Batas yang dikatakan Anda memiliki kadar gula darah yang tinggi yaitu 200mg/dL. Namun bagaimana jika seseorang memiliki kadar gula darah yang rendah?

Hipoglikemia adalah sebuah penyakit yang mana seseorang memiliki kadar gula darah yang rendah yakni di bawah 70mg/dL. Biasanya ini terjadi pada penderita diabetes yang selalu meminum obat diabetes yang mana ini merupakan efek samping dari meminum obat tersebut.




Gejala


Jika kadar gula darah menjadi terlalu rendah, tanda dan gejala dapat termasuk:

• Detak jantung tidak teratur atau cepat
• Kelelahan
• Kulit pucat
• Kegelisahan
• Berkeringat
• Kelaparan
• Sifat lekas marah
• Kesemutan atau mati rasa pada bibir, lidah atau pipi

Ketika hipoglikemia memburuk, tanda dan gejala dapat meliputi:

• Kebingungan, perilaku abnormal atau keduanya, seperti ketidakmampuan untuk menyelesaikan tugas rutin
• Gangguan visual, seperti penglihatan kabur
• Kejang
• Hilang kesadaran

Segera cari bantuan dokter jika:

• Anda memiliki apa yang mungkin merupakan gejala hipoglikemia dan Anda tidak menderita diabetes
• Anda menderita diabetes dan hipoglikemia tidak merespons terhadap pengobatan, seperti minum jus atau minuman ringan biasa, makan permen, atau mengonsumsi tablet glukosa

Mencari bantuan darurat untuk seseorang dengan diabetes atau riwayat hipoglikemia yang memiliki gejala hipoglikemia berat atau kehilangan kesadaran.


Penyebab


Hipoglikemia terjadi ketika kadar gula darah (glukosa) Anda turun terlalu rendah. Ada beberapa alasan mengapa ini bisa terjadi yang paling umum adalah efek samping dari obat yang digunakan untuk mengobati diabetes.


Mengatur kadar gula darah


Ketika Anda makan, tubuh Anda memecah karbohidrat dari makanan seperti roti, nasi, pasta, sayuran, buah dan produk susu menjadi berbagai molekul gula, termasuk glukosa.

Glukosa, sumber energi utama bagi tubuh Anda, memasuki sel-sel sebagian besar jaringan Anda dengan bantuan insulin yaitu hormon yang dikeluarkan oleh pankreas Anda. Insulin memungkinkan glukosa untuk memasuki sel dan menyediakan bahan bakar yang dibutuhkan sel Anda. Glukosa ekstra disimpan di hati dan otot Anda dalam bentuk glikogen.

Jika Anda belum makan selama beberapa jam dan kadar gula darah Anda turun, hormon lain dari pankreas memberi sinyal pada hati Anda untuk memecah glikogen yang tersimpan dan melepaskan glukosa ke dalam aliran darah Anda. Ini menjaga gula darah Anda dalam kisaran normal sampai Anda makan lagi.

Tubuh Anda juga memiliki kemampuan untuk membuat glukosa. Proses ini terjadi terutama di hati Anda, tetapi bisa juga di ginjal Anda.


Kemungkinan penyebabnya, dengan diabetes


Jika Anda menderita diabetes, Anda mungkin tidak membuat insulin yang cukup yang mana ini disebut diabetes tipe 1 atau Anda mungkin kurang responsif terhadap insulin atau disebut diabetes tipe 2. Akibatnya, glukosa cenderung menumpuk di aliran darah dan dapat mencapai tingkat yang sangat berbahaya. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda mungkin menggunakan insulin atau obat lain untuk menurunkan kadar gula darah.

Tetapi terlalu banyak insulin atau obat diabetes lainnya dapat menyebabkan kadar gula darah Anda turun terlalu rendah atau disebut hipoglikemia. Hipoglikemia juga dapat terjadi jika Anda makan lebih sedikit dari biasanya setelah minum obat diabetes, atau jika Anda berolahraga lebih banyak dari biasanya.

Hipoglikemia pada orang tanpa diabetes jauh lebih jarang. Penyebabnya dapat meliputi:

Obat-obatan Minum obat diabetes oral orang lain secara tidak sengaja adalah kemungkinan penyebab hipoglikemia. Obat lain dapat menyebabkan hipoglikemia, terutama pada anak-anak atau pada orang dengan gagal ginjal. Salah satu contoh adalah kina, yang digunakan untuk mengobati penyakit malaria.

Minum alkohol berlebihan. Minum terlalu banyak tanpa makan dapat menghalangi hati Anda melepaskan glukosa yang tersimpan ke dalam aliran darah Anda, hal ini dapat menyebabkan hipoglikemia.

Beberapa penyakit kritis. Penyakit hati yang parah seperti hepatitis berat atau sirosis dapat menyebabkan hipoglikemia. Gangguan ginjal, yang dapat menjaga tubuh Anda dari ekskresi obat dengan benar, dapat memengaruhi kadar glukosa akibat penumpukan obat-obatan tersebut.

Kelaparan jangka panjang, seperti yang dapat terjadi pada kelainan makan anorexia nervosa, dapat menyebabkan terlalu sedikit zat yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membuat glukosa.

Produksi insulin berlebihan. Tumor langka pankreas (insulinoma) dapat menyebabkan Anda memproduksi terlalu banyak insulin, yang mengakibatkan hipoglikemia. Tumor lain juga dapat menyebabkan terlalu banyak produksi zat seperti insulin. Pembesaran sel-sel pankreas yang menghasilkan insulin dapat mengakibatkan pelepasan insulin yang berlebihan, menyebabkan hipoglikemia.

Kekurangan hormon. Kelainan kelenjar adrenalin dan tumor hipofisis tertentu dapat menyebabkan defisiensi hormon kunci yang mengatur produksi glukosa. Anak-anak dapat mengalami hipoglikemia jika mereka memiliki hormon pertumbuhan yang terlalu sedikit.




Hipoglikemia setelah makan


Hipoglikemia biasanya terjadi ketika Anda belum makan, tetapi tidak selalu. Kadang-kadang gejala hipoglikemia terjadi setelah makanan tertentu yang tinggi gula karena tubuh Anda memproduksi lebih banyak insulin daripada yang Anda butuhkan.

Jenis hipoglikemia ini, yang disebut hipoglikemia reaktif, dapat terjadi pada orang yang pernah menjalani operasi bypass lambung. Ini juga dapat terjadi pada orang yang belum menjalani operasi ini.


Komplikasi


Hipoglikemia yang tidak diobati dapat menyebabkan:

• Kejang
• Hilang kesadaran
• Kematian

Hipoglikemia juga dapat berkontribusi sebagai berikut:

• Pusing dan kelemahan
• Cedera
• Kecelakaan saat berkendara
• Risiko demensia yang lebih besar pada orang dewasa yang lebih tua


Hipoglikemia tidak sadar


Seiring waktu, hipoglikemia yang terjadi secara berulang dapat menyebabkan hipoglikemia ketidaksadaran. Tubuh dan otak tidak lagi menghasilkan tanda dan gejala yang memperingatkan gula darah rendah, seperti goncangan atau detak jantung tidak teratur. Ketika ini terjadi, risiko hipoglikemia berat dan mengancam jiwa meningkat.

Jika Anda memiliki diabetes, hipoglikemia yang terjadi secara berulang dan hipoglikemia ketidaksadaran, dokter Anda mungkin mengubah cara atau resep pengobatan Anda, meningkatkan tujuan kadar gula darah Anda dan merekomendasikan pelatihan kesadaran glukosa darah.

Maka dari itu pengecekan kadar glukosa secara rutin merupakan hal yang penting untuk memantau Anda agar Anda tidak terkena penyakit diabetes dan hipoglikemia.

Tes gula darah bisa dilakukan sendiri di rumah menggunakan alat glukometer. Sampel darah untuk pemeriksaan ini diambil dengan menusuk ujung jari menggunakan jarum khusus.

Anda juga bisa melakukan tes gula darah di rumah sakit. Ada beberapa jenis tes gula darah yang bisa dilakukan:

1. Tes gula darah puasa

Anda diharuskan puasa delapan jam sebelum pengambilan sampel darah. Tes ini sering dipakai untuk mendiagnosis kondisi pradiabetes dan penyakit diabetes.

2. Tes toleransi glukosa oral (TTGO)

Dalam tes ini Anda akan diberikan glukosa dalam jumlah tertentu, dan dua jam kemudian, kadar gula dalam darah Anda akan diperiksa.

3. Tes hemoglobin A1c (HbA1c) atau glikohemoglobin

Tes ini dilakukan untuk mengetahui kadar gula darah pada sel darah merah. Hasil tes HbA1c dapat memberi informasi mengenai kadar gula Anda selama 2-3 bulan terakhir.Tes ini memudahkan dokter untuk menyesuaikan dosis dan jenis obat-obatan anti diabetes, jika diperlukan. Anda tidak perlu menjalani persiapan khusus untuk melakukan tes ini.

4. Tes gula darah sewaktu

Tes ini bisa dilakukan kapan saja dan tidak memerlukan persiapan khusus. Namun, pemeriksaan gula darah sewaktu tidak dapat digunakan untuk mendiagnosis diabetes.

Berikut kisaran kadar gula darah normal pada tubuh:

• Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
• Dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL
• Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL
• Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL