Dengan tidur, energi akan meningkat dan tubuh merasa lebih segar dan sehat dengan catatan tidur yang cukup yaitu sekitar 7 hingga 10 jam bagi orang dewasa dan jangan berlebihan serta dengan posisi yang benar.
Posisi tidur juga peting. Hal ini karena tubuh melakukan hal tersebut selama berjam-jam. Posisi tidur tengkurap sebagian orang merupakan hal yang nyaman bahkan sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa orang tidur dengan posisi tersebut. Namun banyak dampak buruk yang dihasilkan apabila Anda masih tidur dalam posisi tengkurap baik jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut dampak buruh jika Anda sering tidur tengkurap



1. Bagi aliran darah dan oksigen

Menyempitnya pembuluh darah di sekitar tulang punggung dan karena dengan posisi tengkurap, kepala akan menghadap ke samping sehingga aliran darah dari dan menuju otak menjadi terhambat bila Anda masih tidur secara tengkurap. Khususnya bagi penderita kolesterol, bila terus melanjutkan kebiasaannya tersebut tak menuntut kemungkinan akan mengancam nyawanya. Tak hanya itu, dampak buruknya adalah aliran oksigen ke otak juga akan terhambat dan tentunya ini sangat berbahaya mengingat otak butuh asupan oksigen yang cukup

2. Pernapasan

Pada posisi tidur yang tengkurap, akan terjadi tekanan pada dada sehingga pernapasan menjadi kurang efisien dan akan sulit untuk oksigen masuk ke dalam pernapasan sehingga saat bangun Anda akan merasa sulit merasakan segar setelah bangun dari tidur. Selain itu, jaringan lunak yang terdapat di dada akan tertekan seiring berkembangnya waktu Anda akan berisiko mengalami penyakit seperti radang kelejar dada bahkan kista.

3. Pencernaan

Jika Anda masih melakukan kebiasaan tidur tengkurap, maka seiring dengan berjalannya waktu organ-organ pencernaan akan mengurangi fungsinya. Dan apabila perut dalam keadaan penuh dengan makanan, maka akan terjadi asam lambung yang berakibat gastritis dan mag.

4. Wajah

Untuk masalah kecantikan, maka hindari tidur tengkurap karena semua kerutan yang ada di bantal akan tercetak pada permukaan wajah. Tak hanya itu, tidur tengkurap membuat aliran darah di sekitar wajah jadi terhambat akibat dari tekanan yang dilakukan selama berjam-jam. Anda akan mengalami penuaan dini dan timbul berupa keriput.

5. Leher

Akibat buruk lainnya yaitu menahan leher dalam posisi yang tidak normal dalam waktu yang lama sangat tidak baik. Area sekitar leher dan bahu gerakan menjadi terbatas dan hal itu bisa menyempitkan pembuluh darah di leher. Anda juga akan bangun dalam keadaan leher yang sakit pegal dan tidak nyaman digerakkan.

6. Tangan dan Kaki

Dalam posisi tengkurap, posisi siku, paha, lutut, dan kaki akan menjadi tidak normal dan terketuk. Sehingga bisa menyebabkan kaki dan tangan terkilir dan menjadi sangat sakit digerakkan.

7. Tulang punggung

Pada posisi ini, tulang punggung akan mengalami penekanan karena tulang punggung berada pada posisi yang tidak normal. Hal ini akan membuat sakit tulang punggung saat bangun tidur di pagi hari.

8. Jantung

Bagi yang penderita penyakit jantung, tidur tengkurap membuat jantung memompa lebih banyak sebagai akibat dari tekanan sehingga terjadi penyempitan aliran darah yang berbahaya dan mengancam nyawanya.

Selain terdapat sisi buruk, ternyata tidur dengan posisi tengkurap juga terdapat hal yang baik untuk penderita penyakit ginjal. Karena ginjal tidak mengalami tekanan dan mampu menyaring zat dengan lancar. Selain itu, tidur tengkurap juga mampu mengatasi rasa pegal di bahu setelah sehari beraktivitas di depan komputer. Anda bisa tidur dengan posisi tengkurap untuk sementara dan melanjutkan tidur dengan posisi terlentang.

Mengingat banyaknya dampak buruk dibandingkan dampak baiknya perlu yang namanya mengubah kebiasaan posisi tidur tengkurap Anda. Namun bagaimana caranya? Anda bisa menjahitkan roll rambut atau benda berbahan plastik lainnya di depan baju tidur Anda. Hal ini berhasil membuat Anda mengubah posisi tidurnya karena ketika Anda ingin kembali ke kebiasaan posisi buruk tidur Anda, perut Anda akan merasa tidak nyaman karena ditekan oleh benda plastik seperti roll rambut. Sehingga Anda akan kembali ke posisi miring atau terlentang.

Hal tersebut tentu membuat orang yang punya kebiasaan tidur tengkurap merasa kurang nyaman dan akan melakukan segala macam cara untuk kembali ke posisi yang dia inginkan. Namun untuk mengubah kebiasaan tidur Anda perlu sekitar 3 minggu untuk beradaptasi sehingga kebiasaan tidur kamu jadi terlentang atau miring dan tidak tengkurap lagi.


Bagaimanapun posisi tidur Anda, posisi tengkurap lebih banyak dampak buruknya bagi organ-organ Anda bila dibandingkan posisi lainnya. Maka dari itu segera hindari kebiasaan buruk itu. Usahakan beradaptasi dengan mengubah posisi tidur kamu mulai dari sekarang. Anda juga bisa konsultasikan ke dokter untuk posisi tidur yang mana yang lebih tepat sesuai kondisi, dan umur Anda. Karena sebagai contoh orang yang sering mendengkur posisi terlentang akan mengeraskan dengkurnya dan sangat berbahaya bagi tubuh penderita tidur mendengkur.