Kolesterol merupakan suatu jenis lemak yang ada di dalam tubuh manusia. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hormon, sel, dan vitamin. Kolesterol didalam tubuh berasal dari dua sumber utama yaitu diproduksi pada organ hati dan dari makanan yang dikonsumsi. Kolesterol yang berasal dari makanan yang dikonsumsi yaitu terbuat dari sumber hewani seperti susu, daging, keju, dan lainnya.

Meskipun kolesterol dibutuhkan oleh tubuh, tetapi jika terlalu banyak akan menimbulkan plak pada pembuluh darah sehingga dapat mengurangi aliran darah dan udara ke organ tubuh, sehingga dapat mengakibatkan masalah kesehatan bahkan menyebabkan penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, harus selalu menjaga kadar kolesterol didalam tubuh agar tidak membahayakan terhadap kesehatan.

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga menjaganya tetap normal, salah satunya adalah dengan dengan merubah pola makan dan merubah gaya hidup. Pilihlah makanan yang mengandung rendah kolesterol seperti kacang-kacangan, oat, gandum utuh, buah, sayur, dan dark coklat.

Apakah Dark Chocolate bisa Menurunkan Kolesterol?

Bagaimana Dark Coklat bisa Menurunkan Kolesterol?

Dark coklat mengandung lebih dari 300 bahan kimia didalamnya, namun yang paling utama adalah kafein, gula, dan kakao. Dark coklat merupakan salah satu dari banyak makanan yang telah terbukti secara uji klinis dalam menurunkan kolesterol. Hal tersebut karena dark coklat mengandung kakao yang kaya akan flavonoid. Kandungan flavonoid inilah yang dapat menurunkan kadar LDL dan memberikan efek perlindungan terhadap penyakit jantung. Selain itu, satu per tiga kandungan lemak pada coklat berbentuk asam stearat yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Dalam sebuah penelitian yang dikutip dari very well menjelaskan bahwa 320 orang partisipan menambahkan dark coklat ke dalam konsumsi makanan sehari-hari selama 2 hingga 12, hasilnya dark coklat mampu menurunkan LDL dan kolesterol total, tetapi tidak menurunkan kandungan HDL ataupun trigliserida.

Selain itu, mengkonsumsi dark coklat dapat efektif meningkatkan HDL pada pasien diabetes tipe 2. Menurut sebuah penelitian dijelaskan bahwa, mengkonsumsi coklat yang mengandung polifenol tinggi dapat mengalami peningkatan HDL secara signifikan dan penurunan kolesterol total.

Apakah Dark Chocolate bisa Menurunkan Kolesterol?

Kenapa Harus Dark Coklat? Bukan jenis lain?

Coklat memiliki berbagai macam jenis seperti milk coklat, white coklat, dan dark coklat. Jenis coklat yang dikonsumsi sangat penting dalam menawarkan manfaat kesehatan. Dark coklat mengandung kakao dua hingga 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan jenis coklat lainnya. Bahkan, beberapa coklat yang memiliki kualitas rendah mungkin memiliki lebih banyak tambahan lemak, gula, dan perisa buatan.

Dark coklat umumnya mengandung 50-90% kakao tanpa susu. Sedangkan milk coklat biasanya memiliki kandungan kakao sebesar 10-50% dan White coklat mengandung 20% mentega kakao, tetapi tidak mengandung kakao padat seperti dark dan milk coklat. Kandungan kakao yang lebih banyak pada dark coklat dapat memberikan coklat lebih enak dan lezat, tapi rasanya yang tidak semanis milk coklat dan white coklat.

Manfaat Dark Coklat

Dark coklat terbuat dari berbagai macam kakao, bubuk kakao, kakao cair, dan mentega kakao. Biji kakao sendiri memiliki lebih dari 300 senyawa kimia tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya polifenol, fenolik, stilben, flavonoid, kafein, teofilin, dan lainnya. Senyawa tersebutlah yang membuat Dark coklat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat dari dark coklat antara lain adalah:

Apakah Dark Chocolate bisa Menurunkan Kolesterol?

1. Melindungi Kesehatan Jantung

Kakao mengandung senyawa flavonoid yang baik bagi jantung. Senyawa flavonoid membantu mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa mengkonsumsi dark coklat dalam jumlah yang banyak dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular sebesar 37% dan stroke sebesar 29%.

2. Meningkatkan Profil Lipid

Sebuah penelitian menunjukan makan 2 gram dark coklat (kakao 70%) setiap hari selama enam bulan dapat meningkatkan HDL dan level trigliserida.

3. Menurunkan Resiko Diabetes

Mengkonsumsi dark coklat setiap hari dapat meningkatkan kadar glukosa darah puasa dan resistensi insulin. Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi coklat hitam setiap hari dapat membantu mengelola diabetes dan menurunkan resiko menjadi lebih parah.

4. Baik untuk Mikrobioma Usus

Penelitian menunjukan bahwa dark coklat memiliki efek prebiotik dan menata kembali keragaman serta komposisi mikrobioma usus. Mikrobioma inilah yang memainkan peran penting dalam penyakit dan kesehatan secara keseluruhan.

Apakah Dark Chocolate bisa Menurunkan Kolesterol?

5. Merubah Mood

Dark coklat dapat membantu meningkatkan mood, karena mikrobioma usus yang lebih baik. Keanekaragaman mikroba usus dikaitkan dengan emosi positif yang lebih tinggi dan membuat berkurangnya perasaan kesepian. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa orang yang mengkonsumsi dark coklat dengan 85% kakao mengalami peningkatan suasana hati.

6. Melepaskan Stres

Senyawa polifenol dalam kakao dapat membantu menurunkan hormon stres kortisol dan adrenalin. Hal tersebut tentunya berlaku bagi orang yang biasa saja ataupun yang sedang sangat stres.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan flavonoid dalam Dark coklat akan membantu melindungi neuron dan meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, kakao juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga dapat menawarkan perlindungan terhadap kondisi degeneratif seperti penyakit alzheimer dan parkinson.

Apakah Dark Chocolate bisa Menurunkan Kolesterol?

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sifat antioksidan pada dark coklat bisa membantu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat membantu melindungi dari kematian sel dan banyak penyakit termasuk kanker serta efek penuaan.

9. Meningkatkan Aktivitas

Senyawa dalam Dark coklat mampu meningkatkan nitrit oksida dalam darah. Hal tersebut bermanfaat dalam meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kebutuhan oksigen saat olahraga. Hal tersebut membuat Kamu dapat bergerak lebih lama.

Mengkonsumsi dark coklat memang baik bagi kesehatan, tetapi bukan berarti Kamu harus mengkonsumsinya setiap saat. Salah satu manfaat dari dark coklat adalah mampu menurunkan kolesterol didalam tubuh. Menjaga kadar kolesterol tetap normal didalam tubuh dapat meningkatkan kesehatan dan menghindari dari penyakit yang berbahaya. Pantau kandungan kolesterol dalam tubuh menggunakan alat cek kolesterol. Alat tersebut dapat dibeli di Toko Galeri Medika secara online maupun langsung. Selain alat cek kolesterol, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/what-is-cholesterol-5188323
https://www.verywellhealth.com/can-dark-chocolate-lower-your-cholesterol-697707
https://www.verywellhealth.com/dark-chocolate-8414141