Umumnya sakit lutut bisa ditangani sendiri, namun ada beberapa kondisi yang memang membutuhkan ahli medis, seperti melakukan operasi.

Gejala Sakit / Nyeri Lutut

Sakit / Nyeri lutut dapat muncul seketika saat seseorang mengalami cedera, atau muncul secara bertahap dan bertambah parah seiring waktu. Tingkat keparahan sakit lutut berbeda-beda, tergantung penyebabnya.
Beberapa gejala yang dapat menyertai sakit lutut adalah:

• Lutut terasa kaku dan tidak dapat diluruskan
• Lutut tampak kemerahan, bengkak, dan terasa hangat.
• Lutut terasa lemah, tidak stabil, serta sulit untuk diluruskan.
• Lutut mengeluarkan suara gemeretak (bunyi ‘kretek-kretek’).

Penyebab Nyeri Lutut

Salah satu penyebab lutut sakit adalah cedera pada lutut. Bila lutut mengalami cedera, beberapa jaringan yang menyusun lutut, seperti tulang rawan atau tulang, dapat terganggu. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan datangnya sakit lutut yaitu:

• Kelebihan berat badan atau obesitas.
• Faktor usia.
• Jenis olahraga tertentu.
• Pernah mengalami kasus cedera lutut. Berupa : Ligamen atau jaringan antar tulang di sendi lutut terkilir, Ligamen lutut robek, Tulang rawan robek, Patah tulang tempurung lutut, tulang paha, atau tulang kering, dan cedera lutut lainnya.

Pengobatan Nyeri Lutut

Pengobatan untuk lutut sakit bergantung pada penyebabnya. Setelah mengetahui penyebab sakit lutut yang diderita pasien, dokter baru bisa memberikan pengobatan yang sesuai. Pengobatan dapat berupa:

Obat-Obatan

Obat-obatan bertujuan untuk meredakan nyeri lutut maupun mengobati penyebab nyeri tersebut. Untuk meredakan nyeri, dokter dapat memberikan paracetamol atau obat antiinflamasi nonsteroid.

Fisioterapi

Fisioterapi bertujuan untuk melatih dan menguatkan otot di sekitar lutut, sehingga sendi lutut lebih stabil. Jika diperlukan, misalnya pada penderita osteoarthritis, dokter akan menyarankan penggunaan alat penyangga lutut (knee support) untuk meredakan nyeri lutut.

Suntik Sendi

Penyuntikan obat ke sendi lutut dilakukan untuk meredakan nyeri. Zat yang disuntikkan dapat berupa kortikosteroid, asam hialuronat, atau platelet-rich plasma (PRP). Tanyakan mengenai manfaat dan risiko dari suntik obat ke sendi.

Dibawah ini ada 5 alat deker lutut (Knee Support) yang paling banyak di minati, tetapi disarankan memakai nya sesuai anjuran dokter :


1. Dr. Ortho NS-725 Support Lutut- Adjust knee



Dr. Ortho NS-725 Support Lutut- Adjust knee Produk ini terbuat dari kain dengan kualitas tinggi , terdapat lubang pada bagian patella untuk menopang bagian patella tersebut , dilapisi dengan kain elastis yang kompatibel dengan loop. NS 725 memberikan dukungan dan kompresi yang dapat disesuaikan ke lutut, membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan dan mempercepat pemulihan. Cincin patella terbuka menstabilkan tutup lutut dan mencegah cedera. Ini sangat ideal untuk perlindungan olahraga dan perawatan lutut dalam aktivitas sehari-hari.

Fitur Produk

- Nyaman digunakan
- Berkualitas
- Harga terjangkau
- Meningkatkan sirkulasi darah

2. Neomed Neo Knee Helper JC-014



Neomed Neo Knee Helper JC-014 Merupakan alat pendukung persendian lutut yang berguna untuk menguatkan persendian lutut selama melakukan kegiatan yang mengandalkan kekuatan persendian lutut. Alat ini sering digunakan untuk melakukan olahraga seperti sepak bola, lari, bela diri maupun kegiatan lain yang mengandalkan kekuatan lutut.

Keunggualan Neomed Neo Knee Helper JC-014 :

• Gentle Fabric, bahan yang lembut dan elastis, serta tidak mengganggu peredaran darah
• Far Infra Red, memberikan efek termal (hangat) untuk membantu mengurangi / meringankan nyeri serta memperlancar peredaran darah.

3. Dr. Ortho AS-701 Deker Lutut / Magnetic Knee



Deker | Pelindung Lutut | Knee Support Magnetic - Dr. Ortho AS-701 memberikan sensasi hangat karena magnet akan memperlancar peredaran darah yang membeku disekitar lutut. Bisa juga dipakai untuk yang menderita reumatik, atau hanya untuk mencegah sakit di lutut. Cocok untuk atlet, orang tua, dan siapa saja.

4. Neomed Neo Knee Smart JC-050



Neomed Neo Knee Smart JC-050 Merupakan alat pendukung persendian lutut yang berguna untuk menguatkan persendian lutut selama melakukan kegiatan yang mengandalkan kekuatan persendian lutut. Alat ini sering digunakan untuk melakukan olahraga seperti sepak bola, lari, bela diri maupun kegiatan lain yang mengandalkan kekuatan lutut.

Keunggulan Neomed Neo Knee Smart JC-050 :

• Lining Fabric With Ocher, bahan yang lembut, elastis, halus serta tidak mengganggu peredaran darah serta dilengkapi "ocher" pada bahan yang berfungsi sebagai anti bakteri / bau (menetralkan radikal bebas dengan pemurnian & detoksifikasi)
• Far Infra Red, memberikan efek termal (hangat) untuk membantu mengurangi / meringankan nyeri serta memperlancar peredaran darah.
• 4 Way, tingkat elastisitas / tekanan pada alat (bahan) menyesuiakan dengan anatomi bagian tubuh yang cidera pada saat digunakan (ke-4 sisi: atas, bawah, kiri, kanan) sehingga tidak mudah slip pada saat dgunakan.

5. Dr. Ortho NS-706 Ligament Knee



Dr.Ortho NS-706 Ligament Knee Support berfungsi untuk

- Lutut lemah atau terluka.
- Mengkompres dan menstabilkan depan, medial & ligamen lateral.
- Melindungi cedera lutut berlebihan.

Fitur Produk

- Meningkatkan sirkulasi darah.
- 4 cara peregangan memberikan fleksibilitas untuk mempertahankan lama memakai nyaman.
- Ideal untuk olahraga atau kegiatan lain penggunaan


Kesimpulan

Sakit / Nyeri lutut dapat muncul seketika saat seseorang mengalami cedera, atau muncul secara bertahap dan bertambah parah seiring waktu. Jika anda merasakan sakit yang tidak biasa pada lutut, disarankan segera konsultasikan nya ke dokter.