Kebiasaan minum kopi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari banyak orang di seluruh dunia. Aroma yang menggoda dan rasa pahit yang membuat candu, menjadikan kopi sebagai langkah awal dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bukan hanya tentang meminum secangkir kopi di pagi hari untuk memulai hari dengan semangat, tetapi meminum kopi juga dapat menikmati momen bersama dengan orang terkasih. Terlepas dari kecintaan kopi, muncul pertanyaan menarik yaitu, apakah minum kopi setiap hari dapat memberikan manfaat lebih dari sekedar kenikmatan?

Kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi dibandingkan dengan teh dan coklat. Biji kopi secara alami mengandung berbagai jenis senyawa yang dapat berpengaruh terhadap aroma kopi, rasa kopi, nutrisi kopi, serta kadar kafein. Kopi dengan rendah kafein menghasilkan rasa dan aroma yang baik. Dengan mengkonsumsi kopi rendah kafein dapat menstimulasi sistem saraf sehingga akan memperbaiki mood dan meningkatkan konsentrasi.

Konsumsi kopi dalam jumlah tertentu dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, namun ada kemungkinan beberapa orang tidak merasakan manfaat tersebut. Oleh karena itu, penting mengetahui anjuran konsumsi harian kopi agar mendapatkan manfaat maksimal.

Rekomendasi Konsumsi Harian Kopi:
Dewasa: 400 mg kafein atau setara 4 cangkir kopi (240 ml)
Ibu Hamil: 200 mg kafein atau setara 2 cangkir kopi (240 ml)


Meskipun tidak ada penelitian yang jelas tentang rekomendasi konsumsi bagi anak-anak dan remaja, namun beberapa ahli pediatri (dokter anak) tidak merekomendasikan asupan kafein bagi anak. Jadi apabila anak-anak ingin minum kopi, alangkah baiknya tunggu dewasa untuk merasakan kenikmatan kopi tersebut.

Minum Kopi Setiap Hari dapat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Secara umum kopi memiliki kandungan kafein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi dalam batasan sesuai. Dampak kopi terhadap kesehatan dipengaruhi oleh cara penyajian, tambahan bahan saat meminum kopi, dan jumlah kopi yang dikonsumsi setiap harinya. Berikut merupakan manfaat terkait dengan konsumsi kopi terhadap kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi kopi secara rutin dapat mengurangi resiko gagal jantung. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi kopi hitam sebanyak tiga-empat kali mengalami penurunan resiko gangguan jantung sebesar 15%. Konsumsi kopi dapat meningkatkan tekanan darah sebanyak 6-8 mmHg terjadi hingga 3 jam setelah konsumsi kopi. Namun, konsumsi kopi secara rutin tidak berhubungan dengan peningkatan tekanan darah dalam jangka panjang.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan sistem metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak sebesar 3-11 persen. Jika konsumsi kopi secara rutin tanpa gula dapat dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

3. Mencegah Penyakit Alzheimer

Senyawa yang terkandung pada kafein dapat menghambat produksi β-amiloid dan antagonis reseptor A2, yang merupakan senyawa penyebab Alzheimer. Oleh karena itu, konsumsi kopi dengan takaran yang sesuai dapat menurunkan resiko terkena Alzheimer dan juga memperbaiki memori kognitif.

4. Mengurangi Resiko Diabetes

Manfaat kopi lainnya adalah mengurangi resiko penyakit diabetes. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan sensitivitas terhadap insulin sehingga dapat menjaga kadar gula darah tetap normal. Perlu diingat bahwa kopi yang disarankan adalh kopi dengan bebas gula. Pengidap diabetes yang mengkonsumsi kopi dengan gula akan membuat penumpukan gula didalam darah.

5. Mencegah Depresi

Kopi mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kinerja otak. Kopi dengan rendah kafein juga memiliki cita rasa dan aroma yang baik sehingga dapat menstimulasi sistem saraf yang berpengaruh pada peningkatan mood dan konsentrasi. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa orang yang minum empat cangkir kopi setiap harinya menunjukan penurunan resiko depresi sebesar 9%.

Baca artikel lainnya

Meskipun kopi memiliki dampak positif terhadap kesehatan, namun bahan yang ditambahkan kedalam kopi membuatnya kurang sehat. Kopi hitam memiliki kalori minimal dalam satu cangkir adalah 3 kalori. Tetapi, banyak coffee shop saat ini yang menyajikan kopi dengan tambahan gula, susu, creamer, dan krim kocok yang meningkatkan kandungan kalori dan mengurangi manfaat dari kopi tersebut.

Terlepas dari banyak manfaat kopi, jangan lupa tetap utamakan pola makan sehat, olahraga teratur, tidak merokok, dan tidak konsumsi alkohol agar mengendalikan penyakit tersebut. Konsumsi kopi berlebihan juga akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, menikmati kopi dengan sewajarnya dan tidak berlebihan agar manfaat kopi bisa dirasakan.

Dampak Negatif Konsumsi Kopi

Selain memiliki manfaat, kopi juga memiliki dampak negatif bagi tubuh. Kopi mengandung kafein dan asam organik yang berbeda di setiap biji kopi tersebut. Kandungan kafein dan asam organik yang berlebih dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Pada beberapa orang yang memiliki lambung sensitif, kopi bisa menjadi penyebab sakit perut. Selain itu, konsumsi kafein yang berlebih dapat menyebabkan warna gigi berubah, bau mulut, meningkatkan stress, insomnia, dan gangguan pencernaan. Kafein berlebih juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Konsumsi kafein berlebihan akan membuat cemas, gemetar, dan sulit tidur. Wanita hamil yang mengkonsumsi kafein dalam jumlah tinggi dapat beresiko mengalami bayi dengan berat badan rendah serta kelahiran prematur. Beberapa penelitian juga menjelaskan bahwa konsumsi kafein berlebih dapat mengalami peningkatan kolesterol jahat atau LDL.

Minum Kopi Setiap Hari dapat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Tips Konsumsi Kopi Agar Lebih Sehat

Penting diingat bahwa respon tubuh terhadap kopi bervariasi di setiap orang. Oleh karena itu, konsumsi kopi dengan bijak. Berikut merupakan beberapa tips konsumsi kopi agar lebih sehat dan bermanfaat bagi tubuh:

  • Minum kopi hitam tanpa tambahan gula, susu, creamer, dan lainnya. Tambahan-tambahan tersebut akan mengurangi potensi manfaat dari kopi dan akan menyebabkan kenaikan berat badan, peningkatan risiko diabetes, hingga meningkatkan resiko penyakit jantung.
  • Konsumsi kopi sesuai dengan saran yaitu 4 gelas agar tidak memberikan dampak negatif terhadap tubuh.
  • Iringi dengan pola hidup sehat, makan teratur, tidur yang cukup, dan olahraga.
  • Apabila memiliki penyakit asam lambung atau sedang kambuh, jangan memaksakan minum kopi supaya tidak menimbulkan dampak berbahaya.
  • Untuk ibu hamil, batasi konsumsi kafein maksimal 200 mg atau 2 gelas per hari.

Manfaat kopi bagi penyakit jantung memang sudah terbukti secara ilmiah berdasarkan beberapa penelitian. Namun, perlu diingat bahwa untuk menurunkan resiko penyakit jantung bergantung pada pola hidup seperti berhenti dari kebiasan merokok, memilih makanan sehat, dan rutin berolahraga. Cara konsumsi kopi juga berpengaruh terhadap manfaat yang dihasilkan dari kopi tersebut. Ikuti tips diatas agar mendapatkan hasil yang positif dan baik terhadap kesehatan tubuh.

Ingin tahu informasi menarik lainnya? Yuk, kunjungi website Galeri Medika. Di Galeri Medika, Kamu juga bisa membeli alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/is-coffee-bad-for-you-7089510#toc-the-verdict-on-everyday-consumption
https://www.researchgate.net/profile/Dewi-Septiningtyas-H/publication/325202688_KANDUNGAN_KAFEIN_PADA_KOPI_DAN_PENGARUH_TERHADAP_TUBUH/links/5afd87280f7e9b98e0815d8a/KANDUNGAN-KAFEIN-PADA-KOPI-DAN-PENGARUH-TERHADAP-TUBUH.pdf
https://www.halodoc.com/artikel/jangan-abaikan-efek-kopi-bagi-kesehatan-jantung
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1934/apakah-konsumsi-kopi-berpengaruh-pada-kesehatan-jantung