Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang membutuhkan oksigen, maka salah satu cara paling aman untuk alternatif lain selain tabung oksigen adalah dengan mengandalkan oksigen konsentrator. oksigen konsentrator adalah perangkat yang dirancang khusus yang mengumpulkan oksigen dan nitrogen yang ada di udara sekitar dan dengan cepat menyaring udara, yang pada akhirnya memberikan udara yang aman dan kaya oksigen bagi pasien untuk memudahkan pernapasan.

Saat ini, oksigen konsentrator adalah salah satu perangkat yang paling dicari untuk terapi oksigen atau sebagai perangkat isolasi mandiri rumah. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui apa itu oksigen konsentrator, bagaimana cara menggunakannya, dan mana yang terbaik untuk digunakan? Dalam artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih oksigen konsenntrator sebelum membeli serta menjawab semua pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan.

Apa itu oksigen konsentrator? Oksigen konsentrator adalah perangkat medis yang memberikan oksigen tambahan atau ekstra kepada pasien dengan masalah pernapasan. Perangkat ini terdiri dari kompresor, saringan atau filter, katup tekanan, dan kanula hidung (atau masker oksigen). Seperti tabung atau tangki oksigen, konsentrator memasok oksigen ke pasien melalui masker atau selang hidung. Namun, tidak seperti tabung oksigen, konsentrator tidak memerlukan pengisian ulang dan dapat menyediakan oksigen 24 jam sehari. Oksigen konsentrator dapat memasok antara 5 sampai 10 liter per menit (LPM) oksigen murni.

Tips Cara Memilih Oksigen Konsentrator yang Tepat

Sebelum membeli oksigen konsentrator, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jumlah oksigen per liter yang dibutuhkan pasien. Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan seperti:

1. Kualitas Produk

Oksigen konsentrator philips everflo

Sebelum membeli produk oksigen konsentrator pastikan untuk memilik brand dan kualitas tepercaya. Ada sejumlah brand yang ditawarkan di toko alat kesehatan maupun marketplace. Tetapi tidak semuanya menjanjikan kualitas produk bagus. Dari rekomendasi kami brand produk oksigen konsentrator yang memiliki kualitas terbaik adalah Philips, GEA, Onemed dan beberapa brand lainnya.

2. Medical Grade

Selain kulitas produk yang bagus, perlu dipertimbangkan juga untuk memilih oksigen dengan kualitas medical grade atau oksigen konsentrator kelas medis, produk ini biasanya memiliki tingkat konsentrasi yang stabil. Pada brand lain dengan kualitas non-medical grade biasanya saat aliran oksigen dinaikkan maka konsentrasi "oksigen" akan menjadi lebih rendah.

3. Kapasitas Oksigen

Sebelum membeli oksigen konsentrator, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Kapasitas oksigen konsentrator "sebaiknya" lebih tinggi dari kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda memerlukan oksigen konsentrator 3 liter per menit (LPM), Anda "sebaiknya" membeli konsentrator 5 LPM. Demikian pula, jika kebutuhan Anda adalah konsentrator 5 LPM, Anda "sebaiknya" membeli oksigen konsentrator dengan kapasitas 8 atau 10 LPM. Hal ini untuk antisipasi jika pasien kondisi semakin memburuk, flow oksigen nya siap dinaikkan ke kapasitas oksigen yang lebih tinggi.

4. Konsentrasi Oksigen

Sebagian besar produk oksigen konsentrator menawarkan nilai konsentrasi oksigen antara 87 hingga 96 persen, penting untuk dicatat bahwa nilai ini dapat bervariasi di antara oksigen konsentrator. Biasanya, unit dengan konsumsi daya yang lebih tinggi dirancang untuk pasien yang membutuhkan laju aliran oksigen tinggi juga mampu memberikan konsentrasi oksigen yang lebih tinggi. Selain itu juga Anda bisa memilih oksigen dengan kualitas medical grade atau oksigen konsentrator kelas medis, produk ini biasanya memiliki nilai tingkat konsentrasi yang stabil.

5. Flow Rate atau Laju aliran Oksigen

flowrate oxygen concentrator

Salah satu faktor terpenting lainnya saat membeli oksigen konsentrator adalah memeriksa kemampuan laju alirannya. Laju Aliran menunjukkan laju di mana oksigen dapat mengalir dari mesin ke pasien. Proses yang ideal adalah bahwa dokter harus memberi resep laju aliran yang dibutuhkan untuk pasien, sehingga disarankan untuk mendiskusikan terlebih dahulu sebelum membeli oksigen konsentrator. Beberapa oksigen konsentrator menawarkan laju aliran yang bervariasi (seperti rentang 2 hingga 10 liter per menit). Karena tidak semua oksigen konsentrator menyediakan kisaran laju aliran yang sama, sangat penting bagi pelanggan untuk terus memeriksa laju aliran yang ditawarkan.

6. Konsumsi Daya

Oksigen Konsentrator dengan kapasitas yang tinggi umumnya memiliki konsumsi daya yang lebih besar. Anda bisa membeli oksigen konsentrator yang menawarkan konsumsi daya yang lebih rendah dengan kapasitas 5LPM atau dibawahnya. Selain itu juga ada beberapa model konsentrator dengan model portable yang menggunakan baterai, ini juga lebih menghemat konsumsi daya dibanding oksigen konsentrator rumahan. Tetapi untuk membeli oksigen konsentrator model portable, Anda harus merogoh kocek 2 kali lipat di banding oksigen konsentrator rumahan.

7. Tampilan dan Alarm

oxygen concentrator OPI

Sebelum membeli oksigen konsentrator, Anda harus memilih dengan cermat, Anda bisa membeli konsentrator dengan indikator kemurnian oksigen (OPI). Indikator ini menunjukkan kemurnian oksigen di udara. Selain itu juga memiliki fungsi alarm seperti alarm oksigen rendah, alarm peringatan dll.

8. Garansi

Sama seperti alat atau barang lainnya, oksigen konsentrator juga akan memiliki garansi. Namun, setiap produsen memiliki kebijakan garansi yang berbeda. Karena perangkat ini dibuat untuk bertahan lama, sebaiknya tinjau kebijakan garansi terlebih dahulu untuk memastikan Anda mendapatkan setiap fungsi yang Anda bayar.

QnA : Pertanyaan Seputar Oksigen Konsentrator

  1. Bagaimana cara menggunakan oksigen konsentrator?
    - Posisikan oxygen concentrator 30 hingga 60 sentimeter dari dinding dan furnitur. Selain membutuhkan ruang untuk sirkulasi udara, oksigen konsentrator akan menjadi sangat panas sehingga jauhkan dari furnishing dan furniture.
    - Hubungkan botol humidifier (pelembab) ke outlet atau keluarnya oksigen. Selalu gunakan air sulingan atau distilasi dalam botol humidifier.
    - Pasang selang diantara outlet oksigen dan lubang humidifier
    - Pasang selang kanula atau masker pada botol humidifier yang nantinya akan dihirup
    - Nyalakan oxygen concentrator setidaknya 15-30 menit sebelum menggunakannya. oksigen konsentrator memerlukan waktu untuk mulai dan benar-benar siap untuk digunakan.
    - Mesin ini akan menarik banyak daya listrik dan harus menjadi satu-satunya benda yang dicolokkan ke soket. Jangan gunakan kabel ekstensi, karena ini dapat menimbulkan risiko kebakaran.
    - Setelah menyalakan mesin selalu periksa ulang indikator lampu untuk memastikan perangkat berfungsi dengan baik.
    - Sebelum menggunakan, Anda perlu memutar flow meter, ditandai dengan LPM atau dengan level 1,2,3,4 dll. Atur flow meter sesuai dengan anjuran dokter.
    - Untuk menghirup oksigen, periksa selang apakah ada lekukan atau kebocoran. Gangguan apa pun pada selang dapat menyebabkan suplai oksigen menjadi tidak maksimal.
    - Jika menghirup menggunakan masker, letakkan masker di wajah untuk kadar oksigen yang rendah. Pastikan tidak ada celah udara di sekitar tepi masker.
    - Jika menghirup menggunakan selang kanula, pasang kanula hidung ke atas ke dalam lubang hidung Anda untuk mendapatkan oksigen tingkat tinggi.
  2. Berapa kisaran harga oksigen konsentrator?
    Harga oksgien konsentrator dapat bervariasi tergantung pada berapa banyak oksigen yang dihasilkan per menit. Di pasaran Indonesia sebagian besar kapasitas nya 5 LPM memiliki kisaran harga sekitar 8 jutaan hingga 15 jutaan.
  3. Apakah resep medis diperlukan sebelum menggunakan oksigen konsentrator?
    Hal penting yang perlu diingat adalah tidak semua orang bisa menggunakan oksigen konsentrator. Seorang dokter harus meresepkannya setelah pasien menyelesaikan evaluasi medis menyeluruh. Para dokter juga biasanya akan memberikan resep kepada pasien untuk nilai laju aliran oksigen sehinggak pasien dapat menggunakan oksigen konsentrator bisa lebih efektif.
  4. Apa perbedaan tabung oksigen dan oksigen konsentrator?
    Perbedaan utama antara tabung oksigen dan oksigen konsentrator adalah cara oksigen disediakan. Tabung oksigen menyimpan oksigen terkompresi dalam jumlah tertentu yang dapat digunakan hingga habis. Namun, oksigen konsentrator menyaring udara sekitar yang mengelilingi perangkat untuk membuat oksigen tingkat medis yang memasok oksigen dalam jumlah tak terbatas selama baterai atau tenaga listrik dinyalakan.
  5. Apakah pasien COVID-19 bisa pakai oksigen konsentrator?
    Oksigen konsentrator hanya dapat digunakan pada kasus COVID-19 ringan saja, Ini dalam kasus di mana persyaratannya maksimal 5 liter per menit. Jika tingkat saturasi oksigen antara 90-94 persen, masih bisa menggunakan oksigen konsentrator. Namun, jika kadar oksigen turun lebih dari 90 persen, disarankan untuk beralih ke pasokan medis lain seperti tabung oksigen.
  6. Siapa saja yang bisa menggunakan oksigen konsentrator?
    Ada banyak alasan mengapa seseorang membutuhkan oksigen konsentrator seiring bertambahnya usia atau dengan kondisi lainnya. Kondisi ini seperti penderita asma, pneumonia, PPOK, fibrosis sistik, hipoksia, apnea tidur atau pemulihan dari operasi yang dapat membuat kadar oksigen menjadi rendah. Oksigen konsentrator adalah cara mudah untuk meningkatkan saturasi oksigen dalam darah.
  7. Apakah oksigen konsentrator bisa digunakan 24 jam?
    Oksigen konsentrator dapat dinyalakan selama 24 jam, Anda bisa mengistirahatkan mesin sekitar satu jam. Disarankan selalu untuk sedia tabung oxygen sebagai cadangan sehari-hari seandainya sewaktu-waktu listrik mati.
  8. Saat menggunakan Oksigen konsentrator, bagaiman cara saya memantau kadar oksigen?
    Saat menggunakan oksigen konsentrator, kadar oksigen pasien sebaiknya dimonitor menggunakan pulse oximeter. Pulse oximeter merupakan tes non-invasif dan tanpa rasa sakit yang dapat mengukur tingkat saturasi oksigen atau tingkat oksigen dalam darah.
  9. Berapa tingkat flow rate yang diberikan untuk pasien?
    1. Berdasarkan rekomendasi dokter.
    2. Jika tidak ada rekomendasi dari dokter bisa menggunakan alat oximeter. Perlahan naikkan tingkat flow rate oxygen di oksigen konsentrator, sampai di oximeter yg di jepitkan di jari tangan menunjukkan angka 94 ke atas.
  10. Apakah oksigen konsentrator bisa digunakan sambil tidur?
    Ya. Namun, untuk tidur dengan menggunakan oksigen konsentrator, dokter biasanya melakukan studi tidur terlebih dahulu untuk menentukan laju aliran terbaik untuk Anda. Kemudian, Pilih oksigen konsentrator yang cukup tenang sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak.
  11. Bagaimana cara merawat oksigen konsentrator?
    Untuk merawat oksigen konsentrator ada bebreapa hal yang perlu di perhatikan seperti, penggantian filter ketika kotor, membersihkan alat, botol humidifier dll.
  12. Bisakah penggunaan oksigen konsentrator tanpa botol humidifer?
    Ya, Anda bisa menggunakan oksigen konsentrator tanpa humidifier. Botol humidifier umumnya digunakan untuk mencegah saluran udara pasien menjadi terlalu kering saat menghirup udara langsung dari oxygen concentrator. Hal ini akan memberikan kelembaban tahan lama pada saluran pernapasan seperti tenggorokan.
  13. Oksigen konsentrator muncul alarm dan berbunyi, apa yang harus saya lakukan?
    Pada saat oksgien konsentrator berbunyi, biasanya menandakan kadar oksigen rendah, selang tertekuk, filter kotor dll. Pastikan untuk selalu menggunakannya dengan benar sesuai buku petunjuk penggunaan, atau Anda bisa hubungi distributor resmi.
  14. Apakah oksigen konsentrator bisa digunakan dua orang sekaligus?
    Ada beberapa jenis oksigen konsentrator dapat digunakan dua orang sekaligus, tetapi hal ini jika digunakan dua orang secara bersamaan kapasitas aliran oksigen akan dibagi menjadi dua, Anda bisa membeli oksigen konsentrator dengan kapasitas oksigen yang lebih tinggi jika digunakan untuk dua orang.
  15. Apa fungsi Nebulizer pada oksigen konsentrator?
    Fungsi nebulizer pada oksigen konsentrator sama seperti pada alat nebulasi. Nebulizer adalah perangkat yang digunakan oleh pasien penyakit pernapasan untuk memantau obat dengan mudah dan segera diantarkan ke organ pernapasan. Cara kerja nebulizer yaitu dengan mengubah obat cair menjadi uap halus yang dihirup pasien melalui masker atau corong (mouthpiece).
  16. Bagaimana cara menggunakan Nebulizer pada oksigen konsentrator?
    Sebelum menggunakan nebulizer, pastikan setiap bagian nebulizer bersih. Cuci tangan Anda sebelum menyiapkan obat. Campur obat jika belum dicampur sebelumnya dan tambahkan ke wadah. Jaga wadah tetap tegak selama penggunaan. Hubungkan wadah cairan ke outlet atau keluaran nebulasi pada oksigen konsentrator. Kemudian Siapkan corong (Mouthpiece) atau masker. Pastikan corong (Mouthpiece) atau masker tidak bocor. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menghirup.
  17. Kelengkapan apa saja yang ada saat membeli oksigen konsentrator?
    Saat anda membeli oksigen konsentrator rumahan biasanya sudah dilengkapi dengan selang kanula, botol humidifier, filter, buku manual dan kartu garansi.
  18. Jika lampu mati, apakah oksigen konsentrator tetap bisa dipakai?
    Oksigen konsentrator hanya akan bertahan selama 2 hingga 3 menit jika terjadi pemadaman listrik. Maka dari itu, selalu sedia oksigen cadangan seperti tabung oksigen.
  19. Apakah masker oksigen bisa digunakan di oksigen konsentrator?
    Ya, selain selang kanula, masker oksigen juga dapat digunakan pada mesin oksigen konsentrator.
  20. Berapa konsentrasi paling tinggi pada oksigen konsentrator?
    Pada umummnya, oksigen konsentrator memiliki tinggkat maksimum konsentrasi hingga 96%.
  21. Tindakan pencegahan saat menggunakan oksigen konsentrator?
    Sebelum menggunakan, pastikan mesin diletakkan jauh dari jendela karena dapat menyerap debu dan partikel dari luar. Jangan meletakkan konsentrator dekat dengan nyala api. Saat menyalakan oksigen konsentrator, beri jarak 15cm jarak sekeliling alat dengan dinding/furniture/gorden agar aliran udara tidak terhambat masuk ke alat.
  22. Berapa jenis oksigen konsentrator?
    Ada dua jenis oksigen konsentrator yang tersedia di pasaran, satu adalah unit Portabel (dengan ukuran kecil) dan yang kedua adalah unit rumahan (memiliki ukuran lebih besar). Portable Unit, sesuai dengan namanya tidak memerlukan sumber listrik, dengan menggunkan sumber daya baterai mesin ini dapat dibawa kemana-mana, bahkan dapat digunakan dalam pesawat. Sedangkan unit rumahan merupakan perangkat yang membutuhkan plug point. Ini memberikan aliran oksigen terus menerus yang sangat penting untuk kasus COVID-19. Oksigen konsentrator rumahan dapat mengalirkan oksigen 5-10 liter per menit (LPM)
  23. Apa itu Continuous flow dan pulse dose pada oksigen konsentrator?
    Continuous flow merupakan jenis konsentrator yang memasok aliran oksigen sama setiap menit kecuali jika tidak dimatikan terlepas dari apakah pasien menghirup oksigen atau tidak. Sedangkan pulse dose relatif cerdas karena mampu mendeteksi pola pernapasan pasien dan melepaskan oksigen setelah mendeteksi inhalasi (menghirup napas). Oksigen yang dilepaskan oleh konsentrator pulse dose bervariasi per menitnya.
  24. Apakah oksigen konsentrator bisa digunakan di pesawat?
    Satu-satunya peralatan oksigen yang diperbolehkan di pesawat adalah portable oxygen concentrator (POC) yang bersertifikat. Jika Anda membutuhkan oksigen dalam penerbangan, Anda harus membawa oksigen konsentrator portabel dan Anda harus memberi tahu maskapai penerbangan sebelumnya. Pihak maskapai mungkin memerlukan surat dokter untuk memverifikasi kebutuhan POC di pesawat.
  25. Apakah mesin oksigen konsentrator berisik?
    Beberapa unit oksigen konsentrator rumahan umumnya memiliki tingkat suara yang keras, ini lebih berisik saat beroperasi, karena keduanya membutuhkan daya yang lebih tinggi dan memiliki laju aliran oksigen yang lebih tinggi. Jika Anda mencari perangkat yang lebih sunyi Anda bisa membeli produk dengan jenis portable, jenis portabel biasanya lebih kecil dan sangat sunyi dan tidak mengganggu.

Ringkasan

Oksigen konsentrator adalah alat yang sangat berguna untuk pengiriman oksigen yang nyaman dan efektif kepada pasien yang tidak dapat mencukupi kebutuhannya sendiri. Perangkat ini memanfaatkan udara sekitar di ruangan mana pun untuk menyaring, memproses, dan mengompres, kemudian pada akhirnya memberikan udara beroksigen murni kepada pasien yang membutuhkan.

Namun, karena banyaknya variasi oksigen konsentrator di pasaran, mungkin sulit untuk memilih yang tepat untuk kebutuhan Anda. Beberapa pengguna mungkin lebih menyukai konsentrator portabel yang ringan, sementara yang lain memprioritaskan daya dan laju aliran yang tinggi. Yang lain lagi merasa bahwa pertimbangan terpenting adalah seberapa keras konsentrator saat digunakan.

Memilih oksigen konsentrator yang tepat bisa tampak rumit, tetapi ketika Anda mempertimbangkan pada setiap fitur dan kebutuhan pengguna, sebenarnya tidak terlalu sulit. Jika Anda masih ragu untuk memilih oksigen konsentrator mana yang akan di beli, Anada bisa konsultasikan ke dokter untuk lebih lanjut.