Makan adalah kegiatan memasukkan makanan atau sesuatu ke dalam mulut untuk menyediakan nutrisi bagi manusia binatang dan makhluk hidup, dan juga energi untuk bergerak serta pertumbuhan. Makan yang bayak memiliki dampak negatif bagi kesehatan antara lain:



1. Meningkatkan lemak dan berat badan tubuh

Makan yang berlebih akan meningkatkan berat badan tubuh merupakan pernyataan yang tidak asing dan pasti akan terjadi. Makan yang berlebih akan menyimpan banyak sekali cadangan lemak di dalam tubuh. Penumpukan lemak dapat terdistribusi ke berbagai organ tubuh dan menimbulkan kondisi medis tertentu. Apabila lemak menumpuk di organ hati contohnya, maka akan terjadi gagal hati. Bila lemak menumpuk di pembuluh darah, maka akan menimbulkan serangan jantung.

2. Kesehatan mental terganggu

Banyak makan juga bisa berdampak pada kesehatan mental. Peningkatan berat badan bisa saja membuat Anda menjadi tidak percaya diri dan membuat anda merasa tidak berharga. Kemudian persepi yang buruk tentang diri sendiri akan mempengaruhi psikologis anda seperti lebih cemas dan depresi.

3. Meningkatkan gula darah

Makan yang berlebihan terutama karbohidrat dan gula akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh kemudian fungsi insulin menjadi berkurang dan berisiko mengalami diabetes.
Tahukah kamu bahwa penderita diabetes di Indonesia lebih dari 21 juta jiwa? Iya hampir 10 persen dari total penduduk di Indonesia. Hal ini sangat berbahaya karena ini bisa jadi akibat dari sebuah budaya Indonesia yang menyebabkan penderita diabetes sangat banyak yang harus kita hentikan.

4. Memicu penyakit kanker.

Terutama bagi anda yang sering makan makanan junk food seperti burger dan produk olahan lainnya, akan menimbulkan zat karsinogen yang memicu timbulnya kanker di dalam tubuh.
Dari 100.000 penduduk di Indonesia, sebanyak 136,2 orang merupakan penderita kanker. Angka tersebut tentu bukan jumlah yang kecil. Pada tahun 2013, disebutkan bahwa jumlah penderita kanker di Indonesia berada pada angka 1,4 per 1.000 penduduk, dan jumlah tersebut naik menjadi 1,79 per 1000 penduduk pada tahun 2018. Hal ini berarti masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak melakukan gaya hidup sehat.

5. Mudah lelah

Jika anda makan secara berlebihan dan menjadi obesitas, tubuh akan mudah lelah karena untuk mengangkat tubuhnya saja sudah memerlukan banyak tenaga.

6. Berisiko penyakit ginjal

Saat anda makan yang berlebihan, Fungsi ginjal menjadi tidak berjalan normal karena ginjal dipaksa untuk bekerja menyaring protein lebih banyak dan membuang racun lebih banyak. Sehingga timbul penyakit yang berbahaya pada ginjal seperti batu ginjal.

7. Menurunkan kemampuan otak

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kalori dalam jumlah banyak bisa meningkatkan risiko kehilangan ingatan, mengalami gangguan kognitif ringan, dan memiliki kinerja kognitif yang lambat di masa yang akan datang.

Ada beberapa hal mengapa anda lebih banyak makan seperti:



1. Kurang tidur

Kurang tidur membuat seseorang menjadi tidak bisa mengendalikan nafsu makannya dan mudah lelah. Kelelahan pada akhirnya juga bisa meningkatkan risiko terjadinya stres. Stres selanjutnya juga bisa memengaruhi keinginan makan seseorang. Ada beberapa orang yang melampiaskan stresnya pada makanan sehingga Ia cenderung makan lebih banyak.

2. Terlalu lapar

Apabila anda melewatkan satu jam makan seperti sarapan maka anda akan membalasnya dengan makan siang yang cukup banyak.
Penelitian yang dilakukan di Cornell University juga menemukan bahwa orang yang melewatkan waktu makan dan membuat tubuhnya kelaparan malah akan mengambil 31% lebih banyak junk food dibandingkan dengan orang yang makan camilan sebagai pengganjal sebelumnya ketika memilih makanan.

3. Makan sambil melakukan aktivitas lainnya

Seberapa sering Anda makan sambil bermain gadget, menonton televisi, atau memainkan laptop? Atau bahkan pernah makan sambil bekerja di depan komputer? Tahukah Anda justru menjadi multitasking saat makan mengurangi kemampuan tubuh untuk merasakan jumlah makanan yang Anda makan. Dengan begini, seberapa penuh makanan yang masuk ibaratnya tidak terasa dan ini yang bisa jadi penyebab makan berlebihan.
Penelitian menunjukkan bahwa makan sambil menonton membuat Anda mengonsumsi makanan lebih banyak dan mengurangi kemampuan mengingat berapa banyak makanan yang sudah dimakan. Padahal ilmuwan mengatakan bahwa mengingat seberapa banyak makanan yang sudah dimakan dapat meningkatkan kesadaran tentang betapa mengenyangkan makanan itu, sehingga ini akan berdampak pada jumlah makanan yang dikonsumsi selanjutnya.


Itulah dampak makan banyak dan penyebab anda makan berlebihan. Perlu diingat bahwa sesuatu yang berlebihan sangatlah tidak baik bahkan makan dan minum sekalipun. Makan makanan 4 sehat 5 sempurna dengan cukup. Yang terpenting makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang itu menjadi salah satu kunci hidup sehat manusia.