis pernapasan lainnya. Asma misalnya, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan respons imun yang mengiritasi saluran udara. Umumnya pengobatan akan berlangsung sekitar 10 hingga 15 menit tapi bisa juga tergantung pada obat dan kondisi pengunaannya. Membawa nebulizer kemanapun Anda pergi tentu sangat membantu bila sewaktu-waktu diperlukan, namun akan sangat repot apabila ukurannya terlalu besar terutama bagi Anda yang suka bepergian karena harus memiliki kapasitas tempat penyimpanan yang besar juga stok kontak listrik guna menghidupkan alat.

Karenanya untuk membantu memudahkan Anda, berikut 7 rekomendasi nebulizer portable yang praktis dibawa travel :

1. OneMed M102 Mesh Nebulizer

Terbaru dari OneMed, Si Kecil ini akan menjadi pilihan yang cocok bagi Anda yang suka bepergian namun harus tetap membawa alat nebulizer. Mesh Nebulizer Onemed M102 merupakan nebulizer portable dengan suara yang sunyi, dengan desainnya kecil dan kompak mudah untuk dibawa kemana saja. Dengan ukuran partikel yang kecil serta dilengkapi masker anak dan dewasa menjadikan nebulizer ini dapat digunakan untuk segala usia.

Onemed-M102

Fitur Produk:
- Nebulizer medical grade
- Dengan Suara yang sunyi
- Desain kompak, mudah dibawa
- Dengan ukuran partikel yang kecil
- Dilengkapi Masker dewasa dan anak
- Dioperasikan menggunakan 2 buah baterai AA

2. Beurer IH 50 Nebulizer

Salah satu andalan dari Beurer ada Nebulizer Beurer IH 50, sangat cocok untuk dibawa bepergian, nebulizer ini dapat dioperasikan dengan baterai atau dengan listrik, oleh karena itu dapat digunakan secara fleksibel. Penggunaannya sangat sederhana dan tidak berisik. Produk keluaran Jerman ini juga dilengkapi dengan garansi service selama 2 tahun, membantu Anda memperbaiki apabila mengalami kerusakan selama pemakaian.

Beurer-IH50

Fitur Produk:
- Teknologi membran getar
- Untuk mengobati saluran udra bagian atas dan bawah, pilek, asma, penyakit pernapasan
- Proporsi partikel terhirup yang tinggi
- Ideal saat bepergian
- Sangat mudah digunakan
- Tidak berisik
- Otomatis OFF
- Waktu penghirupan singkat
- Kotak penyimpanan
- Dapat didesinfeksi
- Performa Nebulisasi : > 0.25 ml/min

3. Laica NE1005 Nebulizer

Laica Ultrasonic Nebulizer NE1005 Mesh Nebuliser for aerosol therapy, mampu mengubah obat cair menjadi kabut halus yang dapat dengan mudah terhirup. Nebulizer asal Italia ini memiliki desain yang kecil dengan warna yang cukup menarik yang disukai anak-anak. Meski begitu, alat ini juga bisa digunakan segala rentan usia baik anak maupun dewasa. Penggunaannya cukup mudah yaitu dapat menggunakan baterai maupun listrik, juga terdapat adaptor yang dapat digunakan guna menghemat baterai.

Laica-NE1005

Fitur Produk:
- Sangat sepi
- Operasi baterai dan listrik
- Ideal untuk pengobatan : paru-paru, gangguan tracheitis, bronkitis, sinusitis , alergi & pilek
- Kapasitas Nebulasi sekitar 0.25ml/menit
- Ringkas dan praktis

4. Omron NE-U100 Nebulizer

Nebulizer Omron NE-U100 Memberikan kenyamanan dan rasa yang aman untuk digunakan dimana saja dan kapan saja. Dengan ukuran yang kecil, hening serta ringan, nebulasi secara efektif bisa dilakukan dalam posisi apapun, bahkan ketika berbaring. Omron juga menawarkan garansi resminya selama 2 tahun, Anda tidak perlu khawatir lagi apabila alat mengalami kerusakan. Segera hubungi customer service yang tertera pada kartu garansi.

Omron-U100

Fitur Produk:
- Dengan Teknologi Mesh yang dikembangkan oleh Omron dengan memanfaatkan alloy mesh dan titanium vibrator
- Hening dan tidak berisik
- Mudah dibersihkan
- Berukuran Kecil, ringan dan portable
- Dioperasikan dengan dua baterai AA

5. Philips InnoSpire Mini Nebulizer

Ternama dari Philips, nebulizer Philips InnoSpire Mini bisa menjadi salah satu pilihan nebulizer berukuran mini terbaik. Nebulizer ini dapat digunakan sebagai alat terapi dirumah untuk pasien yang memiliki penyakit ASMA, PPOK, COPD dan sulit buang dahak. Philips Nebulizer innospire mini memiliki desain yang mini dan compact dilengkapi dengan batterai ion lithium yang dapat di charge sehingga mudah di bawa travelling.

Philips-Mini

Fitur Produk:
- Kompressor yang mini mudah dibawa travelling
- Dengan corong yang dapat diganti dalam waktu yang lama (Mouthpiece)
- Tekanan yang lebihh rendah sehingga cocok digunakan untuk anak-anak dan usia lanjut
- Dengan batterai lithium yang dapat di charge selama 90 menit
- Batterai dapat di charge di dalam mobil ( dengan adaptor 12V DC)
- Lama terapi rata-rata 7 menit

6. Omron NE-U22 Nebulizer

Nebulizer Omron NE-U22 merupakan nebuliser yang memanfaatkan teknologi Mesh / Vibrating Mesh Teknologi (VMT) yang dapat menyalurkan obat untuk pasien yang menderita Asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan kondisi pernapasan lainnya secara efektif dan efisien. Keunggulan utama Nebulizer Omron NE-U22 adalah bentuk yang portabel (sangat kecil dan ringan), tidak menimbulkan suara, dan dapat digunakan pada berbagai sudut, termasuk ketika dalam posisi miring ataupun tidur. Nebulizer Omron NE-U22 cocok untuk digunakan di rumah, klinik, maupun di luar ruangan (outdoor).

Omron-U22

Fitur Produk:
- Menghasilkan kabut secara optimal, memastikan obat tersalurkan sampai ke dalam saluran pernapasan.
- Nebulasi di setiap sudut. Dapat dihirup dari sisi manapun, bahkan dalam posisi berbaring atau miring.
- Ringan, berat hanya 170g
- Pilihan daya untuk penggunaan:
- 2 buah baterai AA alkaline
- Menggunakan listrik (sudah termasuk AC adaptor)
- Penggunaan obat sampai tetes terakhir, sehingga memaksimalkan manfaat terapi
- Waktu terapi yang singkat
- Sebagai pilihan alternatif yang baik untuk produk inhaler dengan dosis terukur / Metered Dose Inhaler (MDI)
- Garansi 2 tahun

7. Onemed 405A Nebulizer

Meski tidak didukung dengan pengoperasian menggunakan baterai, nebulizer dari OneMed ini sangat oke bagi Anda yang mencari nebulizer berukuran kecil namun dengan harga yang relatif murah. Portable Nebulizer 405A adalah alat yang digunakan untuk aerosolisasi obat untuk inhalasi pada pasien yg memiliki gangguan pernapasan. Nebulizer Kompresor 405A adalah generasi baru nebulizer kompresor yang diproduksi oleh Onemed berdasarkan inovasi dan peningkatan produk serupa di rumah dan di luar negeri.

Onemed-405A

Fitur Produk:
- Menggunakan listrik (sudah termasuk AC adaptor)
- Ideal untuk pengobatan : paru-paru, gangguan tracheitis, bronkitis, sinusitis , alergi & pilek
- Kapasitas Nebulasi sekitar 3.9mmd
- Ringkas dan praktis
- Garansi 1 tahun
- Sangat mudah digunakan

Nebulizer adalah cara yang aman dan efektif untuk memberikan obat kepada penderita pernapasan. Namun, pastikan selalu hubungi dokter apabila penderita pernapasan mengalami kesulitan bernapas yang semakin parah meski telah dibantu alat nebulizer. Beberapa pengguna bisa saja memiliki reaksi yang tidak diharapkan atau berlawanan setelah penggunaan. Dokter dapat meninjau kemungkinan efek samping dan dapat membantu Anda mengidentifikasi gejala ini lebih cepat. Sangat direkomendasikan juga untuk melakukan konsultasi dengan petugas medis sebelum menggunakan nebulizer secara pribadi guna mendapatkan tips penggunaan dan resep obat nebulisasi yang diperlukan.