Keringat manusia pada dasarnya tidak berbau. Bau badan muncul ketika bakteri yang ada di tubuh bertemu dengan keringat dan mengubah keringat menjadi asam. Bakteri yang sering menyebabkan bau badan adalah anaerobik. Bakteri ini dapat berkembang biak melalui keringat sebagai medianya. Bau badan muncul sebagai hasil dari pemecahan protein keratin oleh bakteri pada permukaan kulit kamu.

Selain bakteri yang membuat Anda memiliki bau badan tak sedap, ada beberapa hal yang dapat membuat Anda cenderung meningkatkan bau badan.

Kelebihan berat badan. Lipatan kulit dapat menahan keringat dan bakteri, membuat rumah menjadi lebih ramah untuk bakteri penyebab bau badan.

Makan makanan pedas. Ini sebenarnya tidak membuat keringat Anda menjadi lebih bau, tetapi aroma makanan yang menyengat bisa meresap melalui kulit Anda, membuat bau badan tampak lebih buruk.

Kondisi medis tertentu. Diabetes, masalah ginjal atau hati, dan kondisi genetik dapat menyebabkan perubahan aroma tubuh normal Anda. Dalam beberapa kasus, bau badan yang aneh bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius. Misalnya, bau seperti pemutih atau seperti urin dapat berarti masalah ginjal atau hati. Jika Anda melihat perubahan aneh pada bau tubuh normal atau merasa ada sesuatu yang tidak beres, hubungi dokter Anda.

Stres. Stres menyebabkan kelenjar apokrin Anda bekerja lebih keras. Kelenjar ini merupakan salah satu yang menyebabkan keringat berbau. Jadi, Anda mungkin mencium bau badan secara mendadak tepat sebelum presentasi besar Anda atau setelah acara yang membuat Anda gugup misalnya.

Genetika. Beberapa orang lebih rentan terhadap bau badan daripada orang lain karena berdasarkan dari faktor bawaan kedua orang tuannya.

Berkeringat berlebihan. Suatu kondisi yang disebut hiperhidrosis dapat menyebabkan Anda banyak berkeringat. Dan beberapa orang secara alami dapat lebih banyak lebih berkeringat daripada yang lain.



Tips untuk Mengurangi Bau Badan

Bau badan bisa memalukan, Namun bukan berarti Anda tidak bisa menguranginya. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengusir bau badan, atau setidaknya mengurangi tingkat baunya.

Mandi setidaknya sekali sehari. Gunakan sabun mandi yang sangat wangi dan sapu bersih secara menyeluruh, terutama di daerah yang rawan terhadap bau badan seperti ketiak. Atau mandi dua kali sehari pada daerah yang sangat panas dan lembap.

Gunakan sabun anti-bakteri. Jika mandi teratur tidak berhasil, gunakan sabun anti-bakteri atau pembersih tubuh, atau pembersih benzoil peroksida. Membersihkan dengan cara ini dapat membantu mengurangi jumlah bakteri pada kulit Anda sehingga mengurangi keringat menjadi bau.

Dapatkan produk ketiak yang tepat. Tahukah Anda bahwa antiperspiran dengan deodoran itu berbeda? Deodoran membuat ketiak Anda menjadi tempat yang tidak ramah untuk bakteri. Mereka juga membantu menutupi bau badan dengan aromanya. Antiperspiran, di sisi lain, memblokir kelenjar keringat untuk mengurangi keringat. Jika Anda tidak banyak berkeringat tetapi mendapatkan bau badan, deodoran adalah cara yang tepat untuk Anda.

Pakailah kain yang tipis. Kain alami, seperti kapas, lebih baik daripada poliester, nilon, dan rayon untuk menjaga agar tidak menjadi bau badan. Serat alami memungkinkan keringat menguap. Hindari kain yang memerangkap keringat di kulit. Ini memungkinkan berkembang biaknya tempat yang lebih baik untuk bau badan. Sehingga saat berolahraga, pilihlah kain yang tahan air.

Hilangkan atau kurangi makanan pedas atau pedas. Makanan berbau kuat seperti kari, bawang putih, paprika pedas, brokoli, dan bawang bombai bisa menyebabkan keringat yang lebih menyengat. Bahkan alkohol dapat berdampak pada bau keringat Anda. Jika Anda makan jenis makanan ini secara teratur, coba kurangi dan lihat apakah itu tidak membantu mengurangi bau keringat Anda.

Cukur rambut. Kelenjar apokrin terkonsentrasi di daerah yang tertutup oleh rambut, yaitu rambut ketiak dan daerah kemaluan. Rambut menahan keringat dan membuat lingkungan yang baik di mana bakteri dapat berkembang. Menghilangkan rambut bisa membantu mengendalikan bau badan. itu artinya Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mencukur rambut ketiak Anda. Memotong pendek rambut juga dapat membantu menguranginya