Punya badan kurus bisa membuat orang cenderung tidak percaya diri terhadap tubuhnya. Sehingga yang paling cocok adalah memiliki tubuh yang ideal. Lantas bagaimana cara meningkatkan berat badan orang yang kurus agar bisa memiliki tubuh yang ideal. Untuk mengetahui apakah berat badan Anda ideal, ada pengukurannya, yaitu BMI atau indeks massa tubuh yang mana Anda perlu tahu berat dan tinggi badan Anda.

Berikut ini penyebab Anda memiliki badan yang kurus.

• Masalah Psikologis
• Makan Tidak Teratur
• Pemilihan Menu Makan yang Tidak Sehat
• Faktor Keturunan (Genetik)
• Metabolisme yang Terlalu Cepat
• Gangguan Kesehatan atau Penyakit Kronis
• Ketidakseimbangan Hormon

Makanan kaya nutrisi berikut ini dapat membantu seseorang menambah berat badan dengan aman dan efektif.



1. Susu

Protein susu dapat membantu seseorang menambah berat badan dengan mudah dan paling efektif jika diminum sesaat setelah berolahraga. Susu mengandung campuran lemak, karbohidrat, dan protein. Susu juga merupakan sumber vitamin dan mineral, termasuk kalsium. Kandungan protein dalam susu menjadikannya pilihan yang baik bagi orang yang mencoba membangun otot.

Satu studi menemukan bahwa setelah latihan ketahanan, minum susu skim membantu membangun otot lebih efektif daripada produk berbasis kedelai. Bagi siapa pun yang ingin menambah berat badan, susu dapat ditambahkan ke asupan setiap hari.

2. Nasi

Semangkuk nasi putih mengandung sekitar 200 kalori, nasi juga merupakan sumber karbohidrat yang baik, yang berkontribusi pada penambahan berat badan. Nasi putih disarankan dimakan dengan lauk dan sayuran agar nutrisi harian terpenuhi. Nasi putih tidak disarankan bila Anda memiliki kadar gula darah yang tinggi. Sebaiknya makan nasi dari beras merah karena kadar gula yang rendah namun kandungan lainnya lebih tinggi ketimbang nasi putih.

3. Daging merah

Mengonsumsi daging merah telah terbukti membantu membangun otot dan menambah berat badan.
Daging sapi mengandung leusin dan kreatin, nutrisi yang memainkan peran penting dalam meningkatkan massa otot. Daging sapi dan daging merah lainnya mengandung protein dan lemak, yang meningkatkan berat badan.

4. Kacang dan mentega kacang

Mengonsumsi kacang secara teratur dapat membantu seseorang menambah berat badan dengan lebih aman ketimbang daging. Kacang adalah camilan yang enak dan bisa ditambahkan ke banyak makanan, termasuk salad.
Selai kacang yang dibuat tanpa tambahan gula atau rendah lemak jenuh juga dapat membantu.

5. Roti gandum

Roti ini mengandung karbohidrat kompleks, yang dapat meningkatkan berat badan. Beberapa juga mengandung biji, yang memberikan manfaat tambahan.

6. Makanan berkarbohidrat lainnya

Makanan yang berkarbohidrat lainnya membantu beberapa makanan yang sudah terdaftar untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan penambahan berat badan. Mereka menambah jumlah besar untuk makanan dan meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi.

Makanan lain yang kaya akan karbohidrat lainnya meliputi:

• kentang
• Jagung
• biji gandum
• ubi jalar
• Semacam spageti
• sereal gandum utuh
• roti gandum
• Singkong

Selain menambah kalori, makanan ini menyediakan energi dalam bentuk glukosa. Glukosa disimpan dalam tubuh sebagai glikogen. Penelitian menunjukkan bahwa glikogen dapat meningkatkan kinerja dan energi selama berolahraga.

7. Suplemen protein

Atlet yang ingin menambah berat badan sering menggunakan suplemen protein untuk meningkatkan massa otot, dalam kombinasi dengan latihan ketahanan.
Suplemen protein tersedia di apotek. Namun minum suplemen ini harus di konsultasikan oleh dokter terlebih dahulu agar tidak menimbulkan efek samping berlebih yang berbahaya bagi Anda.

8. Salmon

Salmon kaya akan lemak sehat, omega-3, dan protein. 600 gram salmon mengandung sekitar 240 kalori, dan salmon juga kaya akan lemak sehat, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menambah berat badan

9. Buah-buahan kering

Buah-buahan kering kaya akan nutrisi dan kalori. Nanas kering, ceri, atau apel merupakan salah satu dari makanan buah kering yang paling banyak disukai orang. Buah kering tersedia di supermarket atau pembelian online atau Anda dapat mengeringkan buah segar di rumah sendiri.

10. Alpukat

Alpukat kaya akan kalori dan lemak, serta beberapa vitamin dan mineral sehingga cocok bagi Anda yang ingin meningkatkan berat badan Anda.

11. Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah makanan tinggi lemak dan tinggi kalori. Coklat juga mengandung antioksidan. Seseorang yang ingin menambah berat badan harus memilih cokelat yang memiliki kandungan kakao setidaknya 70 persen.

12. Telur

Telur adalah sumber protein, lemak sehat, dan nutrisi lainnya. Sebagian besar nutrisi terkandung dalam kuning telur.

13. Keju

Keju adalah sumber lemak, protein, kalsium, dan kalori yang baik. Seseorang yang ingin menambah berat badan harus memilih keju penuh lemak.

14. Yoghurt

Yoghurt kaya lemak dan juga dapat mengandung protein dan nutrisi penting lainnya. Hindari yoghurt yang beraroma dan yang memiliki kandungan lemak lebih rendah, karena pada umumnya yoghurt tersebut mengandung gula tambahan.

Yoghurt cocok dimakan langsung atau sebagai tambahan salad buah-buahan