Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama di masa mewabahnya virus Covid-19 seperti sekarang.

Makanan yang sehat dan seimbang memainkan peran penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Makanan berikut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh:


1. Blueberry


Buah Blueberry untuk Daya tahan tubuh


Blueberry memiliki sifat antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Blueberry mengandung jenis flavonoid yang disebut anthocyanin, yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Sebuah studi tahun 2016 mencatat bahwa flavonoid memainkan peran penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan makanan kaya flavonoid lebih kecil kemungkinannya kedapatan infeksi saluran pernapasan atas, atau pilek, daripada mereka yang tidak.


2. Cokelat hitam


Coklat hitam mengandung antioksidan yang disebut theobromine, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi tubuh ketika memecah makanan atau bersentuhan dengan polutan. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat berkontribusi pada penyakit seperti kanker.

Terlepas dari potensi manfaatnya, cokelat hitam memiliki kalori dan lemak jenuh yang tinggi, jadi penting untuk memakannya dalam porsi yang cukup.


3. Kunyit


Kunyit adalah bumbu kuning yang banyak digunakan orang untuk memasak bahan masakan ini juga ada dalam beberapa obat alternatif. Mengkonsumsi kunyit dapat meningkatkan respons kekebalan seseorang. Ini disebabkan oleh kualitas curcumin, senyawa dalam kunyit. Menurut ulasan tahun 2017, curcumin memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Jadi cobalah gunakan kunyit selalu dalam masakan Anda terutama ketika pandemi ini berlangsung.


4. Ikan yang mengandung minyak


Salmon, tuna, dan ikan berminyak lainnya merupakan sumber asam lemak omega-3 yang kaya. Menurut laporan 2014 , asupan jangka panjang asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko rheumatoid arthritis (RA).

RA adalah kondisi autoimun kronis yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang bagian tubuh yang sehat.


5. Brokoli


Brokoli adalah sumber vitamin C lainnya. Ini juga mengandung antioksidan kuat, seperti sulforaphane. Karena alasan ini, sayuran merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi secara teratur untuk mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh.


6. Bayam


Bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung banyak nutrisi penting dan antioksidan, termasuk:


• flavonoid
• karotenoid
• vitamin C
• vitamin E


Vitamin C dan E dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa flavonoid dapat membantu mencegah flu biasa pada orang sehat.

Namun yang perlu diingat jangan makam sayur bayam yang sudah dimasak dan didiamkan hingga 6 jam. Karena bayam pada jam tersebut bukannya untuk menjaga imunitas melaikan bersifat racun yang tidak baik bagi Anda


7. Jahe


Orang-orang menggunakan jahe di berbagai hidangan dan makanan penutup, serta teh dan susu. Menurut berbagai ulasan, jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan dan menawarkan manfaat kesehatan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi apakah dapat secara efektif mencegah penyakit.


8. Bawang putih


Bawang putih adalah obat rumahan umum untuk pencegahan pilek dan penyakit lainnya.

Sebuah ulasan menguji dengan apakah mengonsumsi suplemen bawang putih yang mengandung allicin mengurangi risiko masuk angin. Kelompok peserta yang tidak mengonsumsi suplemen bawang putih memiliki lebih dari dua kali lipat jumlah pilek di antara mereka ketimbang mereka yang menggunakan suplemen bawang putih. Namun, para peneliti menyimpulkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah bawang putih dapat membantu mencegah masuk angin.


9. Teh hijau


Teh hijau hanya mengandung sedikit kafein, sehingga orang dapat menikmatinya sebagai alternatif teh hitam atau kopi. Meminumnya juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Seperti blueberry, teh hijau mengandung flavonoid, yang dapat mengurangi risiko masuk angin.


10. Kefir


Kefir adalah minuman fermentasi yang mengandung biakan bakteri hidup yang bermanfaat bagi kesehatan.

Penelitian awal menunjukkan bahwa minum kefir dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut ulasan 2017 , berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi rutin kefir dapat membantu:


• melawan bakteri
• mengurangi peradangan
• meningkatkan aktivitas antioksidan


Mayoritas penelitian yang mendukung ini dilakukan pada hewan atau di laboratorium. Peneliti perlu melakukan studi tambahan untuk memahami bagaimana kefir dapat mencegah penyakit pada manusia.


11. Almond


Almond adalah sumber vitamin E yang sangat baik. Makanan ini juga mengandung mangan, magnesium, dan serat.

Segenggam kecil atau seperempat cangkir almond adalah camilan sehat yang dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.


12. Jeruk atau buah kiwi


Jeruk dan kiwi adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang merupakan vitamin yang paling ampuh mencegah penyakit seperti flu.

Sementara para ilmuwan masih tidak yakin persis bagaimana itu bisa membantu, vitamin C dapat mengurangi durasi gejala flu biasa dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh manusia.


Cara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh


Olahraga Untuk Daya tahan Melawan Virus Corona


Mencuci tangan dengan benar dapat membantu membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Selain itu gaya hidup berikut dapat membuat sistem kekebalan tubuh seseorang lebih kuat:

• menghindari merokok
• berolahraga secara teratur
• menjaga berat badan yang sehat
• menghindari alkohol atau minum secukupnya
• cukup tidur
• meminimalkan stres
• mempraktikkan mencuci tangan dan kebersihan mulut yang benar


Menikmati 12 makanan penambah kekebalan yang tercakup dalam artikel ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh seseorang dan meningkatkan kemampuan mereka untuk melawan infeksi.

Yang mengatakan, penting untuk diingat bahwa sistem kekebalan tubuh itu kompleks. Makan makanan yang sehat dan seimbang hanyalah salah satu cara untuk mendukung kesehatan kekebalan tubuh.

Penting juga untuk memperhatikan faktor gaya hidup lain yang dapat memengaruhi kesehatan sistem kekebalan tubuh, seperti berolahraga dan tidak merokok.

Siapa pun yang sering terserang pilek atau penyakit lain dan mengkhawatirkan sistem kekebalannya harus berbicara dengan dokter.