Pada prinsipnya new normal seperti memulai dari awal, melakukan kebiasaan masyarakat pada umumnya namun dengan tambahan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru).

Sebagian masyarakat ada yang pro dan kontra mengenai new normal. Ada masyarakat yang menyetujui karena masalah perekonomian masyarakat yang sangat turun sebagai akibat dari virus ini dan akan semakin buruk jika terus dibiarkan begitu saja, namun tidak sedikit juga ada yang masih menolak new normal karena negara kita masih terlalu dini untuk melakukan new normal yang terlihat buktinya bahwa Indonesia sudah mencapai 50 ribu pasien positif covid-19.

Menurut kementerian kesehatan ada beberapa kebiasaan yang membutuhkan kedisiplinan masyarakat terutama pada wilayah dengan kluster yang sangat tinggi seperti ibukota Jakarta. Apa pun tujuan Anda keluar rumah, Anda harus mengikutinya agar Anda bukan dari bagian pasien positif covid-19.

Beberapa kebiasaan baru yang Anda yang harus ikuti ketika di luar rumah menurut Kementerian kesehatan adalah:


Cek Suhu COVID-19


1. Jika Anda terserang batuk, flu, suhu badan di atas 37 derajat Celsius dan beberapa gejala seperti gejala covid-19 sebaiknya mengisolasi secara mandiri di rumah saja
2. Sedia hand sanitizer yang bisa di bawa ke mana saja
3. Jangan lupa memakai masker karena untuk masuk ke dalam tempat publik seperti kantor, stasiun, halte, pusat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat publik lainnya diperlukan memakai masker untuk bisa masuk ke dalamnya.
4. Tetap jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, seperti di tempat ibadah, lift, kereta, dan bus, serta dalam situasi mengantre di mana pun Anda berada.
5. Pastikan Anda tidak saling berhadapan dengan orang lain dan mengobrol baik dengan orang lain maupun melalui telepon di transportasi umum. Hal ini untuk mencegah penyebaran covid-19 melalui droplet Anda atau orang lain.
6. Sering mencuci tangan dan dilengkapi dengan hand sanitizer terutama setelah tangan menyentuh alat yang dipegang juga oleh orang lain dan sebelum makan dan minum
7. Sehabis pergi ke suatu tempat di luar rumah pastikan Anda jangan menyentuh benda apa pun di rumah Anda dan segera mandi dan mengganti pakaian.
8. Tidak bersalaman dengan siapa pun karena penularan virus covid-19 sangat terjadi melalui sentuhan tangan dengan orang lain terutama jika tidak mencuci tangan setelah bersalaman.
9. Menggunakan pembayaran non tunai saat membeli atau membayar sesuatu karena uang kertas merupakan sarana yang sangat berpotensi menyebarkan virus covid-19
10. Tidak duduk di kursi yang sudah diberi tanda silang atau tanda lainnya yang meminta kita untuk tidak mendudukinya.
11. Untuk balita dan lansia sebaiknya tidak diperkenankan untuk keluar rumah terlebih dahulu karena mereka adalah golongan yang paling rentan terkena virus dan sulit untuk membasminya jika sudah berada di dalam tubuh karena sistem imun mereka yang belum kuat atau sudah tidak kuat lagi.
12. Mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bila perlu meminum obat suplemen yang kaya akan vitamin C.


Kemudian alat-alat yang wajib dibawa ketika Anda pergi ke tempat kerja atau sekedar berwisata adalah sebagai beikut

1. Masker kain yang sebaiknya dipakai hanya selama 4 jam
2. Masker cadangan
3. Kantung khusus masker agar virus bekas masker tidak bersentuhan dengan benda lainnya di dalam tas Anda
4. Face shield bila perlu untuk mencegah droplet
5. Hand sanitizer
6. Perlengkapan ibadah sendiri
7. Perlengkapan makan seperti kotak bekal, botol minum, sendok dan garpu untuk memastikan makanan yang Anda beli steril dari berbagai virus
8. Tisu basah bila untuk membersihkan peralatan makan lainnya sebelum digunakan
9. Tisu kering yang bisa digunakan setelah menggunakan tisu basah
10. Botol berisi air dan cairan disinfektan
11. Membawa helm sendiri apabila menggunakan transportasi ojek untuk berangkat dan pulang kerja
12. Obat multivitamin terutama yang tinggi dengan kadar vitamin C


Pastikan setelah menggunakan masker kain, melepas masker kain harus tepat yaitu jangan menyentuh bagian depan masker melainkan lepaskan masker kain tali yang berada di belakang masker dan segera masukan masker ke dalam kantung khusus masker untuk di cuci ketika sampai di rumah.

Berikut ini tips mencuci masker kain yang sangat dianjurkan untuk memastikan masker Anda terbebas dari virus covid-19

Bahan polypropylene memiliki toleransi tinggi terhadap suhu air yang panas, mencapai 125 derajat Celcius. Cucilah masker tanpa menguceknya terlalu sering. Jika tidak ada air panas, cuci masker menggunakan sabun atau deterjen dengan air suhu ruangan. Kemudian, dilanjutkan oleh:

1. Merebus masker kain selama 1 menit, atau
2. Menguceknya selama 1 menit dalam larutan klorin 0,1 persen, kemudian bilas kembali dengan air suhu ruang.