Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam sel-sel tubuh. Zat tersebut dihasilkan oleh hati dan juga ditemukan di beberapa makanan yang kita konsumsi seperti daging dan susu. Meskipun kita membutuhkan sejumlah kolesterol agar tubuh tetap berfungsi secara normal, terlalu banyak kolesterol dalam darah justru dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit arteri koroner.

Dengan kolesterol tinggi, seseorang dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Pada akhirnya endapan ini terus tumbuh, sehingga membuat darah kesulitan mengalir melalui arteri. Terkadang endapan ini juga bisa tiba-tiba pecah dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Sementara itu kolesterol tinggi sebenarnya dapat diturunkan, hal ini disebabkan karena pilihan gaya hidup yang tidak sehat dapat dicegah dan diobati. Olahraga teratur dan diet sehat serta obat-obatan terkadang dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi.

Perbedaan kolesterol baik dan kolesterol jahat

Kolesterol diangkut melalui darah, melekat pada protein. Kombinasi ini (protein dan kolesterol) dikenal sebagai lipoprotein. Lipoprotein dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan apa yang dibawa lipoprotein. Mereka termasuk:

  • LDL atau Low-density lipoprotein: Juga dikenal sebagai kolesterol 'jahat' , LDL membawa partikel kolesterol ke seluruh tubuh kita. LDL menumpuk di dinding arteri, membuatnya menjadi lebih keras dan menyempit.
  • HDL atau High-density lipoprotein: Juga dikenal sebagai kolesterol 'baik', HDL, mengambil kelebihan kolesterol dan membawanya kembali ke hati.

Berikut ini adalah tabel yang mencantumkan tingkat total kolesterol, kolesterol jahat, kolesterol baik, dan trigliserida yang dapat diterima.


Kadar Kolesterol Dalam Darah

Gejala kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi seringkali tidak menunjukkan gejala apapun. Anda bisa saja memiliki kadar kolesterol tinggi selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya. Ketika tubuh Anda memiliki kolesterol tinggi, pada akhirnya menyebabkan penumpukan di dinding. Penumpukan ini dikenal sebagai plak yang dapat mengeras seiring dengan waktu dan mempersempit arteri.

Pada titik inilah masalah kesehatan dimulai. Seperti yang kita ketahui, tubuh perlu mentransfer sejumlah darah ke setiap organ. Ketika arteri menyempit, aliran darah ke organ dari jantung akan terhambat dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Plak yang mengeras juga dapat pecah berkeping-keping dan menyebabkan pembentukan bekuan darah yang benar-benar menghalangi jalur aliran darah. Dalam beberapa kasus, arteri mungkin benar-benar tersumbat dengan akumulasi plak.

Arteri yang tersumbat ke jantung karena salah satu alasan dapat menyebabkan serangan jantung. Demikian pula, arteri yang tersumbat ke otak dapat menyebabkan stroke. Satu-satunya cara untuk mendeteksi kolesterol tinggi adalah melalui tes darah secara teratur. Sayangnya, kebanyakan orang menemukan kadar kolesterol tinggi mereka hanya setelah mereka mengalami peristiwa atau gejala yang mengancam jiwa.

Apa yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi?

Ada beberapa penyebab kolesterol tinggi, antara lain ::

  • Diet: Kolesterol secara alami diproduksi oleh hati. Tetapi kita juga mendapatkannya dari makanan yang kita konsumsi, terutama olahan susu dan daging. Makan terlalu banyak dari olahan makanan ini dapat menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh..
  • Gaya Hidup : Obesitas adalah salah satu penyebab utama kolesterol tinggi. Hal ini semakin diperburuk oleh ketidakaktifan tubuh yang mengurangi kadar HDL (kolesterol baik) dalam tubuh.
  • Genetika : Genetika Anda juga dapat memengaruhi kadar kolesterol Anda. Penelitian menunjukkan bahwa kolesterol cenderung diturunkan oleh anggota keluarga, dan tidak juga menutup kemungkinan bahwa individu dengan kebiasaan makan yang baik dan gaya hidup aktif juga memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi.
  • Merokok : Beberapa penelitian juga membuktikan hubungan erat antara perokok dan kolesterol tinggi.

Bagaimana cara mengobati kolesterol yang tinggi?

Kolesterol tinggi diobati dengan perubahan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Dokter mungkin meminta Anda untuk lebih aktif dan melakukan olahraga yang ideal. Anda mungkin juga disarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung kolesterol jahat dan diet rendah kalori serta rendah lemak. Apabila Anda kelebihan berat badan, Anda akan diminta untuk menurunkan berat badan hingga masuk ke dalam kategori berat badan yang sehat untuk tinggi dan usia Anda.

Fokus pada makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, serta biji-bijian juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Batasi lemak trans dan lemak jenuh (susu dan olahan daging merah). Lemak tak jenuh tunggal (canola dan minyak zaitun) adalah pilihan yang lebih baik dan sehat. Sumber lemak sehat lainnya juga termasuk dalam kacang-kacangan, alpukat, dan ikan berminyak seperti salmon.

Meskipun kolesterol tinggi tidak menunjukkan tanda dan gejala yang jelas, Anda bisa mendiagnosisnya dengan tes darah sederhana. Dianjurkan agar pria dan wanita di atas usia 35 tahun harus memeriksakan kolesterol mereka secara rutin dari waktu ke waktu. Individu muda (20-35 tahun) juga memiliki faktor risiko tinggi sehingga harus memeriksakan kolesterolnya ke dokter untuk menghindari penyakit jantung. Namun bagi Anda yang tidak ingin repot pergi ke rumah sakit atau laboratorium klinik untuk mengecek kadar kolesterol dalam tubuh, Anda bisa melakukannya seorang diri di rumah dengan lat bantu cek kolesterol terbaik namun dengan harga yang relatif terjangkau dan dengan hasil yang akurat.

BeneCheck Prime Starter Kit - Alat Screening Kesehatan

Benecheck-3-in-1

BeneCheck Prime Starter Kit Multi-Monitoring meter adalah perangkat genggam yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda memeriksa Kolesterol, serta kadar Glukosa dan Asam Urat.


Spesifikasi Produk

- HCT Range lebih luas ( 0-70% )
- 3 Parameter dalam 1 alat ( CHOL, GLU, UA)
- Sample darah lebih sedikit sehingga hasil lebih cepat dan akurat
- Garansi seumur hidup (s&k berlaku)
- Tanpa code strip untuk pemeriksaan GLU
- Produk BeneCheck telah dipercaya dan digunakan diribuan puskesmas seluruh Indonesia
- Menggunakan 2buah baterai AAA yang mudah didapatkan
- Tombol eject untuk mengeluarkan strip tanpa disentuh tangan sehingga lebih higienis


Kelengkapan Produk

- Alat Screening Kesehatan Benecheck Prime
- Jarum 10pcs
- Lancet
- Kolestrol Isi : 5 Strip
- Gula Darah Isi : 10 Strip
- Asam Urat Isi : 10 Strip
- Pouch