Nyeri siku yang sering banyak dialami oleh banyak atlet terutama pemain tenis, atlet golf disebut sebagai tennis elbow atau yang paling sering dikaitkan dengan epikondilitis lateral. Hal ini disebabkan oleh kelebihan beban pada tendon yang membungkus bagian luar siku Anda, seringkali dengan gerakan lengan atau pergelangan tangan yang berulang-ulang. Gerakan ini membuat robekan kecil di tendon antara lengan bawah dan bagian luar siku dan membuat Anda sakit siku bagian luar.

Tennis elbow tidak hanya memengaruhi pemain tenis dan golf. Atlet olahraga lain menderita penyakit ini, dan hal ini biasa terjadi pada siapa saja yang melakukan kerja fisik, baik di sekitar rumah atau untuk suatu pekerjaan.

Gangguan Tenis Elbow

Tennis elbow terjadi baik pada pria maupun wanita dan biasanya mempengaruhi pada sekitar lengan. Mereka yang menderita tennis elbow mengalami rasa sakit di bagian luar siku, yang mungkin bertambah parah saat mencoba untuk menggenggam suatu benda atau mengayunkan punggung pergelangan tangan. Di beberapa titik, rasa sakit bisa menjadi sangat akut dan kronis.

Jika Anda mengalami nyeri di bagian luar siku, saat mengangkat benda atau nyeri yang menyebar ke lengan bawah, Anda mengalami tennis elbow. Perlu berkonsultasi dengan dokter dan menemukan pengobatan yang tepat. Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin juga diperlukan.

Perhatikan bahwa tennis elbow bukan hanya peradangan yang bisa hilang tetapi lebih merupakan proses degeneratif yang disebabkan oleh penggunaan lengan yang berulang.

Baca artikel lainnya

5 Alat Deker Lutut / Knee Support yang Paling Banyak Diminati


Bagaimana Penyangga Tennis Elbow membantu?

Salah satu cara untuk mencegah memburuknya kondisi dan mengatasi nyeri siku secara efektif adalah dengan menggunakan support atau penyangga. Tidak seperti penyangga lutut atau pergelangan kaki, alat ini tidak melumpuhkan area karena akan menghalangi Anda untuk menggunakan lengan. Penyangga siku bertujuan untuk memberikan tekanan langsung pada sisi luar siku, sehingga memberikan gaya berlawanan untuk mengurangi ketegangan pada otot. Hasilnya, penyangga dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh tennis elbow.Sebuah studi yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI) mengungkapkan bahwa orang yang menderita tennis elbow yang menggunakan tali atau lengan sebagai penopang mengalami pereda nyeri langsung dan memiliki kekuatan cengkeraman yang lebih besar.

Tennis ELbow

Perhatikan, bahwa penyangga tennis elbow merupakan solusi sementara dan perlu dilakukan latihan penguatan agar mendapatkan kelegaan jangka panjang. Jika Anda mengalami nyeri yang terlalu akut atau terus-menerus, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli terapi fisik.Penyangga siku tanpa rasa sakit secara khusus dirancang untuk meredakan nyeri dengan cepat terlepas dari alasan yang menyebabkannya sekaligus memungkinkan Anda mempertahankan kebebasan bergerak yang maksimal. ini adalah salah satu produk hebat yang mendukung kesehatan Anda, mempromosikan kesejahteraan, dan membantu Anda tetap aktif.

Berikut ini adalah beberapa pilihan support untuk tennis elbow yang bisa anda gunakan


1. EuniceMed CPO-1305 Aergo Bamboo Elbow Support


EuniceMed CPO-1305



EuniceMed CPO-1305 Bamboo Elbow Support membantu mengencangkan dan menopang otot dan tendon siku yang mengalami cidera, dengan desain yang ringan dan mudah digunakan membantu Anda meningkatkan kenyamanan saat berolahraga.

Fitur Produk:
- Bantalan silikon memberikan kompresi ekstra untuk menstabilkan area yang terluka.
- Mengencangkan dan menopang otot dan tendon siku
- Mudah digunakan dan dapat diseuaikan
- Desain yang ringan membantu meningkatkan kinerja olahraga
- Penerapan : Tenis Elbow, Siku pegolf
- Tersedia ukuran S dan L


2. Neomed JC-7510 Elbow Support


Neomed JC-7510 Elbow Support



Neomed Neo Elbow Strong JC-7510 Merupakan alat pelindung persendian siku yang berguna untuk melakukan kegiatan yang mengandalkan kekuatan persendian siku. Alat ini sering digunakan untuk melakukan olahraga seperti basket, bulu tangkis, senam maupun kegiatan lain yang mengandalkan kekuatan siku.

Keunggulan Neomed Neo Elbow Strong JC-7510 :

- Hi-Prene, Bahan berkualitas tinggi yang sangat lembut, elastis, stabil, dan tahan lama dibandingkan dengan bahan Neoprene serta mampu menetralkan radikal bebas (Toxin) serta anti bakteri.
- Far Infra Merah, memberikan efek termal (hangat) untuk membantu mengurangi/meringankan nyeri serta memperlancar peredaran darah.
- 4 Way, tingkat elastisitas/tekanan pada alat (bahan) memyesuikan dengan anatomi bagian tubuh yang cidera pada saat digunakan (ke 4 sisi: atas, bawah, kiri, kanan) sehingga tidak mudah slip pada saat digunakan.
- Double Belt, Design double belt sehingga tingkat tekanan pada saat alat digunakan bisa disesuikan dengan kebutuhan pengguna
- Ergonomic & Anatomical Design, Design disesuikan dengan bentuk tubuh untuk memberikan kenyamanan saat digunakan serta memberikan keamanan maksimal untuk mencegal cidera lebih lanjut.


3. Elife E-EL001 Elbow Brace


Elife E-EL001 Elbow Brace



Indikasi
- Cocok untuk Petenis dan pegolf
- Artikular efusi & pembengkakan
- Peradangan kronis setelah operasi atau trauma
- Cedera ligamen agunan

Fungsi Produk:
- Neoprene sel tertutup dengan efek kompresi dan proprioseptif
- Meningkatkan sirkulasi darah melalui efek hangat

Fitur Produk:
- Tebal 1/8" neoprene dengan lapisan nilon

Ukuran:
S (23-25.5 cm)
M (25.5-28 cm)
L (28-30.5 cm)
XL (30.5-33 cm)
Color : Beigi


4. Deker Siku Nexus 160 TX Epicondylitis Bandage


Deker Siku Nexus 160 TX Epicondylitis Bandage



Nexus by Variteks (TX Epicondylitis Bandage) merupakan produk aksesoris olahraga yang dapat mengurangi rasa sakit di area lengan bawah selama bekerja atau beraktivitas sehari hari, dengan bahan neoprene yang mampu menyerap keringat.

Indikasi :
- Linu di area lengan bawah
- Cedera ringan pada sendi
- Menghindari kram otot saat berkativitas atau melakukan olahraga
- Nyaman di kulit karna terdapat microcapsule aloevera yang mempunyai keuungulan :
- Ph netral
- Dapat meregenerasi kulit

Ukuran Universal (ALL SIZE)


5. Variteks 760 Epicondylitis Bandage


Variteks 760 Epicondylitis Bandage



Variteks 760 Epicondylitis Bandage Elbow Support Didesain khusus dan terbuat dari material yang elastis, fleksibel, bebas latex dan memilki bantalan/pad tambahan yang dapat diposisikan pada sisi siku yang memiliki nyeri.

Detail Produk
- Mengurangi ketidaknyamanan dan nyeri yang diakibatkan kondisi akut maupun kronis dari Epicondylitis.
- Tennis Elbow (Lateral Epicondylitis, dengan/tanpa operasi)
- Golfer Elbow (Medial Epicondylitis, dengan/tanpa operasi)


6. Variteks 829 Tennis Elbow Support


Variteks 829 Tennis Elbow Support



Variteks 829 Tennis Elbow Support merupakan kombinasi Elbow Sleeve elastis dan Elbow Strap pengikat yang di design khusus dan terbuat dari material yang elastis dan fleksibel. Dapat membantu ketidaknyamanan dan nyeri yang diakibatkan oleh kondisi akut maupun kronis dari Tendonitis dan Osteoarthiritis yang terjadi pada sendi siku.

Detail Produk
- Dapat membantu menstabilkan gerak.
- Tendonitis otot-otot Ekstensor/Fleksor Wrist.
- Osteoarthiritis sendi siku, karena terdapat ketidakstabilan antara tulang Radius dan Pulna.
- Pasca Subluksasi sendi siku.
- Digunakan pada trauma, peradangan epikondilitis, keseleo dan pemulihan pasca operasi, serta kegiatan olahraga.
- Terbuat dari neoprena 3 mm.

Diukur melalui lingkar siku :
S (1) = 21 - 24 cm
M (2) = 24 - 27 cm
L (3) = 27 - 30 cm
XL (4) = 30 - 33 cm


7. Variteks 849 Elbow Support (With Silicone)


Variteks 849 Elbow Support (With Silicone)



Variteks 849 Elbow Support (With Silicone) Kombinasi Elbow Sleeve elastis dan Elbow Pad yang di design khusus dan terbuat dari material yang elastis dan fleksibel. Dapat membantu ketidaknyamanan dan nyeri yang diakibatkan oleh kondisi akut maupun kronis dari robekan minor pada otot dan robekan minor pada ligament sendi siku.

Detail Produk
- Dapat dipakai sehari-hari untuk membantu mengatasi kondisi Bursitis yang terjadi pada area Olecranon.
- Dukungan silikon ergonomis di kedua sisi produk membantu memberikan tekanan yang diperlukan.
- Digunakan sebagai agen pelindung pada trauma, peradangan epikondilitis, keseleo dan pemulihan pasca operasi, serta kegiatan olahraga.
- Strain otot-otot sendi siku (Elbow Strain)
- Sprain ligament disekitar sendi siku (Elbow Sprain)
- Bursitis Olecranon dan Edema siku.

Diukur melalui lingkar siku :
S (1) = 21 - 24 cm
M (2) = 24 - 27 cm
L (3) = 27 - 30 cm
XL (4) = 30 - 33 cm


8. Deker Siku Nexus 883 Epicondylitis Bandage


Deker Siku Nexus 883 Epicondylitis Bandage



Nexus by Variteks 883 Epicondylitis Bandage merupakan Aksesoris olahraga yang berfungsi untuk mengobati rasa sakit di bagian bawah siku disebabkan gerakan otot lengan bawah yang berulang-ulang dilengkapi dengan bahan yang dapat menjaga kelenturan di berbagai temperatur.

Detail Produk
- Dapat digunakan sebagai pencegaha dan pengobatan nyeri ringan pada bagian lengan siku bagian bawah selama beraktivitas atau bekerja
- Cocok digunakan saat berolahraga atau aktivitas sehari-hari
- Dapat digunakan untuk wanita dan pria
- Ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan
- Bahan yang dapat menyerap keringat