Sebelum pengobatan di perlukan pemeriksaan hidung dan tenggorokan untuk melihat letak sumbatan. Oleh karena itu sebaiknya Anda ke dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan agar bisa di tegakkan diagnosis dan penyebab, sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.

Tips mengatasi mendengkur yang ampuh

Beberapa cara mengatasi mendengkur dapat Anda lakukan sesuai dengan penyebabnya. Mulai dari kontrol berat badan hingga menggunakan alat bantu, cobalah cara di bawah ini agar dengkuran Anda lekas berhenti:

Hindari Tidur Telentang

Agar tidak mendengkur, cobalah untuk tidur menghadap samping dan tidak telentang. Tidur dengan posisi telentang akan membuat lidah, dagu, dan jaringan lemak berlebih yang terletak di bawah dagu dapat menekan jalur udara sehingga timbul suara dengkuran. Dengan tidur menghadap samping, hal ini dapat dicegah.
Anda juga disarankan untuk menambah tinggi bantal untuk membantu proses bernapas dan menstimulasi lidah dan rahang untuk maju sehingga suara dengkuran berkurang.

Kontrol Berat Badan

Masalah mendengkur sering dikaitkan dengan kelebihan berat badan. Terutama jika lingkar leher melebihi 43 cm. Pastikan untuk menjaga berat badan seimbang dan berbicaralah dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

Hindari Minuman Beralkohol

Dampak buruk alkohol lainnya adalah membuat otot lidah dan tenggorokan Anda lemas. Inilah yang membuat Anda tidur mendengkur. Jadi, hindari minuman beralkohol dan terapkan pola konsumsi minuman yang lebih sehat.

Gunakan Alat Bantu

Philips DreamStation Auto CPAP merupakan alat yang digunakan untuk pasien yang menderita Sleep Apnea / gangguan tidur atau mendengkur. Dilengkapi fitur "C-Flex dan Smart Ramp" memungkinkan anda untuk menyesuaikan tingkat pengurangan tekanan udara yang Anda rasakan ketika Anda menghembuskan napas selama terapi dan juga memungkinkan Anda tertidur dengan lebih nyaman, disertai dengan penggunaan Masker DreamWear (optional) menawarkan banyak manfaat. Masker hidung dan bantal untuk memungkinkan pasien mendapatkan yang terbaik dari kedua jenis masker. Memungkinkan lebih banyak kebebasan bergerak dan lebih nyaman, pasien DreamWear merasa seperti tidak mengenakan masker sama sekali.

Cara Pemakaian DreamStation Auto CPAP

Video selengkapnya bisa Anda lihat DISINI

 

Sumber Referensi ▾

https://www.sehatq.com/artikel/cara-efektif-hentikan-kebiasaan-mendengkur
https://www.philips.co.id/healthcare/product/HCNOCTN447/dreamstation-cpap-bipap-cpap-bi-level-therapy-systems