Menjaga kebersihan diri sendiri merupakan hal yang sangat pribadi dan menjadi hak Anda untuk hidup bersih dan sehat, seperti : mandi paling tidak dua kali sehari, selalu mengenakan pakaian bersih, mencuci tangan sebelum makan atau menyentuh makanan, serta hal yang dapat menimbulkan rasa nyaman dan sehat di diri kita sendiri. Kerbersihan tidak hanya penting bagi diri sendiri, namun juga bagi orang dan lingkungan di sekitar kita. Hal yang besar dimulai dari hal kecil, begitu juga dengan menjaga kebersihan. Setelah menjaga kebersihan diri sendiri, maka kebersihan di lingkungan keluarga pun dapat tercipta. Setiap anggota keluarga berperan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan masing-masing anggota keluarganya.

Meskipun mereka telah berhasil menjaga kebersihan dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga, tak sedikit orang yang mengabaikan kebersihan dalam lingkungan masyarakat. Tingkat kesadaran masyarakat yang rendah dalam menjaga kebersihan di lingkungan masyarakat, dapat dilihat dari cara mereka membuang sampah. Apakah masyarakat membuang pada tempatnya, di pinggir-pinggir sungai, atau bahkan di pinggiran jalan raya. Adanya petugas kebersihan hanyalah sebagai pembantu dalam menjaga kebersihan. Sedangkan faktor utama yang sangat berpengaruh agar lingkungan masyarakat terlihat bersih adalah kesadaran masyarakat itu sendiri.

Cara Menjaga Kebersihan Diri



1. Jangan Lupa Mandi dengan Teratur

Seberapa sering waktu Anda untuk mandi tergantungdari kondisi tubuh dan aktivitas fisik, tapi sebagian besar orang perlu mandi setidaknya sekali dalam sehari. Sementara itu, Anda mungkin cukup mencuci rambut sekali setiap dua sampai tiga hari yang penting adalah mengetahui mana yang terbaik bagi Anda

2. Gunakan Deodoran

Seperti yang Anda ketahui, deodoran bekerja untuk menyamarkan bau badan atau mengurangi intensitas keringat pada tubuh. Dikenal dalam istilah medis sebagai antiperspirants, produk ini dapat bekerja lebih efektif, terutama saat cuaca panas di luar ruangan atau ketika Anda berencana untuk berolahraga.

3 Selalu Mencuci Tangan

Saat beraktivitas seharian, tangan Anda bisa jadi tempat berkembang biak bagi kuman dan bakteri jahat. Untuk mencegahnya masuk ke dalam tubuh Anda dan mnyebabkan penyakit, sangat penting untuk melakukan cuci tangan dengan sabun antibakteri, terutama setelah menggunakan toilet, setelah menengok atau merawat orang sakit, dan juga sebelum makan.

4. Cuci Pakaian dan Seprai

Untuk menjaga tubuh tetap segar dan bersih sebaiknya pakaian dan seprai juga di cuci secara berkala. Sedangkan, pakaian dalam dan pakaian lainnya yang dikenakan langsung di atas kulit harus diganti setiap hari, sementara, seprai lebih baik diganti setiap minggu sekali.


Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan



1. Buang Sampah Pada Tempatnya

Cara menjaga kebersihan lingkungan yang paling sederhana dimulai dari kesadaran sendiri untuk membuang samoah pada tempatnya. Olehkarena itu, ketersediaan tempat sampah yang memadai di lingkungan kita juga perlu diperhatikan.

2. Selalu Jaga Kebersihan Rumah

Perhatikan kebersihan pekarangan, lantai, dan kamar mandi. Pastikan bagian dalam rumah mendapatkan sirkulasi udara yang cukup agar rumah tidak terasa pengap. Selain itu, jangan biasakan menggantung pakaian yang sudah dipakai selama berhari-hari. Jika sudah tidak berniat menggunakannya, sebaiknya cuci bersih pakaian dan simpan di dalam lemari.

3. Daur Ulang Sampah

Temukan sampah yang berpotensi untuk di daur ualng menjadi benda yang aman dan tidak berbahaya meskipun akan digunakan kembali.

4. Kerja Bakti di Lingkungan Sekitar

Apabila kamu sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar, tak ada salahnya untuk mengajak tetangga dan warga sekitar tempat tinggal Anda untuk melakukan kerja bakti.

5. Tutup Saluran Pembuangan Air

Di depan rumah Anda terdapat saluran pembuangan air? Sebaiknya, tutup saluran pembuangan air tersebut agar tidak kotor karena sampah yang berasal dari jalanan.

6. Lakukan Penghijauan

Untuk membuat lingkungan tempat tinggal Anda jadi bersih dan asri, Anda harus melakukan penghijauan di lingkungan sekitar.

7. Jangan Ragu Untuk Memungut Sampah Dijalan

Saat sedang jalan-jalan di lingkungan sekitar,Anda mungkin akan menemukan botol plastik bekas atau bungkus makanan. Sebagian orang yang sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan, maka ambil sampah tersebut untuk dibuang pada tempatnya.

8. Sosialisasi Mengenai Pentingnya Menjaga kebersihan

Jika masyarakat belum memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, lakukan sosialisasi dengan mendatangkan pakaryang dapat menjelaskan seputar pentungnya menjaga kebersihan lingkungan.

Penyakit yang paling sering muncul akibat kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan :

Disentri
Penularan terjadi terutama dengan mengkonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi tinja dan mengandung kista amoeba yang relatif resisten terhadap klorin.
Cacingan
Infeksi kebanyakan karena rendahnya kesadaran berperilaku hidup bersih. Paling sering karena tidak mencuci tangan sebelum makan dan menyentuh makanan.
Diare
Terjadi karena menelan organisme yang terdapat dalam daging hewan yang tidak dimasak dengan baik, air dan makanan yang terkontaminasi, atau susu mentah.
Infeksi kulit yang disebabkan oleh kutu dan jamur
Penggunaan barang-barang pribadi secara bergantian dapat juga menyebabkan penularan penyakit ini.


Tidak ada kata terlambat, mumpung sekarang sudah tahu dampak-dampak kalau kita lalai dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Biasakan pola hidup bersih dan sehat setiap hari mulai dari sekarang.
Jika Anda membutuhkan alat kesehatan untuk memantau kesehatan Anda. di Galeri Medika menyediakan berbagai alat kesehatan yang pastinya 100% original, dapat mengirim barang ke penjuru nusantara dengan jasa yang terpercaya.