Tak ada salahnya untuk beralih ke sepeda yang lebih terjangkau, sehat, dan yang pastinya ramah lingkungan bila dibandingkan dengan kendaraan bermotor. Selain sebagai transportasi, bersepeda juga termasuk kegiatan berolahraga. Bersepeda memiliki banyak manfaat dalam kesehatan terutama bagi kesehatan jantung dan juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus covid-19.

Di samping itu, bersepeda juga mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas dibanding dengan mengendarai sepeda motor. Ternyata sepeda motor masih menempati urutan tertinggi jenis kendaraan yang kerap mengalami kecelakaan hingga Februari 2020 bila dibandingkan dengan sepeda.

Meski begitu tak jarang pengguna sepeda selalu menjadi korban tabrakan lalu lintas karena tidak memiliki jalur yang dan cukup dan aman untuk bersepeda. Kemudian walau Jakarta sudah ada beberapa tempat yang dilengkapi dengan jalur khusus sepeda, minat akan menggunakan sepeda sebagai transportasi masih jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan negara maju seperti Belanda, Belgia, dan Inggris.

Dan alasan umum yang membuat warga Jakarta lebih menggunakan sepeda motor bila dibandingkan dengan sepeda biasa adalah panas matahari dan polusi yang cukup tinggi di Jakarta yang sangat berbeda dengan iklim di negara Eropa yang dingin dan cocok untuk bersepeda.

Adapun dari berbagai alasan mengapa kebanyakan masyarakat tidak menggunakan sepeda ada banyak sekali manfaat yang sayang kita tidak dapat dari sepeda motor namun bisa Anda dapatkan dari sepeda.


1. Sebagai program menurunkan kalori tubuh


Bersepeda


Bersepeda akan meningkatkan metabolisme dan membentuk otot, yang memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat Sehingga cocok bagi Anda yang menjalankan program diet. Selain itu, terbiasa dengan bersepeda, terutama pada intensitas yang cukup tinggi sangat membantu menurunkan kadar lemak tubuh yang mendukung mengontrol berat badan yang sehat.


2. Mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah


Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini dibuktikan dalam studi di Denmark yang menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua.


3. Menguatkan kaki Anda


Bersepeda meningkatkan fungsi keseluruhan di tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki Anda. Ini menitikkan pada kesehatan paha depan Anda, paha belakang, dan betis. Untuk membuat kaki Anda lebih kuat, cobalah latihan angkat berat, seperti squat, leg presses, dan lunges, beberapa kali per minggu untuk lebih meningkatkan kinerja bersepeda Anda.


4. Baik untuk pemula


Jika Anda baru menjalankan kebugaran atau bangkit kembali dari cedera atau sakit, Anda dapat bersepeda dengan intensitas rendah. Ketika Anda menjadi lebih bugar, Anda dapat meningkatkan intensitasnya atau melanjutkan melakukan aktivitas fisik lainnya.


5. Meningkatkan kesehatan mental


Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan Anda. Berfokus pada jalan saat Anda bersepeda membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran di sekitar. Ini dapat membantu mengalihkan fokus Anda dari pikiran yang membuat Anda merasa terpuruk di hari Anda.

Jika Anda merasa lesu, gunakan sepeda Anda setidaknya selama 10 menit. Kemudian dilanjutkan dengan berolahraga lainnya membantu Anda merasa lebih baik sambil menurunkan tingkat stres.

Anda bisa merasa lebih percaya diri dan puas setelah Anda menjadikan bersepeda sebagai bagian rutinitas dari hidup Anda.


6. Dapat membantu penderita atau mencegah kanker


Bersepeda adalah aktivitas tambahan untuk perawatan Anda jika Anda memiliki atau sedang dalam pemulihan dari penyakit kanker. Bersepeda juga dapat membuat Anda tetap ramping dan bugar, yang dapat mengurangi risiko Anda dari beberapa jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara.

Menurut penelitian dari 2019, tetap aktif walaupun Anda menderita kanker payudara dapat membantu mengurangi efek samping dari pengobatan kanker, termasuk kelelahan, dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.


7. Mencegah dan mengelola kondisi medis


Apakah Anda ingin mencegah masalah kesehatan yang timbul atau mengelola kondisi yang ada, olahraga teratur adalah kuncinya. Bersepeda secara teratur adalah salah satu cara untuk menghindari gaya hidup yang tidak menentu dan masalah kesehatan yang menyertainya.

Ini dapat membantu mencegah masalah jantung seperti stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Bersepeda juga dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2.


8. Ramah lingkungan


Kurangi jejak karbon yang berbahaya Anda dengan mengendarai sepeda Anda jika memungkinkan. Bersepeda adalah pengganti yang bagus untuk opsi transportasi yang melibatkan duduk di lalu lintas untuk waktu yang lama. Ini sangat berguna ketika Anda pergi ke tempat-tempat yang agak terlalu jauh untuk dilalui, tetapi Anda tetap tidak ingin naik mobil.

Tak hanya itu, dengan bersepeda Anda dapat membantu menyehatkan para lansia dan anak-anak dan membebaskannya dari penyakit akibat dari menghirup polusi kendaraan bermotor


9. Meningkatkan keseimbangan, postur, dan koordinasi


Saat Anda menstabilkan tubuh Anda dan menjaga sepeda Anda tetap tegak, Anda akan meningkatkan keseimbangan, koordinasi, serta postur Anda secara keseluruhan. Keseimbangan cenderung menurun dengan bertambahnya usia dan gaya hidup yang tidak aktif, Sehingga keseimbangan sangat penting dalam kehidupan Anda.

Keseimbangan yang ditingkatkan dari bersepeda bermanfaat dalam pencegahan jatuh dan patah tulang, yang dapat membuat Anda jadi mengurangi olahraga Anda yang cukup penting.