rabun jauh adalah salah satu kelainan refraksi mata. Kondisi ini terjadi karena mata yang tidak dapat memfokuskan cahaya pada tempat yang seharusnya, yaitu pada retina mata. Gejala utama rabun jauh adalah kaburnya penglihatan ketika melihat benda-benda yang jauh, misalnya tulisan di papan tulis atau rambu lalu lintas.



Rabun jauh dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari bila tidak dibantu dengan kacamata. Hal yang dapat mempengaruhi seseorang sehingga mengalami rabun jauh.

1. Menatap cahaya yang sangat berlebihan misalnya cahaya handphone atau komputer. Apalagi dalam ruangan yang gelap.
2. Memaksa mata walau sudah lelah
3. Kurangnya asupan nutrisi seperti betakaroten.
4. Faktor genetik.
5. Membaca dalam keadaan kurang cahaya
6. Kebiasaan membaca atau menonton televisi terlalu dekat.

Rabun jauh bisa dicegah namun sulit untuk disembuhkan. Menggunakan kacamata bukan untuk mengurangi kondisi rabun jauh. Melainkan hanya sebagai alat bantu untuk mempermudah melihat objek-objek yang jauh terutama huruf dan angka. Segera pergi ke spesialis mata bila mengalami gejala-gejala seperti:

1. Mata secara berlebihan
2. Mata selalu dikucek karena gatal
3. Mulai pusing saat melihat sesuatu dari jauh
4. Penglihatan sudah mulai kabur.
5. Merasakan mata lelah akibat sering melihat cahaya pada gadget.
6. Terlihat tidak menyadari keberadaan objek yang jauh



Rabun jauh memiliki tingkatan berupa angka. Pada tingkatan di bawah minus 1, mata masih mampu melihat objek jauh tanpa kacamata walau sedikit buram. Untuk minus 1 hingga seterusnya lebih baik menggunakan kacamata walau kacamata tidak mengurangi tingkatan rabun jauh setidaknya menggunakan kacamata tidak memperburuk penglihatannya.
Anda disarankan untuk memeriksakan mata secara rutin agar permasalahan pada mata seperti miopi dapat terdeteksi dan ditangani sejak dini. Pemeriksaan mata rutin juga dapat mendeteksi adanya gangguan penglihatan lain, seperti mata malas atau juling. Pemeriksaan mata rutin dapat dijalani oleh anak-anak maupun orang dewasa.
Jika Anda mencurigai terjadinya perubahan atau penurunan kemampuan penglihatan, segera periksakan ke dokter mata. Contohnya, pada saat Anda tidak bisa melihat tulisan atau benda-benda jauh yang biasanya terlihat.
Anda juga disarankan untuk membawa anak Anda ke dokter mata jika ia terlihat mengalami gejala-gejala miopi. Dokter mata akan menentukan apakah Anda menderita rabun jauh atau tidak.

Selain itu, terdapat kondisi medis darurat yang merupakan komplikasi dari rabun jauh, yaitu pelepasan atau ablasi retina. Segera hubungi dokter jika menderita gejala pelepasan retina, seperti:

• Muncul kilatan-kilatan cahaya pada salah satu atau kedua mata.
• Muncul bayangan seperti tirai pada penglihatan.
• Mata berkunang-kunang.

Operasi dengan sinar laser (lasik)



Proses operasi dengan sinar laser (lasik) juga dapat menjadi alternatif. Hampir seluruh pasien yang menjalani operasi ini merasakan perubahan yang signifikan. Dalam operasi ini, sinar laser akan digunakan untuk mengatur lengkungan kornea. Perlu diingat, prosedur ini tidak cocok untuk penderita di bawah 21 tahun karena mata mereka masih dapat berkembang.

Untuk membeli kacamata atau menggunakan softlens, mata perlu dicek seberapa buruk penglihatannya dengan menggunakan snellen chart. Snellen chart adalah alat tes mata yang berisikan huruf-huruf yang harus di eja tanpa menggunakan kacamata dalam posisi yang cukup jauh. Tujuannya adalah agar dokter atau spesialis mata bisa menentukan tingkatannya dan menggunakan kacamata yang pas dengan tingkatan mata penderita. Snellen chart sangat membantu dokter dalam mengecek rabun.

Selain kacamata, menggunakan softlens dapat membantu dalam penglihatan manusia yang mengalami miopi atau rabun jauh. Softlens berbentuk bulat dengan lingkaran di sekeliling berwarna dan di tengahnya transparan. Softlens menjadi tren di kalangan remaja karena warna-warni dan tanpa kacamata yang menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang yang menggunakannya.

Sebelum menggunakan softlens, wajib mencuci tangannya terlebih dahulu dengan menggunakan sabun. Agar tangan steril saat melakukan pemasangan softlens. Gunakan air khusus softlens dalam botol yang higienis. Dan selalu bersihkan tempat softlens. Kemudian lepas bila sudah tidak digunakan dan letakan di tempat softlens. Jangan gunakan softlens saat tidur karena itu dapat merusak retina mata yang akan makin memburuk penglihatan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kata ini juga bisa berlaku bagi mata. Sebelum mata menjadi memburuk dengan rabun jauh, perlu adanya pencegahan.
Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Langkah-langkah tersebut meliputi:

• Gunakan kacamata hitam saat bepergian di siang hari untuk melindungi mata dari sinar matahari.
• Lakukan pemeriksaan kesehatan mata secara rutin.
• Gunakan kacamata atau lensa kontak dengan ukuran tepat.
• Berhenti merokok.
• Istirahatkan mata secara berkala saat bekerja dengan menggunakan gadget
• Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, khususnya yang kaya vitamin A seperti wortel dan vitamin D.
• Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin jika memiliki penyakit kronis, terutama diabetes dan hipertensi.



Kesimpulan

Perlu sekali yang namanya mengecek mata secara rutin agar mata tetap selalu terjaga. Jangan melihat cahaya gadget secara berlebihan, sering minum jus wortel dan istirahat yang cukup untuk mencegah memburuknya penglihatan.



Sumber:
https://www.alodokter.com/rabun-jauh
https://www.halodoc.com/kesehatan/rabun-jauh