Cuaca yang seringkali tidak menentu, terkadang sangat terik dan tiba-tiba hujan deras menyebabkan tubuh harus terus-menerus beradaptasi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu ini. Pada musim ini, biasanya tubuh akan rentan terkena penyakit seperti flu, batuk, demam, radang, dan lainnya yang biasa terjadi pada musim pancaroba. Karena tubuh dipaksa untuk terus menerus beradaptasi oleh karena itu, jika kondisi tubuh seseorang sedang berada dalam kondisi imun yang kurang baik, maka akan mudah terkena penyakit.

Ketika cuaca yang tidak stabil dan terus menerus berubah, maka menyebabkan virus dapat berkembang dengan cepat salah satunya adalah virus Influenza. Virus influenza ini dapat berkembang dan menyebar dengan luas saat udara dingin serta kering. Keluhan yang sering muncul pada cuaca tak menentu yaitu keluhan pada saluran pernapasan seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, bahkan hingga demam. Hal tersebut merupakan gejala kondisi tubuh yang terkena virus Influenza yang menyebabkan penyakit flu.

Apakah Nebulizer Bisa Mengobati Batuk Pilek?

Flu merupakan penyakit pernapasan yang sangat menular. Penyakit ini menyebar melalui udara dalam bentuk droplet ketika seseorang yang terkena infeksi ini batuk, bersin, atau berbicara. Flu ini beresiko memiliki resiko komplikasi seperti sinus, infeksi telinga, pneumonia, peradangan pada kantung paru-paru dan lainnya. Seseorang yang memiliki resiko besar terkena komplikasi ini yaitu anak kecil, orang lanjut usia, wanita hamil, dan orang dengan kondisi medis tertentu seperti asma, diabetes, penyakit jantung, dan memiliki imun tubuh beresiko lebih tinggi sehingga perlu melakukan pencegahan yang ekstra.

Oleh karena itu, perlunya menjaga kesehatan saat cuaca tidak stabil. Mengkonsumsi vitamin C yang cukup, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer sebelum atau sesudah makan, menjaga kebersihan tubuh, dan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya merupakan cara yang tepat dalam menjaga kesehatan selama cuaca tak menentu. Dengan melakukan cara tersebut, diharapkan mampu meminimalisir potensi terserang penyakit terutama flu.

Apakah Nebulizer Bisa Mengobati Batuk Pilek?

Penyakit flu dapat menyebabkan gejala lain yang berbeda pada setiap orang termasuk tingkat keparahannya pun berbeda. Gejala yang paling sering dialami adalah demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, nafas pendek, kelelahan, pegal-pegal, batuk, dan pilek. Sebagian besar gejala tersebut akan hilang dalam 4 hingga 7 hari. Namun, gejala batuk dan pilek akan bertahan dalam beberapa minggu.

Gejala flu terutama batuk dan pilek yang bertahan lama menyebabkan ketidaknyamanan saat beraktivitas dan khawatir dapat menular kepada orang sekitar Kita. Oleh karena itu, perlunya dilakukan pengobatan yang sesuai agar bisa mengurangi gejala tersebut. Nah, salah satu cara yang dapat meringankan gejala flu seperti batuk, pilek, hidung tersumbat, dan lainnya yaitu dengan menggunakan Nebulizer.

Manfaat Nebulizer

Nebulizer merupakan salah satu alat kesehatan yang berfungsi mengubah obat cair menjadi partikel uap yang kecil sehingga memungkinkan obat bekerja lebih efektif dalam mengatasi flu. Nebulizer ini dapat dibeli secara online maupun langsung di toko Galer! Med1ka. Nebulizer ini memiliki manfaat yang sangat baik dalam mengatasi flu dan meredakan gejalanya terutama batuk serta pilek. Berikut merupakan manfaat nebulizer

Baca artikel lainnya di Galeri Medika

  • Membuka saluran pernapasan sehingga meredakan batuk
  • Mengurangi hidung tersumbat
  • Meringankan kesulitan bernapas
  • Membantu mengurangi durasi flu dengan pemberian obat yang efektif

Nebulizer ini memiliki banyak varian dengan fitur dan spesifikasi yang berbeda. Ada yang listrik dan portbali. Nebulizer listrik biasanya berukuran lebih besar dan harus selalu tersambung dengan sumber daya. Sedangkan nebulizer portable yang bisa dibawa kemana saja dan lebih praktis. Kedua versi tersebut memiliki bagian yang sama yaitu wadah kecil untuk meletakan obat, terdapat corong atau, masker untuk menghirup uap yang dihasilkan, tempat yang menampung kompresor udara, dan serta tabung yang menghubungkan kompresor udara ke wadah obat.

Cara Menggunakan Nebulizer

Setiap jenis memiliki sedikit perbedaan dalam pengoperasian alat ini. OLeh karena itu, sangatlah penting untuk membaca instruksi pada alat tersebut agar tidak salah dalam penggunaannya. Berikut merupakan langkah-langkah menggunakan nebulizer secara umum

Apakah Nebulizer Bisa Mengobati Batuk Pilek?
  1. Siapkan Obat: Isi wadah kecil pada nebulizer dengan obat yang diresepkan sebelumnya, sesuai dengan kapasitas yang ada pada alat. Pastikan obat untuk disimpan di suhu ruang sebelum digunakan.
  2. Memasang Nebulizer: Pasang masker wajah kebagian atas nebulizer lalu hubungkan cangkir obat nebulizer dengan tempat kompresor udara.
  3. Nyalakan nebulizer: Nyalakan alat untuk memulai proses nebulasi.
  4. Menghirup obat: Pegang corong di mulut atau letakan masker di hidung dan mulut lalu bernafaslah dengan normal serta dalam saat obat sudah menjadi uap.
  5. Selesaikan pengobatan: Selesaikan menghirup obat sampai seluruh dosis telah habis, biasanya memerlukan waktu sekitar 5 hingga 10 menit.
  6. Bersihkan Nebulizer: Lepas semua bagian nebulizer lalu bersihkan sesuai dengan instruksi yang tersedia pada alat. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah kontaminasi lain yang menyebabkan infeksi

Mengikuti petunjuk penggunaan yang sesuai saat menggunakan nebulizer merupakan hal yang sangat penting terutama dalam pengobatan flu agar hasil dari pengobatan lebih maksimal. Seberapa sering dan lamanya penggunaan nebulizer ini bergantung pada tingkat keparahan gejala flu dan obat yang digunakan.

Meskipun menggunakan nebulizer dapat membantu dalam meringankan gejala flu terutama batuk dan pilek, namun tentunya perlu konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan hasil diagnosa yang sesuai serta rekomendasi pengobatan yang tepat. Biasanya pencegahan paling awal dalam mencegah flu yaitu menggunakan vaksin antivirus. Nebulizer ini dapat ditemukan di Toko Galeri Medika. Selain nebulizer, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/flu-7109004
https://www.omronbrandshop.com/blog/how-do-nebulizer-help-wade-off-the-flu/
https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-alat-nebulizer-fungsi-dan-kegunaannya