Insomnia, atau juga dikenal sebagai sulit tidur, adalah gangguan tidur di mana orang sulit tidur. Mereka mungkin mengalami kesulitan tidur, atau tetap tertidur selama yang diinginkan. Insomnia biasanya diikuti oleh kantuk di siang hari, energi rendah, lekas marah, dan suasana hati yang depresi. Ini dapat mengakibatkan peningkatan risiko kecelakaan berkendara, serta masalah fokus dalam belajar dan bekerja. Insomnia bisa bersifat jangka pendek yang berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu, atau bahkan jangka panjang yang berlangsung lebih dari sebulan. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Penyebab insomnia banyak macamnya. Insomnia akut atau gangguan singkat dalam tidur selama beberapa malam merupakan hal yang umum, dan ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas tidur Anda setiap hari. Mulai dari stres atau kegelisahan, menghabiskan terlalu banyak waktu di laptop sebelum tidur , tidur terlalu banyak di siang hari, hingga menggunakan obat flu bisa menyebabkan kegelisahan di malam hari.



Insomnia kronis, dapat disebabkan oleh berbagai masalah. Berikut ini beberapa contohnya:

• Karena kondisi medis. Ini termasuk alergi hidung, radang sendi, asma, atau nyeri kronis.
• Karena kesulitan mengatur emosional. Ada hubungannya antara depresi dan insomnia. Orang dengan depresi memiliki risiko lebih tinggi terkena gangguan tidur, dan kurang tidur dapat memperburuk gejala depresi. Kecemasan dan stres juga menyebabkan seseorang sulit tidur.
• Karena pola hidup atau pola tidur. Jika Anda memiliki pola tidur yang tidak teratur atau tidak pada umumnya, Anda mungkin kesulitan tidur di malam hari, tidur siang, jadwal tidur yang tidak teratur, atau kerja shift dapat mengacaukan ritme sirkadian Anda.
• Karena gangguan tidur. Ini yang berpotensi lebih besar. Jika Anda secara kronis tidak mendapatkan tidur yang Anda butuhkan atau merasa lelah meskipun memiliki tidur malam yang cukup, ini bisa menjadi tanda gangguan tidur, seperti Sindrom Kaki Gelisah atau sleep apnea yang mengganggu kualitas istirahat Anda.

Gejala gangguan tidur ini sangat beragam yaitu

• Kesulitan tidur
• Bangun di malam hari dan tidak bisa tidur lagi
• Bangun terlalu pagi
• Tidur yang tidak menyegarkan juga disebut tidur non restoratif yang merupakan gejala umum sleep apnea.
• Kelelahan atau kantuk di siang hari
• Perubahan suasana hati, lekas marah, sulit berkonsentrasi, atau masalah dengan memori
• Masalah perilaku, seperti perasaan impulsif atau agresif
• Kesulitan beraktivitas di tempat kerja atau sekolah.



Jika Anda memiliki insomnia kronis, Anda harus konsultasikan dengan dokter Anda tentang hal itu. Dokter Anda akan mempertimbangkan untuk meresepkan Anda obat untuk membantu tidur, atau jika masalahnya berakar pada kecemasan atau depresi, dokter akan merujuk Anda ke psikoterapi. Jika Anda masih kesulitan tidur, mintalah dokter untuk merujuk Anda ke spesialis tidur untuk pengujian.

Jika Anda mengalami insomnia diakibatkan oleh sleep apnea, dokter akan meminta Anda untuk memakai alat pengobatan sleep apnea yang bernama CPAP. CPAP adalah pilihan terapi utama untuk sleep apnea. Mesin CPAP adalah sebuah mesin yang memberikan tekanan udara melalui masker yang ditempatkan di atas hidung dan atau mulut saat tidur.

Konsep CPAP adalah bekerja melalui tekanan positif di jalan napas atas dengan konstan dan terus menerus, sehingga menjaga jalan napas atas tetap terbuka selama tidur. Hasilnya, volume paru dapat dipertahankan, membantu faring tetap terbuka. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya apnea, dan oksigen dapat disalurkan dengan baik. Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan penggunaan CPAP dapat mengurangi kejadian mendengkur.

Ada berbagai merek mesin CPAP yang menjadi pilihan Anda untuk terapi sleep apnea. Salah satunya merek Philips.

Philips Respironics DreamStation Auto CPAP



Alat Sleep Apnea Philips DreamStation Auto CPAP merupakan perangkat yang digunakan untuk penderita Sleep Apnea/mendengkur, didesain agar senyaman dan semudah pengalaman seperti yang diharapkan. Desain yang ramping, penuh gaya dan low-profile menawarkan fitur penting, dengan ukuran yang kecil dan ringan sehingga mudah dibawa saat bepergian. Dengan menu navigasi yang mudah serta tampilan menghadap ke depat yang dapat dioperasikan sambil berbaring atau duku di tempat tidur serta humidifier yang mudah di bersihkan