Low back pain atau nyeri punggung bagian bawah adalah suatu kondisi dimana timbul rasa sakit atau perasaan tidak nyaman pada punggung bagian bawah, mulai dair bawah kosta sampai lipatan bawah bokong tapi tanpa rasa sakit yang menjalar sampai ke kaki. Nyeri punggung bagian bawah merupakan kasus yang lumayan cukup sering dijumpai. Faktanya, sekitar 80% orang dewasa menderita nyeri pinggang. Dalam banyak kasus, rasa sakitnya mereda tanpa melakukan tindakan operasi, tetapi tidak selalu demikian. Terkadang dibuuhkan pengobatan alternatif untuk mengurangi nyeri pada punggung bagian bawah.

Nyeri punggung bukanlah suatu kelainan melainkan gejala dari masalah medis lainya. Saat mengalami nyeri punggung bagian bawah, sebenarnya kemungkinan tubuh mempunyai masalah pada satu atau lebih komponen punggung bagian bawah. Misalnya ligamen, otot, saraf atau tulang belakang. Beberapa penyebab nyeri punggung bagian bawah adalah Radang otot sendi, Osteoporosis Strain seperti karena terus menerus mengangkat benda berat, Masalah struktural. Masalah masalah tersebut dapat menyebabkan gejala gejala seperti nyeri tumpul di punggung bagian bawah, nyeri munusuk, dan kesulitan berdiri atau duduk dalam jangka waktu lama.

Beberapa hal dapat dijadikan pilihan untuk pengobtan seperti, terapi fisik dan pengobatan, dan juga penggunaan penyangga bisa bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit dan gejala lain yang berhubungan dengan nyeri punggung bagian bawah.

cara pakai korset tulang belakang

Korset Lumbal/ Korset Tulang Belakang adalah korset yang digunakan untuk pengobatan medis. Korset menjadi salah satu alternatif untuk penderita saraf kejepit dan membantu mencegah sekaligus memberikan posisi terbaiksaat berdiri ataupun duduk. Gerakan badan yang tidak diinginkan dapat menyebabkan nyeri punggung, sebagian besar memengaruhi mereka yang pernah menjalani operasi tulang belakang atau cedera sebelumnya.

Penggunaan korset sering dianjurkan pada pasien yang tidak perlu melakukan tindakan operasi atau belum saatnya melakukan tindakan operasi tulang belakang. Penggunaan Korset Lumbal/ Korset Tulang Belakang berguna untuk tujuan mempertahankan postur tubuh dan mengurangi rasa nyeri pada pinggang atau punggung bagian bawah.

Lama penggunaan korset tulang belakang tidak dapat diprediksi, bisa diperlukan hanya beberapa bulan atau bahkan sampai beberapa tahun tergantung bagaimana kondisi pasien serta petunjuk yang di anjurkan dokter. Oleh karena itu baiknya penggunaan Korset Lumbal/Korset tulang belakang digunakan sesuai anjuran dokter.

Baca artikel lainnya dari Galeri Medika

Manfaat Penggunaan Korset Lumbal/ Tulang Belakang

Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan Korset Lumbal/Korset Tulang Belakng

  1. Mengurangi rasa nyeri pada punggung bagian bawah
  2. Menjaga postur tubuh pasien
  3. Mengurangi ketegangan otot
  4. Membantu melakukan aktivitas sehari hari dengan nyaman

Cara Menggunakan Korset Tulang Belakang

Efektif atau tidaknya penggunaan Korset dapat didasari dengan cara penggunaan yang baik dan benar. Karena pada beberapa kejadian pasien masih melakukan kesalahan pada cara penggunaan sehingga pemakaian tidak menjadi efektif. Berikut adalah beberapa cara penggunaan Korset Tulang Belakang

  1. Gunakan Korset Sesuai Anjuran Dokter
    Penggunaan korset sebaiknya dilakukan sesuai anjuran dokter. Tingkat nyeri serta masalah pada pasien adalah hal yang harus diperhatikan pada saat penggunaan Korset Tulang Belakang. Sebab dari itu pentingnya mengkonsultasikan keadaan tubh sebelum memutuskan untuk membeli/memakai korset agar mendaptkan penanganan yang tepat.
  2. Memakai Korset Sesuai Ukuran Tubuh
    Disarankan untuk menyesuaikan ukuran korset dengan tubuh pasien, penggunaan korset yang terlalu ketat atau sempit dapat menyebabkan aliran darah disekitar perut akan terganggu, sehingga dapat menambah rasa nyeri. Sebaiknya ukur terlebih dahulu korset sebelum membeli dan pastikan korset nyaman saat digunakan.
  3. Dilakukan Bersamaan Dengan Fisioterapi
    Pemakaian korset lumbal akan lebih efektif jika dilakukan bersamaan dengan fisioterapi. Untuk mengembalikan fungsi motorik pada pasien.
  4. Batasi Pergerakan
    Saat menggunakan korset disarankan pada pasien untuk membatasi gerak, jangan mengangkat beban dengan berat yang berlebihan, atau melakukan gerakan yang berulang sehingga dapat mempengaruhi kondisi saraf.

Penggunaan korset tulang belakang dapat memberikan manfaat signifikan, terutama dalam mendukung postur tubuh dan mengurangi nyeri punggung. Namun, penting untuk diingat bahwa korset hanya sebagian dari solusi dalam mengelola masalah tulang belakang atau nyeri punggung. Berkonsultasi dengan dokter, memilih korset yang tepat, dan memakainya dengan benar adalah langkah-langkah tepat untuk meraih manfaat maksimal dari penggunaan korset tulang belakang.

Selain itu, pemakaian korset sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan individual, dan jika muncul ketidaknyamanan atau masalah lainnya, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran lebih lanjut. Galeri Medika merupakan toko online alat kesehatan yang menjual berbagai jenis Korset Tulang Belakang dengan harga terbaik dan bisa di kirim ke seluruh Indonesia.