Nah, bagaimana jika kami memberi tahu Anda bahwa mengonsumsi makanan melebihi yang terbaik jika digunakan berdasarkan tanggal, tanggal penjualan, tanggal penggunaan, atau tanggal pembekuan tidak selalu buruk untuk Anda?

Menurut USDA, banyak kurma yang tercantum dalam makanan sebenarnya merujuk pada kualitas, bukan keamanan, yang berarti barang-barang tertentu tidak akan membuat Anda sakit jika Anda memakannya dan mereka mungkin hanya terasa basi atau hilang rasa seiring berjalannya waktu.

Sementara cara terbaik untuk menentukan apakah makan makanan kedaluwarsa akan membahayakan Anda adalah dengan terdapatnya jamur yang terlihat atau bau aneh (ini selalu lebih mudah untuk dibandingkan), banyak kali konsumen tidak dapat melihat (atau bahkan merasakan) bakteri berbahaya yang bisa hidup pada makanan tersebut. Jika Anda menemukan sesuatu yang aneh pada makanan Anda, membuangnya akan menjadi pilihan terbaik.

Jika tanggal berlalu selama penyimpanan di rumah, produk harus tetap aman dan sehat jika ditangani dengan benar sampai waktu pembusukan terbukti. Makanan busuk akan mengembangkan bau, rasa, atau tekstur karena bakteri pembusuk yang terjadi secara alami. Jika makanan telah mengembangkan karakteristik pembusukan seperti itu, itu tidak boleh dimakan.

Hal itu selalu merupakan taruhan terbaik Anda untuk berbuat salah di sisi hati-hati atau memeriksa pedoman keamanan makanan berdasarkan BPOM ketika mengonsumsi makanan kedaluwarsa, karena kurma bisa membingungkan. Tetapi penting juga untuk mengetahui beberapa hal yang dapat terjadi pada Anda jika Anda makan sesuatu melewati tanggal yang ditentukan.

Berikut adalah lima kemungkinan efek samping dari mengonsumsi makanan kedaluwarsa.


Roti kedaluwarsa



1. Tidak ada sama sekali


Anda mungkin akan senang mengetahui bahwa ada kemungkinan besar bahwa tidak ada yang benar-benar akan terjadi pada Anda jika Anda mengonsumsi sesuatu yang kedaluwarsa selain rasa yang tidak enak. Meski begitu, itu masih bukan ide terbaik juga dan tidak perlu makan makanan kedaluwarsa secara teratur.

Dengan banyak makanan, kurma lebih pada kesegaran dan rasa yang lebih baik daripada keamanan. Menurut NRDC, "kurma hanya saran dari produsen untuk ketika makanan berada pada kualitas puncaknya, bukan ketika itu tidak aman untuk dimakan."

Saat melihat tanggal yang membingungkan, ketahuilah bahwa " terbaik jika digunakan oleh / sebelumnya," "dijual-oleh," "digunakan-oleh," atau "dibekukan" bukan tanggal pembelian atau tanggal keselamatan. Faktanya, tanggal penjualan membantu toko tahu berapa lama untuk menampilkan suatu produk, sementara yang lain semua tentang kualitas terbaik.

Ini secara khusus mengingatkan ketika berbicara tentang makanan yang tidak mudah busuk seperti makanan beku dan kalengan, yang hampir selalu baik untuk masa lalu kedaluwarsa tanpa efek samping.

Fakta menyenangkan: Tahukah Anda bahwa keracunan makanan tidak tumbuh di dalam freezer?

"Tidak peduli berapa lama makanan dibekukan, itu aman untuk dimakan. Makanan yang telah berada di dalam freezer selama berbulan-bulan mungkin kering, atau mungkin rasanya tidak enak, tetapi mereka akan aman untuk dimakan," kata USDA . Dengan makanan pantri, USDA juga mengatakan bahwa sebagian besar makanan yang stabil di rak aman tanpa batas waktu. Bahkan, makanan kaleng akan bertahan selama bertahun-tahun, selama kaleng itu sendiri dalam kondisi baik (tidak ada karat, penyok, atau pembengkakan). Makanan kemasan juga (sereal, pasta, kue kering) akan aman melewati tanggal kedaluwarsa, meskipun mereka akhirnya menjadi basi atau mengembangkan rasa yang tidak enak.

Selain itu, makanan yang dipasteurisasi biasanya tidak akan menyebabkan penyakit (meskipun mereka dapat memiliki bau atau rasa yang aneh) karena seperti yang dicatat oleh FDA , semua bakteri berbahaya terbunuh dalam proses pasteurisasi. Inilah sebabnya mengapa makanan yang tidak dipasteurisasi adalah hal yang tidak boleh untuk wanita hamil.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Cornell University , "pembusukan susu yang dipasteurisasi sebelum waktunya paling sering disebabkan oleh bakteri yang mencemari susu setelah proses pasteurisasi dan / atau dari pendinginan yang tidak tepat," jadi sebaiknya kita mengintip waktu kedaluwarsa.


2. Keracunan makanan


Keracunan makanan bisa terjadi pada banyak orang per tahunnya, dan gejala-gejala seperti demam, kedinginan, kram perut, diare, mual, dan muntah jelas tidak menyenangkan. Membiarkan keracunan makanan bisa kemungkinan dengan mengonsumsi makanan kedaluwarsa jika sudah terkontaminasi dengan bakteri atau rusak, tetapi tidak selalu demikian.

Berikut ini makanan dan minuman yang masih aman walaupun sudah lewat masa kedaluwarsa


Susu kedaluwarsa



1. Susu


Apakah Anda tahu bahwa susu Anda masih dapat melewati masa kedaluwarsa? Jika susu Anda disimpan pada suhu yang lebih dingin di bagian belakang lemari es (dibandingkan dengan menyimpannya di pintu), susu Anda bisa bertahan hingga 50 persen lebih lama dari tanggal pada karton dan bahkan lebih lama lagi jika dipasteurisasi. Selama masih berbau segar, harus aman dikonsumsi.


2. Madu


Madu yang dibeli di toko datang dengan yang terbaik sebelum dikonsumsi, tetapi tidak benar-benar merusak. Tampilannya dapat berubah dari waktu ke waktu - berubah menjadi kuning dan berawan lalu mengkristal. Walaupun begitu tetapi masih aman dikonsumsi. Kunci untuk menyimpannya dalam keadaan aslinya adalah menyimpannya di atas meja di stoples atau botol aslinya dan tidak menempatkannya di lemari atau pantri yang gelap. Jika itu mengkristal, Anda dapat memperbaikinya dengan menempatkan botol ke dalam mangkuk berisi air keran panas mencair kembali.


3. Makanan berkaleng


Tanggal kedaluwarsa makanan kaleng biasanya menunjukkan tiga tahun dari saat itu disimpan, tetapi Anda dapat mengonsumsinya melewati tanggal hingga empat tahun lagi. Pastikan untuk menyimpan barang-barang kaleng Anda di tempat yang sejuk dan kering dan jika ada penyok, karat atau bocor, saat itulah saatnya membuang barang-barang tersebut.