Kebijakan bebas masker di luar ruangan sudah diterapkan di Indonesia sejak beberapa bulan lalu, langkah ini diharapkan pemerintah Indonesia sebagai awal transisi dari pandemi menuju endemi. Meski begitu beberapa tempat fasilitas umum masih diharuskan untuk mengenakan masker seperti di stasiun, bandara, transportasi umum dan lain-lain.

Masker kain atau masker medis biasa diyakini bisa menyaring lebih banyak partikel di udara, namun masker KN95 dan N95 memiliki standar yang berbeda. Nah pada artikel kali kami akan bahas perbedaan masker KN95 dengan N95 dan mana yang lebih baik proteksinya.

Perbedaan Masker N95 dan KN95

Masker KN95

Masker KN95 dianggap setara dengan masker N95, namun masker ini menampilkan bentuk yang berbeda dengan N95, memiliki jahitan di bagian tengah yang memungkinkan untuk melipat masker menjadi dua. Beberapa orang lebih suka masker KN95 karna lebih mudah untuk bernafas, tidak terlalu mengganggu dan menyesakkan daripada N95. Masker KN95 berasal dari China dengan sertifikasi standar Cina. Masker ini dinilai dapat menyaring 95 persen partikel yang sangat kecil.

  • Partikel yang disaring: 95%
  • Tidak disetujui National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH)
  • Pengguna: Siapa saja
Perbedaan Masker N95 dan KN95

Masker N95

Masker N95 telah populer sejak tahap awal pandemi pada tahun 2020. Masker ini dianggap sebagai standar penutup wajah di dunia medis dan bahkan bisa digunakan pada industri lain seperti konstruksi, pertambangan, pemrosesan makanan dan lain-lain. Masker ini memiliki segel yang sangat ketat di sekitar hidung dan mulut, berkat ikat kepala elastis dan pita logam yang dapat disesuaikan di atas hidung.

masker N95 diproduksi melalui pemeriksaan dan sertifikasi ketat yang ditetapkan oleh National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) yang dimaksudkan untuk digunakan dalam dunia medis juga harus disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk tujuan medis. Sebuah studi dalam Journal of American Medical Association menyebut N95 sebagai "perlindungan utama terhadap patogen di udara".

  • Partikel yang disaring: 95%
  • Disetujui oleh National Institute for Occupational Safety and Health NIOSH
  • Pengguna: Siapa saja yang ingin memaksimalkan perlindungan
Perbedaan Masker N95 dan KN95

Apakah Masker KN95 dan N95 Sama?

penjelasan singkatnya, masker N95 adalah standar Amerika untuk masker respirator sedangkan masker KN95 adalah standar masker China. Banyak pengguna yang paling peduli dengan nilai persentase partikel yang saring oleh masker. Pada dasarnya, masker respirator N95 dan KN95 adalah sama. Kedua masker ini dinilai mampu menyaring partikel kecil hingga 95% (tepatnya partikel berukuran 0,3 mikron).

Untuk memahami perbedaan lainnya antara masker N95 dan KN95, berikut ini adalah tabel perbandingan untuk kedua masker tersebut.

Perbedaan Masker N95 dan KN95

Sebagian besar perbedaan ini kecil dan terabaikan bagi rata-rata pengguna masker. Namun, inilah perbedaan utamanya:

1. Untuk mendapatkan sertifikasi sebagai masker KN95, pemerintah China mewajibkan produsennya untuk melakukan uji kesesuaian masker khusus pada manusia nyata dengan kebocoran 8%. Standar masker N95 tidak mengharuskan produsen untuk menjalankan tes kecocokan.

Ini tidak berarti bahwa uji kecocokan tidak membantu. Banyak rumah sakit dan perusahaan mengharuskan pekerja mereka untuk menjalani tes kesehatan. Namun, itu adalah persyaratan dari perusahaan itu sendiri, bukan untuk sertifikasi NIOSH AS pada topeng tersebut.

2. Masker N95 memiliki persyaratan yang sedikit lebih ketat untuk penurunan tekanan saat menghirup. Itu berarti pengguna masker N95 harus sedikit lebih bernapas daripada masker KN95.

3. N95 juga memiliki persyaratan yang sedikit lebih ketat untuk penurunan tekanan saat menghembuskan napas, yang akan membantu dengan kemampuan bernapas.

Nah itulah beberapa perbedaan antara masker KN95 dengan masker N95, kedua masker tersebut memiliki perbedaan mulai dari bentuk, harga dan sertifikat standarisasi. Jika Anda perawat kesehatan atau tenaga medis menggunakan masker KN95 atau N95 sudah cukup untuk melindungi dari bahaya partikel yang masuk. Namun jika Anda kesulitan untuk menemukan masker tersebut, Anda dapat membuat membuat atau menggunakan masker ganda dengan kombinasi masker bedan dan masker kain.


Sumber Referensi>
https://smartairfilters.com/en/blog/whats-difference-between-n95-kn95-masks/
https://www.nytimes.com/article/covid-masks.html
https://multimedia.3m.com/mws/media/1791500O/comparison-ffp2-kn95-n95-filtering-facepiece-respirator-classes-tb.pdf