Sesak napas merupakan suatu kondisi dimana seseorang merasakan kesulitan bernapas karena kesulitan menghirup udara ke paru-paru. Sesak napas atau biasa disebut dengan dispnea dapat menjadi tanda kondisi kesehatan lain seperti alergi, asma, bahkan flu berat. Selain masalah kesehatan sesak napas juga dapat terjadi akibat olahraga yang terlalu berat serta cuaca dan kondisi udara yang buruk.

Gejala utama dari sesak napas adalah pernapasan yang tersengal-sengal. Ketika sesak napas, napas akan menjadi pendek, sehingga tidak mendapat udara yang cukup ke paru-paru. Selain itu, ketika sesak napas, bibir akan menjadi biru, nyeri di dada, dan suara napas yang berisik. Namun biasanya jika tidak terlalu parah maka diperlukan waktu beberapa menit untuk istirahat dan napas pun akan kembali dengan normal.

Bagaimana Cara Nebulizer Membantu Mengatasi Sesak Napas?

Sesak napas disebabkan oleh berbagai hal seperti olahraga, penyakit, dan kondisi kesehatan tertentu. Paling umum terjadi sesak napas disebabkan oleh kondisi masalah kesehatan paru-paru dan jantung, karena keduanya berkontribusi untuk mengirim oksigen ke seluruh tubuh jika salah satu ada yang tidak bekerja dengan baik, maka tubuh akan kekurangan oksigen dan terlalu banyak karbon dioksida sehingga tubuh akan bernafas lebih keras dan menyebabkan kesulitan bernapas.

Kondisi sesak napas ini dapat diredakan menggunakan obat yang dihirup agar langsung menuju paru-paru sehingga penggunaannya lebih efektif. Obat tersebut dihirup dengan bantuan menggunakan alat kesehatan bernama Nebulizer. Nebulizer ini merupakan sebuah mesin yang merubah obat cair menjadi uap sehingga dapat memberikan obat lebih efektif ketika sedang sesak napas.

Bagaimana Cara Nebulizer Membantu Mengatasi Sesak Napas?

Bagaimana Nebulizer Meredakan Sesak Napas?

Nebulizer bekerja dengan mengubah obat cair menjadi uap atau kabut sehingga dapat dihirup secara lebih mudah dan efektif dalam menghirup obat. Obat akan disimpan ditempat kecil yang ada pada mesin yang sudah terhubung dengan masker. Ketika nebulizer dinyalakan maka langsung merubah obat cair menjadi kabut atau uap

Nebulizer ini digunakan untuk meredakan sesak napas, batuk, dan gejala lain yang berhubungan dengan pernapasan. Nebulizer ini menjadi alternatif bagi seseorang yang kesulitan dalam menggunakan inhaler terutama bagi kelompok usia muda. Baik penyakit pernapasan kronis atau non kronis, nebulizer dapat membantu meredakan gejala menjadi lebih baik.

Berbeda dengan inhaler, nebulizer ini dapat digunakan secara otomatis mengubah obat cair menjadi kabut yang dapat dihirup secara otomatis disalurkan ke paru-paru melalui masker pada wajah. Obat yang biasanya digunakan pada alat ini harus sesuai dengan kondisi penyakit pernapasan dan berdasarkan rekomendasi dari dokter.

Baca artikel lainnya di Galeri Medika

Nebulizer memiliki jenis yang beragam, misalnya nebulizer khusus anak yang memiliki mesin nyaman, nebulizer khusus bayi yang dilengkapi dengan penyedot hidung sehingga membantu hidung tersumbat, dan nebulizer untuk dewasa yang lebih portable sehingga mudah dibawa kemana saja. Oleh karena itu, nebulizer dapat digunakan untuk meredakan gejala sesak napas di kalangan usia berapapun.

Hal yang Harus diperhatikan Saat Menggunakan Nebulizer

Secara umum, nebulizer dianggap aman untuk digunakan. Namun, ada beberapa tindakan pencegahan yang harus diperhatikan saat menggunakan mesin selama prosedur nebulisasi. Seperti gunakan obat yang sesuai, selalu berkonsultasi dengan dokter untuk memahami cara menggunakan nebulizer dan dosis obat yang sesuai, serta selalu menjaga nebulizer tetap bersih sehingga menghindari dari infeksi.

Tips Menggunakan Nebulizer

Menggunakan nebulizer memang cukup mudah, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar penggunaannya lebih efektif dan optimal dalam meredakan gejala sesak napas. Berikut merupakan tips menggunakan Nebulizer yang benar.

Bagaimana Cara Nebulizer Membantu Mengatasi Sesak Napas?
  1. Duduk tegak dan hirup secara perlahan melalui masker
  2. Ambil napas secara dalam untuk menghirup obat ke dalam paru-paru
  3. Tahan napas selama beberapa detik setelah menghirup obat untuk memastikan obat mencapai paru-paru
  4. Jika obat menyebabkan iritasi pada mulut atau tenggorokan maka segera berkumur
  5. Jangan berbaring selama proses penggunaan obat karena dapat menyebabkan obat diam di tenggorokan dan tidak mencapai paru-paru
  6. Jangan berbicara atau menghembuskan napas melalui mulut selama menghirup obat
  7. Jangan mencampurkan obat yang berbeda dalam nebulizer tanpa konsultasi dengan dokter
Untuk langkah-langkah dalam menggunakan nebulizer yaitu pertama cuci tangan sebelum menggunakan nebulizer dan meletakan obat. Kemudian sambungkan nebulizer dengan masker, ada yang menggunakan selang namun ada juga yang secara langsung. Setelah itu, masukan obat ke dalam wadah obat sesuai dosis, lalu sambungkan wadah tersebut dengan mesin. Setelah itu, hidupkan mesin dan hirup obat yang sudah menjadi kabut.

Setelah melakukan pengobatan sangat penting untuk membersihkan nebulizer untuk mencegah pertumbuhan bakteri atau organisme yang berbahaya lainnya. Cara membersihkannya yaitu dengan mencuci semua bagian nebulizer dengan air hangat dan sabun, lalu dikeringkan dan disimpan di tempat yang bersih.

Bagaimana Cara Nebulizer Membantu Mengatasi Sesak Napas?

Masalah Umum Ketika Menggunakan Nebulizer

Meskipun terbilang cukup mudah dalam menggunakan nebulizer, tentunya ada beberapa hal yang jika tidak sesuai dapat bermasalah saat menggunakannya. Ketika menggunakan Nebulizer, masalah yang sering ditemukan berbeda tergantung nebulizer itu sendiri, namun biasanya terdapat beberapa masalah umum yang sering terjadi diantaranya:

  • Obat tidak keluar dari Nebulizer: Pastikan semua sambungan terpasang dengan benar, dan obat berada di dalam ruang nebulizer.
  • Kabut tidak dihirup dengan benar: Periksa apakah mulut atau masker pas dan coba menghirup perlahan. Ketika pertama kali perlu menyesuaikan dengan ukuran masker.
  • Suara Nebulizer Keras: Ini bisa menunjukkan bahwa nebulizer tersumbat atau tidak berfungsi dengan benar. Cobalah membersihkan nebulizer dengan seksama atau berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan.

Nebulizer dapat meredakan gejala sesak napas karena obat yang digunakan akan terhirup langsung menuju paru-paru sehingga lebih efektif dan cepat dalam meredakan sesak napas. Cara menggunakan nebulizer memang cukup mudah, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya lebih optimal. Nebulizer ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain Nebulizer, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.omronbrandshop.com/health-and-lifestyle/respiratory-health/how-to-use-a-nebulizer-properly-for-optimal-results/
https://www.omronbrandshop.com/blog/how-can-nebulization-help-with-shortness-of-breath/
https://www.galerimedika.com/blog/dispnea-sesak-nafas-penyebab-dan-pengobatannya