Banyak juga penyakit yang bisa ditimbulkan akibat orang yang tidak memiliki pohon di sekitar rumahnya. Maka dari itu, sebaiknya banyak-banyak menanam pohon kalau tidak ingin mengalami penyakit yang berbahaya.

 

1. Membuat udara jadi lebih segar

 

 

Pohon dan Rumah

 

 

Pohon adalah penyaring udara di bumi. Dengan daun dan batangnya, pohon menyerap gas dan komponen berbahaya di udara lalu mengeluarkan oksigen, sehingga membantu kita untuk bernapas.

Di kota-kota besar, pohon biasanya juga menyerap gas polusi yang dihasilkan kendaraan seperti nitrogen oksida, ozon, dan karbon monoksida. Selain itu, debu dan asap lainnya pun akan disingkirkan olehnya. Penyakit akibat polusi seperti ISPA, pneumonia, asma, radang paru-paru dan bahkan sampai penyakit jantung bisa diatasi bila di sekitar rumah kita ditanami dengan banyak pohon.

 

2. Menjaga kesehatan mental

Tinggal di area yang rindang dan banyak pepohonan, baik untuk kesehatan mental. Mendekatkan diri dengan alam, juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan mengurangi stres yang kita rasakan. Maka dari itu kebanyakan orang dari kota setelah bekerja dengan keras, mereka akan biasanya mengunjungi tempat yang banyak pepohonan agar stres akibat pekerjaan yang menumpuk di kantor bisa hilang seketika.

3. Mengurangi paparan sinar UV ke kulit

Di negara tropis seperti Indonesia dengan paparan sinar matahari yang berlimpah, ada satu risiko yang juga meningkat, yaitu tingginya paparan sinar ultraviolet. Padahal paparan sinar tersebut secara terus-menerus ke kulit, bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

Pohon mampu mengurangi paparan sinar UVB sebanyak 50% dan menurunkan risiko kita terkena dampak negatif sinar tersebut. Selain itu kita bisa juga mendapatkan kulit yang sehat bila kita tidak terlalu sering terkena sinar matahari salah satu caranya adalah dengan berteduh di bawah pohon yang rindang.

4. Mencegah polusi air

Saat hujan lebat atau badai, air yang turun ke bumi berisiko membawa polutan berupa fosfor dan nitrogen. Jika tidak ada pohon, polutan tersebut akan langsung mengalir ke laut tanpa penyaringan.

Sementara itu, jika banyak pohon yang ditanam, maka air hujan yang turun akan tersaring dan mampu meresap ke dalam tanah. Dengan begitu, ia tidak akan mencemari laut dan air sungai.

Dengan air yang bersih, kebutuhan manusia akan air bersih bisa terpenuhi yang mana air bersih sangat berguna untuk kebutuhan manusia sehari-hari

5. Menambah cadangan air tanah

Pohon bisa melindungi air yang disimpan di dalam tanah agar tidak terlalu cepat menguap. Sehingga, cadangan air tanah kita bisa tetap terjaga. Selain itu, pohon hanya membutuhkan 15 galon air untuk bertahan setiap minggunya, tapi bisa membantu menghasilkan 200-450 galon air per hari. Itu artinya, dengan air yang cukup, pohon bisa menghasilkan air di dalam tanah yang berkualitas hingga berkali-kali lipat. Jadi masih ragu untuk menanam pohon.

6. Menjaga populasi makhluk hidup

Satu batang pohon, bisa menjadi rumah dari puluhan bahkan ratusan jenis makhluk hidup mulai dari burung, serangga, reptil, jamur, dan termasuk tumbuhan-tumbuhan lainnya. Tanpa adanya pohon, berbagai makhluk hidup tersebut akan kehilangan rumahnya. Sehingga kita sulit sekali untuk mendapatkan asupan makanan hewani seperti daging ayam, dan telur ayam. Dan hal ini juga dapat membuat anak cucu kita tidak tahu banyak akan hewan di sekitar karena pohon sebagai tempat tumbuhnya hewan-hewan akan berpindah

7. Mencegah banjir

Akhir-akhir ini berita tentang banjir selalu menghiasi layar kaca. Banyak sekali orang yang mendapatkan dampak dari musibah ini, dan harus kehilangan harta bendanya. Sehingga, langkah pencegahan banjir perlu dilakukan dari sekarang. Tak hanya harta benda, risiko penyakit yang muncul akan terjadi pada anggota keluarga Anda, seperti diare, kolera, demam berdarah.

Mencegah banjir adalah tanggung jawab kita semua. Anda bisa memulainya dengan langkah-langkah sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan dan mulai menanam pohon, setidaknya di halaman rumah sendiri.

Selain itu disebutkan bahwa menanam pohon di area bantaran kali bisa mengurangi ketinggian air banjir hingga 20 persen.

8. Mencegah erosi tanah

Apa yang terjadi jika tanah sampai erosi? Bencana longsor akan muncul. Sebab, pada tanah yang gersang dan lapang tanpa pohon, hujan lebat bisa memberikan tekanan yang begitu besar langsung ke dasar. Jika ada pohon, maka tekanan dari hujan lebat tersebut bisa tersaring. Hasilnya, tekanan tersebut sudah berkurang ketika sampai tanah. Sehingga, risiko longsor pun rendah.
Jika pohon berkurang apalagi berada di dataran tinggi, bukan tidak mungkin risiko tanah longsor dan memakan korban jiwa bisa terjadi.