Pemantauan tekanan darah dirumah sangat penting bagi orang dengan tekanan darah tinggi, atau secara medis dikenal sebagai hipertensi, dan memungkinkan Anda dan penyedia layanan kesehatan Anda untuk menentukan seberapa efektif pengobatan saat ini bekerja dan mengurangi risiko kesehatan yang mengancam. Tapi apa yang membuat monitor tekanan darah atau tensimeter efektif dan bagaimana Anda bisa memastikan pembacaan tekanan darah yang akurat?



Jika Anda harus memantau tekanan darah, Anda harus pergi ke rumah sakit terdekat dan memeriksanya, tetapi jika Anda memiliki alat pemantau tekanan darah atau tensimeter digital yang akurat dan dapat menggambarkan tekanan darah Anda dengan memberikan hasil tekanan darah Anda. Salah satu keuntungan utama menggunakan tensimeter digital di rumah yaitu Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang tekanan darah Anda. Namun, menggunakan tensimeter digital pada awalnya bisa membingungkan.

Maka dari itu berikut kami berikan tips cara dan bagaimana mengukur tekanan darah dengan tensimeter digital yang akurat.


Cara Mengukur Tekanan Darah yang Akurat



Cara Mengukur Tekanan Darah yang Akurat


1. Diam dan Tenang

Duduklah dengan tenang selama lima menit sebelum menggunakan tensimeter digital, tetap diam dan jangan banyak gerak dan bicara selama pengukuran. Jangan lakukan kegiatan seperti merokok, berolahraga, atau mengonsumsi apa pun yang berkafein setidaknya satu jam sebelumnya.


2. Duduklah dengan Benar

Duduklah dengan punggung tegak dan lurus, dengan telapak kaki rata menyentuh di lantai dan kaki tidak menyilang. Juga tekan lengan Anda di atas meja atau permukaan datar lainnya.


3. Pasang Manset dengan Benar

Tarik lengan baju Anda sehingga manset sesuai di sekitar lengan telanjang Anda, sambil menempatkannya tepat di atas tekukan siku. Namun, periksa juga petunjuk monitor pribadi Anda untuk ilustrasi atau minta penyedia layanan kesehatan Anda menunjukkan cara menggunakannya secara efektif.


4. Ukur Secara Konsisten

Ukur tekanan darah secara konsisten pada waktu yang sama setiap hari. Penting untuk mengetahui bahwa level cenderung naik terus sepanjang hari dan biasanya mencapai puncaknya pada tengah sore, jadi pertimbangkan ini jika ini adalah waktu di mana Anda melakukan pembacaan tekanan darah.


5. Lacak dan Simpan Hasil Pengukuran

Setiap kali Anda mengukur tekanan darah Anda, jika monitor tidak melacak dan menyimpan hasil pengukuran untuk Anda, ambillah dua atau tiga bacaan dengan selang satu menit dan catat hasilnya. Bawalah catatan itu dengan dokter Anda, karena sangat berharga dalam menentukan, melanjutkan, atau menyesuaikan rencana perawatan Anda.


Untuk visualnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.


Ilustrasi Penggunaan Tensimeter Digital


Mempertahankan berat badan yang sehat melalui makanan seimbang dan faktor gaya hidup lainnya adalah kunci untuk mengontrol tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung Anda.