Sementara penelitian terhadap virus COVID-19 sedang berlangsung, kita tahu virus ditularkan melalui kontak langsung dengan tetesan pernapasan dari orang yang terinfeksi (melalui batuk dan bersin), dan permukaan menyentuh yang terkontaminasi dengan virus. Virus dapat bertahan hidup di permukaan selama beberapa jam hingga beberapa hari.

Bagi Anda yang terpaksa harus tetap keluar rumah di tengah pandemi Corona COVID-19 ini, mestinya benar-benar memperhatikan kebersihan saat tiba di rumah. Hal ini karena pemicu penularan virus ini bisa terjadi di mana saja, dan kamu tidak bisa melihatnya.

Oleh karena itu jika kamu terpaksa harus ke luar rumah, pastikan sudah menerapkan beberapa tindakan pencegahan penyebaran virus Corona COVID-19 setelah sampai di rumah. Dengan begini, kamu bisa menjaga kesehatan diri sendiri dan menjauhkan keluarga dari penularan virus Corona COVID-19 ini.

Ketika pulang ke rumah setelah berpergian jangan lupa untuk selalu membersihkan diri sebelum berkumpul dengan keluarga.


Tips Pencegahan COVID-19 Setelah Bepergian


Buka Alas Kaki: Buka sepatu/sandal sebelum masuk kedalam rumah
Semprot Disinfektan: Semprot disinfektan pada alas kaki maupun peralatan yang digunakan seperti pakaian, ponsel, pulpen, laptop dll.
Buang Sampah: Buang semua yang dipegan dan yang tidak dibutuhkan lagi seperti, kertas, struk pembelanjaan, masker yang sudah dipakai dll.
Cuci Tangan: Jangan menyentuh apapun didalam rumah, lakukan cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air selama 20 detik.
Letakkan Pakaian Kotor: Lepaskan pakaian yang dipakai dan masukkan kedalam tempat cucian yang tertutup
Bersihkan Badan: Langsung mandi sebelum bersantai dan/atau berkumpul bersama keluarga



Info grafik di bawah ini adalah tips pencegahan penyebaran COVID-19 setelah bepergian


Jenis Masker dan Tips Mencuci Masker


Cara pencegahan diatas sebaiknya dijalankan sebaik-baiknya. Jangan cuek terhadap pandemi COVID-19. Sebab, satu orang saja terinfeksi, ia bisa menularkannya ke ribuan orang lainnya.

Jangan sampai, Anda menjadi sang penyebar atau ikut tertular akibat ada orang yang tidak menjaga kebersihan dirinya.