Tempat umum seperti toilet umum, transportasi umum, dan tempat publik lainnya menjadi tempat yang paling mudah menyebarkan virus dan bakteri karena tempat tersebut menjadi tempat banyak orang dengan sifat yang berbeda. Contohnya orang yang tidak peduli akan kebersihannya menggunakan telapak tangan untuk menutup bersin dan batuknya di kereta atau bus. Kemudian dia menyentuh genggaman yang tergantung di atas. Orang yang sudah tahu mungkin tidak akan menyentuhnya.
Namun apabila orang yang tidak tahu peristiwa tersebut tentu menjadi korbannya apalagi jika pemegang keduanya tidak membersihkan tangan serta menyentuh bagian yang mudah untuk kuman, virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh seperti mata, hidung dan mulut. Tak hanya di tempat umum, benda-benda ini juga paling rentan tertempel oleh virus dan bakteri yang berbahaya.

Di Indonesia sendiri banyak jenis-jenis sarapan yang bisa disantap sebelum memulai aktivitas selama seharian. Berikut ini makanan yang cocok untuk sarapan.

1. Keran air



Keran air baik di dapur, kamar mandi, atau toilet menyimpan banyak sekali bakteri baik pembuka dan penutup keran maupun ujung keran. Hal ini bisa terjadi karena sebelum mencuci tangan, sayur, buah, daging dan lain-lain, kita pasti membuka kerannya terlebih dahulu yang mana benda-benda tersebut belum steril. Ditambah keran merupakan benda yang lembap terjadilah pertumbuhan bakteri secara signifikan bahkan bisa sampai ke unjung keran.

Anda bisa membuka bagian ujung keran kemudian rendam di dalam cairan disinfektan atau jika ujung keran tidak bisa di copot atau menyatu, Anda cukup menyemprotkan air yang di campur disinfektan kemudian menggosoknya dengan kain dan lakukan ini secara berkala sehingga keluarga Anda bisa terbebas dari bakteri.


2. Ponsel



Siapa saja sudah bisa terlepas dari ponsel. Ponsel kini tidak hanya sebagai alat komunikasi jarak jauh, melainkan bisa bermain Games, menonton video, sosial media dan masih banyak lagi. Namun Sadarkah Anda bahwa ponsel yang Anda miliki mengandung kurang lebih 600 bakteri staphylococcus yang menyebabkan ifeksi kulit?

Benda yang kamu pegang setiap hari ini bisa kamu pastikan agar bakteri tidak berkembang biak dengan banyak dengan menggunakan tisu alkohol 70 persen atau bisa juga tisu biasa yang sudah disemprotkan alkohol. Menggosok ponsel perlu hati-hati dan pastikan lubang untuk charger, earphone dan lubang pada handphone lainnya tidak terkena air alkohol agar tidak terjadi kerusakan pada ponsel.


3. Handuk



Handuk yang jika disimpan di kamar mandi yang lembab bahkan tidak di cuci sekitar sebulan bukan tidak mungkin akan menumbuhkan bakteri yang sangat banyak yang bisa menempel di kulit Anda walaupun Anda sudah mandi agar terbebas dari bakteri berbahaya.

Maka dari itu Anda harus mencuci handuk Anda setidaknya seminggu sekali dengan air biasa atau air hangat yang lebih baik kemudian di jemur di bawah terik sinar matahari untuk membunuh bakteri jahat.


4. Mesin ATM



Mesin ATM yang dipakai orang secara bergantian bukan tidak mungkin jika 1 orang saja bisa meninggalkan bakteri.
Berdasarkan riset dari Universitas di Arizona setiap tombol yang Anda pencet pada anjungan tunai melalui mesin ATM, rata-rata mengandung 120 kuman termasuk virus influensa dan E. coli.

Untuk mencegahnya Anda bisa mencari alternatif lain misalnya untuk mentransfer yang kini bisa lewat handphone atau Anda sangat butuh uang tunai, Anda bisa menggunakan hand sanitizer saat menggunakan mesin ATM.


5. Sikat gigi



Sikat gigi merupakan benda yang wajib ada di kamar mandi. Akan tetapi jika Anda membiarkan sikat gigi tersebut terbuka di tempatnya semburan air yang mengandung banyak bakteri pada kloset bisa menyebar hingga sejauh enam meter.
Salah satu cara agar sikat gigi Anda terbebas dari bakteri adalah dengan menggunakan penutup sikat gigi dan mengganti sikat gigi Anda selama 3 bulan secara rutin.


6. Talenan



Talenan merupakan tempat bersarangnya bakteri saat kita memotong sayur, buah, dan daging mentah. Hindari memakan makanan yang sudah tersentuh talenan namun belum di masak. Karena itu bisa membuat bakteri di talenan bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan


Maka dari itu perlu mencuci talenan secara rutin agar talenan bisa terhindar dari bakteri yang berbahaya masuk ke dalam tubuh.