Namun sekarang mereka merekomendasikan bahwa semua orang harus mengenakan penutup wajah kain non bedah ketika mereka pergi keluar rumah terutama ke fasilitas publik di mana langkah-langkah jarak sosial dirasa sulit dipertahankan, seperti toko syawalan dan apotek. Penutup wajah kain yang disarankan oleh masyarakat dan bukan masker bedah atau masker respirator N-95. Hal itu karena persediaan yang amat terbatas yang harus terus dicadangkan untuk petugas kesehatan dan responden medis pertama lainnya, di mana mereka sangat berisiko tertular oleh virus covid-19 karena sangat dekat dengan pasien positif.


Apa sajakah jenis masker?


Jenis-jenis masker untuk pencegahan COVID-19



1. Masker kain


Penutup wajah bisa berupa kain apa saja yang menutupi hidung dan mulut Anda, seperti syal atau bandana. Bukti menunjukkan bahwa memakai masker kain tidak akan melindungi individu sehat dari virus yang menyebar melalui tetesan, tetapi dapat membantu mengurangi penularan virus ke orang lain dengan menghalangi emisi pernapasan pemakainya ketika mereka batuk atau bahkan berbicara.


2. Masker bedah operasi


Masker bedah memberikan perlindungan pemakai terhadap tetesan besar, percikan, atau semprotan cairan tubuh atau cairan berbahaya lainnya. Masker ini juga melindungi pasien dari emisi pernapasan pemakai saat digunakan oleh para profesional kesehatan. Namun masker ini sedikit longgar dan tidak memberi pemakai tingkat perlindungan yang andal dari menghirup partikel udara yang lebih kecil dan tidak dianggap sebagai perlindungan pernapasan. Masker bedah ini tidak dalam pengujian yang sesuai dan kebocoran dapat terjadi di sekitar tepi masker saat pengguna menghirup.


3. Masker respirator N95


Masker N95 adalah pertahanan terbaik. Sebuah respirator N95 dapat menyerupai masker tetapi dievaluasi, diuji, dan disetujui oleh NIOSH sesuai persyaratan. Ini sangat pas dan mengurangi pemakainya terhadap partikel termasuk aerosol partikel kecil dan tetesan besar. Respirator N95 memerlukan pengujian kecocokan dan segel pengguna memeriksa setiap kali respirator dipasang. Alat ini juga menyaring setidaknya 95% partikel yang ada di udara termasuk partikel besar dan kecil dan ketika dipasang dan digunakan dengan benar, kebocoran dapat dikurangi yang terjadi di sekitar tepi respirator ketika pengguna menghirup.


Bagaimana masker dapat mencegah penyebaran COVID-19?


Penelitian baru telah menemukan bahwa COVID-19 dapat disebarkan oleh orang-orang yang tidak menunjukkan gejala virus. Mengenakan penutup wajah atau masker bedah dapat mengurangi penyebaran virus dengan membatasi jumlah tetesan dari orang yang mungkin terinfeksi. N95 respirator dapat mengurangi penyebaran virus ke petugas kesehatan yang berhubungan erat dengan pasien positif.


Jika saya hanya memakai masker, apakah saya akan selamat dari virus?


Mengenakan penutup wajah, masker bedah atau respirator N95 dapat membantu melindungi Anda dari virus tetapi itu saja tidak dapat menghentikan transmisi COVID-19. Anda juga harus mencuci tangan secara teratur atau menggunakan pembersih tangan seperti hand sanitizer, hindari menyentuh wajah Anda, terutama mulut, hidung, dan mata Anda dan secara sosial jauhkan diri Anda dari orang lain. Anda juga harus terus batuk atau bersin ke lengan baju karena masker saja tidak akan menghentikan tetesan si pemakai untuk melarikan diri. Masker juga dapat membantu tidak memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyentuh mulut Anda yang mungkin merupakan rute transmisi.


Bagaimana bisa memakai penutup wajah atau masker menyelamatkan nyawa?


Penutup wajah dan masker dapat membantu mengurangi penyebaran virus dengan membatasi tetesan dari orang yang mungkin terinfeksi yang tidak menunjukkan gejala apa pun. Ini akan membantu melindungi tidak hanya mereka yang berada di sekitar Anda secara langsung tetapi banyak orang lain yang tidak berada dalam kontak dekat, seperti anggota keluarga kasir toko swalayan misalnya yang mengalami bisa saja kekebalan tubuh mereka lemah dan membawanya ke rumah setelah pembeli melakukan transaksi dengannya. Mengenakan penutup wajah atau masker dapat membantu memutus rantai penularan virus COVID-19.


Kapan dan bagaimana cara memakai masker untuk melindungi dari covid-19?


• Jika Anda sehat, Anda hanya perlu memakai masker kain. Namun jika Anda merawat orang dengan COVID-19 gunakan masker bedah.
• Kenakan masker jika Anda batuk atau bersin.
• Masker hanya efektif bila digunakan bersama dengan pembersih tangan yang sering dilakukan dengan alkohol atau sabun dan air.
• Jika Anda mengenakan masker, maka Anda harus tahu cara menggunakannya dan membuangnya dengan benar.


Cara menggunakan masker yang benar


• Sebelum mengenakan masker, bersihkan tangan dengan alkohol atau sabun dan air.
• Tutupi mulut dan hidung dengan topeng dan pastikan tidak ada celah antara wajah dan topeng Anda.
• Hindari menyentuh topeng saat menggunakannya. Jika Anda melakukannya, bersihkan tangan Anda dengan alkohol atau sabun dan air.
• Ganti masker dengan yang baru segera setelah lembap dan jangan gunakan kembali masker sekali pakai.
• Untuk melepas topeng lepaskan tali masker yang ada di belakang dan jangan menyentuh bagian depan masker serta segera buang di tempat sampah tertutup. Kemudian bersihkan tangan dengan sabun atau air berbasis alkohol.
• Jika menggunakan masker kain, segera cuci setelah digunakan ke luar rumah