Kehidupan sehari-hari yang menuntut melakukan banyak aktivitas cenderung membuat beberapa orang ingin melakukan hal serba instan sehingga menjadikan pola hidup tidak sehat.Obesitas merupakan suatu kondisi dimana penumpukan berlebih dari lemak tubuh yang dapat menyebabkan dampak kesehatan serius. Obesitas dapat meningkatkan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gangguan pernapasan, dan lainnya. Obesitas dalam medis didefinisikan dimana indeks massa tubuh (BMI) lebih besar dari 30.00.

Cara untuk menghindari obesitas atau kelebihan berat badan cukup mudah yaitu dengan merubah pola hidup menjadi lebih baik, beraktivitas fisik, jaga asupan makanan yang dikonsumsi, dan lainnya. Dalam artikel ini akan dibahas hal apa saja yang dapat mengobati obesitas atau mencegah obesitas.

Bagaimana Pengobatan Obesitas Dilakukan?

Perubahan Pola Makan

Perubahan pola makan merupakan hal yang paling utama dalam penurunan berat badan. Mengkonsumsi makanan lebih dari kalori harian dapat mengalami kenaikan berat badan. Oleh karena itu, biasanya penyedia layanan kesehatan akan merekomendasikan pola makan yang cocok untuk seseorang yang sedang menjalaninya.

Makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein rendah lemak, dan lainnya. Sangat dilarang untuk mengkonsumsi makanan cepat saji yang mengandung lemak tinggi, pengawet, dan lainnya yang memberikan dampak negatif terhadap tubuh.

Aktivitas Fisik

Selain perubahan pola makan, melakukan aktivitas fisik juga dapat membantu membakar lebih banyak kalori. Aktivitas fisik yang direkomendasikan yaitu selama 150-300 menit dengan intensitas sedang setiap minggunya, misal seperti berjalan cepat atau jogging. Jika sudah terbiasa maka bisa menambahkan intensitas yang lebih tinggi seperti berlari, angkat beban, sepak bola, dan lainnya.

Bagaimana Pengobatan Obesitas Dilakukan?

Modifikasi Perilaku

Modifikasi perilaku dan terapi dapat membantu mengatasi stigma yang terkait dengan berat badan dan mendukung dalam perubahan gaya hidup sehingga dapat mengelola obesitas. Perilaku tertentu seperti seberapa banyak yang dimakan, pola makan, atau cara makan itu semua dapat mempengaruhi berat badan.

Obat Penurun Berat Badan

Beberapa penyedia layanan kesehatan akan merekomendasikan obat-obat untuk membantu dalam menurunkan berat badan sehingga mampu mengelola obesitas. Obat-obatan tersebut tidak bekerja sendiri dan harus dikonsumsi dengan beraktivitas fisik, berolahraga, perubahan pola makan, dan lainnya.

Pengobatan Hormonal

Metode ini yaitu dengan cara disuntikan hormon di saluran pencernaan sehingga hormon tersebut dapat mengatur rasa kenyang pada tubuh dan kemudian dilepaskan untuk memberi sinyal pada tubuh untuk berhenti makan. Dilakukan pengobatan hormonal sehingga dapat mengurangi asupan makanan yang dikonsumsi dan mengurangi kalori yang masuk kedalam tubuh.

Bagaimana Pengobatan Obesitas Dilakukan?

Operasi

Operasi ini dipertimbangkan ketika terapi atau pengobatan lainnya tidak memberikan hasil yang baik. Operasi untuk mengobati obesitas yaitu dapat mengurangi jumlah makanan yang dicerna pada satu waktu sehingga dapat menyebabkan pembatasan kalori. Diiringi dengan perubahan diet dan olahraga, pembedahan lambung, bypass lambung, dan ikat lambung dapat menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan.

Apa Pengobatan Terbaik untuk Obesitas?

Tidak ada pengobatan yang terbaik hanya satu untuk obesitas. Setiap pengobatan memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Memerlukan perubahan gaya hidup yang konsisten untuk mendapatkan hasil yang optimal dan tahan lama. Memilih metode yang digunakan pun butuh waktu beberapa lama agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Oleh karena itu, perlunya penyesuaian metode saat ingin memulai dan mempertimbangkan pilihan untuk menemukan kombinasi metode yang tepat. Alangkah baiknya berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan untuk mengetahui metode mana yang cocok digunakan dan sesuai dengan kemampuan pasien agar lebih nyaman saat melakukannya.

Bagaimana Pengobatan Obesitas Dilakukan?

Pencegahan Obesitas

Cara untuk melakukan pencegahan kelebihan berat badan atau obesitas adalah dengan mempertahankan gaya hidup sehat seperti:

  • Makan-makanan sehat: Pilih makanan sehat, seperti biji-bijian utuh, buah-buahan dan sayuran, lemak sehat, dan protein rendah lemak. Serta kurangi makanan tidak sehat, seperti makanan olahan, permen, daging olahan, dan minuman bersoda.
  • Olahraga Teratur: Melakukan olahraga minimal 30 menit sehari seperti jogging, menari, berjalan, berenang, dan lainnya.
  • Tidak Merokok: Berhenti merokok dapat mencegah obesitas.
  • Kurangi Konsumsi Alkohol: Selain bahaya bagi kesehatan, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan obesitas karena alkohol mengandung gula yang cukup tinggi.

Dapat dikatakan obesitas jika indeks massa tubuh (BMI) diatas 30.0, oleh karena itu perlu diperhatikan selalu berat badan serta BMI agar tidak melebihi batas dan mencegah kelebihan berat badan. Pantau selalu berat badan menggunakan timbangan berat badan digital. Timbangan tersebut dapat dibeli di Galeri Medika secara langsung maupun online. Selain timbangan, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara dengan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/treatment-for-obesity-7971239
https://www.verywellhealth.com/the-difference-between-overweight-and-obesity-2509582