Selain itu sahur bermanfaat sebagai meredakan Sakit Kepala selama berpuasa, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi masalah gangguan Pencernaan, dan menghindari sindrom metabolik serta melancarkan peredaran darah.

Waktu yang tepat untuk sahur adalah yang mendekati waktu azan subuh yakni sekitar 40 hingga 50 menit. Namun makanan apa saja yang bisa meningkatkan energi dan kesehatan selama berpuasa seharian?

Berikut ini rekomendasi makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi saat sahur dan memiliki manfaatnya.



1. Kurma dan air hangat

Sudah pernah makan kurma sebelumnya? Rasa kurma yang manis berasal dari tiga jenis gula yang baik untuk tubuh terutama ketika berpuasa, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Setiap jenis gula memiliki peran masing-masing dalam tubuh. Seperti misalnya glukosa yang bagus untuk menaikkan kadar gula dalam darah. Sedangkan fruktosa dan sukrosa bagus untuk menstabilkan kadar gula yang berlebihan.

Kurma cocok disantap sebagai makanan pembuka atau makanan utama saat sahur. Untuk menetralkan rasa manisnya, Anda bisa meminum air hangat setelahnya.

2. Kacang-kacangan yang kaya serat

Biji-bijian seperti kacang kenari, kacang polong, dan kacang kedelai sangat bagus dijadikan untuk menu sahur Anda, apalagi ketiga biji-bijian ini sangat mudah diolah. Seperti kacang kedelai yang bisa Anda jadikan sebagai susu kacang kedelai.

Meski hanya mengonsumsi biji-bijian saja yang mana tidak terdapat karbohidrat, kacang-kacangan cukup mengenyangkan juga karena kacang-kacangan mengandung protein, mineral, vitamin, dan lemak yang baik untuk tubuh.

3. Telur Rebus atau goreng

Berbicara tentang menu sahur sehat tampaknya kurang komplit kalau tidak memasukkan telur sebagai salah satu menu sahur Anda. Telur memiliki kandungan protein, mineral, dan vitamin yang tinggi, yang sangat bagus untuk kesehatan.

Meski telur baik untuk kesehatan, tapi Anda juga harus membatasi jumlah telur yang dikonsumsi. Sebab mengonsumsi telur dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan darah tinggi. Setelah makan telur, sebaiknya minum air putih untuk menetralkan tubuh

4. Susu Segar

Minum segelas susu saat sahur sangat disarankan agar tubuh tetap kuat hingga tengah hari nanti. Selain susu sapi, kamu juga bisa minum susu kambing dan susu kedelai.

Dengan minum segelas susu setiap hari, kebutuhan kalsium dalam tubuh akan terpenuhi dengan sempurna karena segelas susu mengandung 300 mg kalsium. Jumlah ini dipercaya memenuhi sepertiga dari kebutuhan kalsium dalam tubuh.

5. Sayur dan Buah

Selama menjalankan ibadah puasa, pasokan air dalam tubuh kita akan berkurang drastis. Untuk mengembalikan kadar air dalam tubuh, sebaiknya konsumsilah buah dan sayur yang mengandung air yang banyak seperti apel, semangka, stroberi, bayam, buah naga, brokoli, dan tomat.

Selain mengandung air, sayur, dan buah ini juga kaya akan mineral, serat, dan antioksidan untuk memperlambat proses penuaan dini dan menghantam sel-sel jahat yang masuk ke dalam tubuh selama puasa.

6. Makanan yang Direbus

Selain makanannya, cara masaknya juga sebaiknya perlu diperhatikan. Cita rasa makanan yang digoreng memang enak, tapi aneka gorengan tidak baik untuk kesehatan karena dapat memicu terjadinya kolesterol. Sebaiknya rubah pola memasak makanan dengan cara yang direbus.

Cita rasa makanannya memang kurang lezat, tapi dengan memilih jenis makanan yang tepat, Anda pasti akan ketagihan dan mendapatkan manfaatnya secara total. Misalnya ikan salmon, brokoli, kentang, dan wortel rebus.

7. Wedang Jahe

Jahe bisa diolah menjadi minuman sehat, seperti wedang jahe ataupun bandrek, sehingga tubuh menjadi lebih hangat terutama saat sahur yang suhunya cenderung dingin.

Jahe mengandung gingerol dan shogaol yang berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh. Jadi meski sedang beraktivitas dan terkena terpaan angin, Anda akan lebih sulit masuk angin karena sebelumnya sudah minum jahe hangat.

Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta stamina. Sehingga cocok untuk Anda apabila sedang kurang fit.

8. Bubur ayam

Bagi yang tidak suka makan nasi di pagi hari, kamu bisa mengganti nasi menjadi bubur yang nikmat. Cukup lumatkan nasi, campurkan potongan wortel dan suwiran daging ayam di atasnya dan bumbu-bumbu pelengkapnya.

Supaya lebih nikmat lagi, tambahkan daun seledri. Kalau mau lebih praktis, beli bubur yang sudah dikemas dalam bungkusan, sehingga Anda tinggal menyeduhnya saat sahur tiba.

9. Aneka Smoothies

Buat sarapan smoothies yang sehat, segar dan bergizi dengan 5 langkah mudah ini. Segelas smoothies segar sangat cocok untuk mengawali hari Anda di pagi hari, terutama selama bulan Ramadan. Buah-buahan seperti stroberi, alpukat, mangga, dan nanas bisa diolah menjadi smoothies yang sangat enak.

Segelas smoothies kaya akan vitamin, mineral dan serat yang akan senantiasa membuat tubuh lebih kuat selama berpuasa. Selain segar, minuman ini juga kaya akan vitamin yang baik buat tubuh, bukan?

Makanan dan minuman yang dikonsumsi selama sahur sebaiknya jangan asal-asalan. Perhatikan apakah makanan sudah mengandung protein, mineral, air, dan vitamin yang cukup supaya tubuh tetap bugar dan mampu bertahan seharian sampai waktu berbuka puasa tiba.

Ada beberapa tips tambahan saat sahur yaitu:

1. Hindari makanan atau minuman yang terlalu asin atau manis agar tetap terhidrasi sepanjang hari.
2. Kelola asupan gula halus untuk menghindari penurunan tingkat energi secara tiba-tiba.
3. Fokus pada kualitas, bukan kuantitas dalam artian meningkatkan kualitas pada makanan bukan jumlahnya yang berlebihan
4. Jangan makan saat larut malam, apalagi melewatkan makan sahur keesokan paginya.