Studi dari Northwestern University yang berfokus pada bimusicality menyebutkan bahwa, seseorang yang terbiasa mendengarkan dua jenis musik atau lebih memiliki kinerja otak dan kemampuan linguistik yang cukup baik, dibandingkan mereka yang hanya mendengarkan sedikit jenis musik. Itulah makanya mendengarkan genre musik apa saja bisa menyehatkan otak, karena mendengarkan musik merupakan salah satu bentuk aktivitas yang melibatkan fungsi bagian otak kita.

Setiap genre memiliki manfaatnya, dan kita dapat memanfaatkannya dengan mencampur daftar putar lagu kita sesekali. Tidak hanya memungkinkan kita untuk menemukan favorit baru, tetapi kesehatan dan kesejahteraan fisik dan psikologis kita mungkin juga terpengaruh secara positif akibat mendengarkan lagu berbagai genre.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari mendengarkan musik berdasarkan genrenya


Mendengarkan Musik



Alasan yang sangat bagus untuk mendengarkan musik jazz karena ini bisa membuat otak Anda rileks.


Musik downtempo (sekitar 60 denyut per menit dalam kasus ini) dapat menyebabkan otak selaras dengan irama dan menciptakan gelombang otak alfa. Ombak ini sering hadir ketika kita bangun, tetapi lebih santai. Mendengarkan jazz yang lembut, terutama dikombinasikan dengan suara alam seperti air terjun atau angin yang berhembus, bisa sangat menenangkan jiwa Anda


Alasan yang sangat bagus untuk mendengarkan metal adalah karena mungkin baik untuk perasaan Anda.


Sebuah penelitian yang dirilis tahun lalu menentukan orang-orang yang diidentifikasi sebagai penggemar heavy metal di masa muda mereka tumbuh untuk memiliki rasa identitas yang kuat, bakat untuk pengembangan masyarakat, dan kecil kemungkinannya untuk hidup dengan penyesalan.


Alasan yang sangat bagus untuk mendengarkan musik klasik yaitu karena ini dapat mencegah terjadinya suatu kejahatan.


Pada tahun 2003, staf kota di London mulai memutar rekaman musik klasik di beberapa lokasi stasiun kereta. 18 bulan kemudian terbukti bahwa, vandalisme turun 37%, perampokan turun sekitar 33%, dan serangan terhadap staf turun 25%. Stateside, Minneapolis dan Portland kini telah menguji gagasan bermain musik klasik di stasiun kereta ringan untuk suatu mencegah kejahatan di tempat publik.

Para ahli memiliki beberapa teori mengapa itu bisa terjadi.

Pertama musiknya mungkin begitu santai dan menenangkan, sehingga penjahat hanya mengatakan, "Lulus" Atau korelasinya mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa pemberhentian itu tampaknya dijaga.

Kedua ada lebih banyak perasaan kebersamaan, dan Anda cenderung melakukan sesuatu ketika Anda berpikir seseorang melihat Anda. Bahkan jika seseorang itu adalah seorang pembicara yang menggelegar.


Alasan yang sangat bagus untuk mendengarkan rap karena mungkin membantu Anda dalam memerangi depresi.


Banyak lagu rap dan hip-hop menceritakan kisah seseorang yang mengalahkan rintangan atau mengatasi rintangan yang cukup berat. Menurut para peneliti di Universitas Cambridge, dengan mendengarkan musik rap dan hip-hop dapat menjadi alat yang bermanfaat bagi orang yang mengalami depresi atau masalah kesehatan mental lainnya. Gambaran visual positif ini dapat membantu orang membayangkan tempat mental yang mereka inginkan dan memungkinkan mereka untuk memfasilitasi kemajuan menuju tujuan hidup seseorang.


Alasan yang sangat bagus untuk mendengarkan musik pop yaitu dapat memberi Anda tambahan daya tahan selama latihan.


Selama upaya aerobik yang menantang atau terutama melelahkan seperti bejalan di treadmill atau bersenam sebuah studi tahun 2009 mengungkapkan bahwa mendengarkan hit rock atau pop dapat meningkatkan daya tahan dan mungkin meningkatkan kinerja fisik seseorang. Genre ini mungkin benar-benar mengalihkan perhatian Anda saat Anda sedang bekerja, memungkinkan Anda untuk bekerja ekstra secara harfiah.


Alasan yang sangat bagus untuk mendengarkan musik country karena ini mungkin membawa Anda ke dalam sukacita.


Ini dapat berlaku untuk semua orang dan meskipun tampaknya tidak ada studi khusus tentang manfaat kesehatan atau kesejahteraan dalam mendengarkan musik country, ada dua penulis lagu country yang bagus untuk Anda yang tidak ada salahnya untuk mencoba, yaitu Loretta Lynn dan Johnny Cash. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba mendengarkan musik country dari penyanyi lain


Alasan yang sangat bagus untuk mendengarkan musik dangdut karena ini mungkin membuat Anda lebih bisa merasakan bersyukur.


Hal yang membuat musik dangdut sangat mudah mengena di hati masyarakat adalah karena liriknya yang dekat dengan situasi kehidupan saat ini. Meski terkadang mendapat cap negatif namun pada kenyataannya musik ini memang bisa mengungkapkan isi hati dari masyarakat kalangan menengah ke bawah selain bisa memberikan manfaat rekreasi. Dari mulai tema cinta, rumah tangga, perselingkuhan dan masih banyak lagi membuat musik dangdut sering digunakan masyarakat bisa lebih bersyukur.

Itulah kelebihan dari masing-masing genre musik. Ketika Anda menyalakan musik, jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Apakah ada genre yang Anda singkirkan bertahun-tahun yang lalu setelah tragedi atau hanya sesuatu yang belum pernah Anda pahami, mungkin perlu untuk melihat kembali daftar putar lainnya yang belum Anda ketahui.