Tourniquet adalah alat yang memberikan tekanan untuk anggota tubuh secara ekstremitas untuk membatasi namun tidak memberhentikan aliran darah. Alat ini dapat digunakan dalam keadaan darurat, dalam operasi, atau dalam rehabilitasi pasca operasi. Bahkan ketika digunakan dengan benar, komplikasi dari tourniquet dapat menyebabkan kerusakan jaringan yang parah. Namun, dalam kasus perdarahan hebat dan keadaan darurat hidup atau mati, menggunakan tourniquet dengan benar adalah cara yang efektif untuk menghentikan pendarahan dan menjaga orang yang terluka stabil hingga mereka dapat menerima perhatian medis yang tepat.

Jika Anda adalah responden pertama atau profesional medis darurat, Anda mungkin akan memiliki tourniquet. Namun, jika Anda adalah warga sipil yang mengalami skenario darurat, Anda kemungkinan tidak memiliki tourniquet yang tersedia dan perlu pengetahuan lebih. Penelitian telah menunjukkan bahwa Tourniquet dengan improvisasi efektif hingga 60 persen. Meskipun kedengarannya tidak meyakinkan, selama Anda memiliki bahan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menggunakan Tourniquet improvisasi dengan benar dalam situasi darurat, segala upaya untuk menghentikan pendarahan kemungkinan akan lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa.

Untuk memasang tourniquet, Anda akan membutuhkan dua barang yaitu perban segitiga dan tongkat. Barang-barang lain yang mungkin Anda miliki yang dapat digunakan termasuk ikat pinggang, kemeja, atau handuk.


Menerapkan Tourniquet

Siapa pun dapat menggunakan tourniquet. Meskipun Anda tidak memerlukan sertifikasi atau pelatihan medis resmi atau khusus, Anda perlu memahami cara menggunakannya dengan benar. Langkah pertama yang perlu Anda ambil dalam keadaan darurat apa pun adalah menelepon 118 atau 119 untuk memperingatkan layanan darurat. Jika orang lain bersama Anda, delegasikan tugas untuk membuat panggilan 118 atau 119 kepada mereka saat Anda merawat orang yang terluka.



Tourniquets dapat digunakan untuk cedera tungkai dan tidak dapat digunakan untuk cedera pada kepala atau dada. Cedera pada kepala atau dada membutuhkan penerapan tekanan dengan bahan yang dapat menyerap darah untuk memperlambat atau menghentikan pendarahan.

Menggunakan tourniquet hanya dimaksudkan sebagai tindakan penghenti celah untuk mengulur waktu saat Anda menunggu petugas medis tiba. Jika seseorang mengalami pendarahan hebat dan bantuan tidak ada di dekatnya, mereka mungkin kehabisan darah sebelum penolong pertama dapat tiba dan memberikan perawatan medis yang diperlukan.

Dengan menerapkan tourniquet, tujuan Anda adalah membatasi aliran darah ke anggota tubuh yang terluka untuk mencegah kehilangan darah berlebihan yang mengancam jiwa.


1. Temukan Sumbernya

Sebelum Anda menerapkan tourniquet, Anda perlu menentukan sumber perdarahan. Dalam beberapa kasus, seperti amputasi anggota tubuh. Cedera lain mungkin tidak terlihat pada awalnya, terutama jika ada puing-puing, pakaian compang-camping, atau benda lain yang menghalangi pandangan Anda.

Jika memungkinkan, suruh orang yang terluka berbaring sehingga Anda dapat mengetahui mereka dari ujung kepala sampai ujung kaki. Cobalah tetap tenang dan fokus, karena Anda harus menemukan sumber perdarahan secepat mungkin.


2. Berikan Tekanan

Setelah Anda menentukan sumbernya, mulailah dengan memberikan tekanan langsung pada luka untuk mengendalikan perdarahan. Jika perdarahan gagal melambat atau berhenti ketika tekanan diberikan, Anda perlu mengencangkan tourniquet.

Jika orang yang terluka sadar dan waspada, beri tahu mereka bahwa Anda akan menggunakan tourniquet untuk cedera mereka. Sayangnya, proses penggunaan tourniquet mungkin sangat menyakitkan, dan orang tersebut mungkin sudah sangat kesakitan. Biarkan orang itu tahu bahwa menerapkan tourniquet akan menyakitkan tetapi itu dapat menyelamatkan anggota badannya.

Selanjutnya, potong, sobek, atau lepaskan pakaian apa pun di dekat luka. Tourniquet perlu diaplikasikan pada kulit kosong.


3. Posisikan Tourniquet

Posisikan kain, handuk, atau bahan lain yang akan digunakan untuk tourniquet pada tungkai beberapa senti di atas cedera. Anda harus menempatkan tourniquet di bagian anggota tubuh yang paling dekat dengan jantung. Misalnya, jika cedera di bawah lutut atau siku, Anda harus mengikat tourniquet di atas sendi.

Gunakan simpul persegi yang umum seperti mengikat tali sepatu Anda, untuk mengikat tourniquet di sekitar tungkai.

Palang Merah merekomendasikan menempatkan tourniquet sekitar lima senti di atas luka dan tidak pernah langsung pada sendi.


4. Tandai Waktu

Tourniquets hanya dapat diterapkan untuk periode waktu tertentu alias tidak lebih dari dua jam. Oleh karena itu, sangat penting bagi responden pertama dan staf medis yang merawat cedera untuk mengetahui kapan Anda menggunakan tourniquet.




Kesalahan penggunaan Tourniquet

Berikut ini adalah kesalahan potensial yang perlu diperhatikan saat menerapkan tourniquet:

  • Menunggu terlalu lama. Anda harus segera mengatasi pendarahan hebat agar tourniquet berhasil. Ketika orang yang terluka kehilangan terlalu banyak darah, mereka mungkin akan syok.
  • Aplikasi longgar. Tourniquets yang longgar tidak efektif karena mereka gagal membatasi aliran darah arteri.
  • Tidak menerapkan tourniquet kedua . Satu tourniquet biasanya cukup untuk mengendalikan perdarahan hebat, namun, seseorang dengan lengan besar mungkin memerlukan tourniquet kedua.
  • Melonggarkan. Membatasi dan melonggarkan tourniquet daripada terus-menerus membuat darah memungkinkan untuk masuk kembali ke cedera. Jika darah mengalir kembali ke luka, itu bisa merusak pembuluh darah.
  • Meninggalkan terlalu lama. Tourniquet tidak boleh dibiarkan lebih dari dua jam. Ketika diterapkan untuk waktu yang lebih lama, Tourniquet dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otot, saraf, dan pembuluh darah.
  • Menggunakan bahan yang salah. Bahan-bahan yang tidak pantas, seperti tali, dapat memotong kulit. Tidak hanya ini membuat tourniquet tidak efektif, tetapi juga dapat menyebabkan lebih banyak rasa sakit atau mengakibatkan cedera lebih lanjut.

Cara terbaik untuk mencegah kesalahan adalah dengan diberitahu tentang cara menggunakan tourniquet dan mempraktikkan teknik yang tepat untuk menerapkannya.



Tourniquet / Turniket