Nebulizer merupakan salah satu alat kesehatan yang berfungsi untuk mengubah obat cair menjadi kabut halus yang dapat dihirup melalui saluran pernapasan sehingga penggunaan obat akan langsung masuk ke dalam paru-paru dan menjadikan obat bekerja lebih efektif. Nebulizer ini umumnya digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi pernapasan seperti asma, bronkitis, emfisema, serta infeksi saluran pernapasan atas dan bawah.

Dengan menggunakan nebulizer, maka obat-obatan dapat langsung sampai ke area yang dibutuhkan sehingga mempercepat proses penyembuhan dan meredakan gejala yang terjadi. Terdapat beberapa jenis nebulizer seperti nebulizer mesh, nebulizer kompresor, nebulizer ultrasonik, dan lainnya yang memiliki cara kerja berbeda serta keunggulan yang berbeda. Pada artikel ini akan membahas mengenai salah satu jenis Nebulizer, yaitu Nebulizer mesh.

Apa itu Nebulizer Mesh? Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu Nebulizer Mesh?

Nebulizer mesh merupakan salah satu jenis nebulizer yang menggunakan teknologi mesh untuk merubah obat cair menjadi kabut halus yang dapat dihirup langsung melalui saluran pernapasan. Nebulizer mesh menggunakan getaran elemen piezo untuk menggetarkan jaring kemudian mendorong cairan obat melalui lubang-lubang di jaring. Karena hal tersebut maka obat yang dihirup ukuran partikelnya akan lebih konsisten. Jenis nebulizer ini juga portable sehingga mudah dibawa saat bepergian.

Setiap jenis nebulizer tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Selain portable, Nebulizer mesh juga dikenal dengan pemberian obat yang efektif dan efisien. Namun disisi lain, nebulizer ini juga memiliki kekurangan seperti tempat obat yang kecil dan lainnya. Simak dibawah ini untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan Nebulizer mesh.

Apa itu Nebulizer Mesh? Bagaimana Cara Kerjanya?

Keunggulan Nebulizer Mesh:

  • Penghirupan obat cepat dan efisien: Kabut halus yang dihasilkan oleh nebulizer mesh dapat dihirup langsung melalui mulut atau hidung sehingga dapat membantu meredakan gejala.
  • Desain yang Portable: Karena desainnya yang portable maka nebulizer mesh ini lebih mudah disimpan dan dibawa sehingga sangat cocok serta menjadi pilihan yang baik bagi seseorang yang selalu bepergian.
  • Perawatan Mudah: Nebulizer Mesh adalah alat yang tidak memerlukan usaha besar dalam merawatnya karena, hanya dengan membersihkannya secara teratur saja itu sudah cukup.

Kekurangan Nebulizer Mesh:

  • Kapasitas obat terbatas: Ukuran nebulizer mesh yang kecil menjadikan adanya keterbatasan tempat dalam jumlah obat yang dapat digunakan satu waktu, sehingga menjadikan kurang nyaman bagi seseorang jika memerlukan beberapa dosis.
  • Potensi Tersumbat: Teknologi mesh yang digunakan oleh Nebulizer mesh dapat tersumbat jika penggunaannya tidak benar sehingga menyebabkan kurangnya efektivitas dan memerlukan pengganti jaring didalamnya.

Baca artikel lainnya di Galeri Medika

Nebulizer mesh ini dapat bertahan cukup lama atau awet jika dirawat dengan baik, dibersihkan secara berkala, dan digunakan dengan benar. Nebulizer mesh menggunakan jaring halus untuk menciptakan kabut dengan konsentrasi obat yang tinggi sehingga menghasilkan lebih sedikit pemborosan dan memperpanjang umur pakainya.

Ketahanan lama atau keawetan nebulizer mesh ini umumnya tergantung pada merk, tipe, dan frekuensi penggunaan. Tetapi, sebagian besar produsen nebulizer mesh menawarkan jaminan bahwa nebulizer mesh ini dapat bertahan setidaknya 500 jam penggunaan. Selain itu, beberapa merk dan modal juga memberikan garansi hingga 2 tahun. Nebulizer mesh ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galer! Med!ka dengan berbagai merk dan tipe yang berbeda.

Fitur Nebulizer Mesh

Nebulizer mesh secara keseluruhan menawarkan pemberian obat yang efisien dan nyaman untuk kondisi pernapasan. Dengan perawatan yang tepat memberikan kontribusi pada umur dan efektivitas penggunaanya. Berikut merupakan fitur yang ditawarkan oleh Nebulizer mesh:

Apa itu Nebulizer Mesh? Bagaimana Cara Kerjanya?

1. Efisiensi Tinggi

Nebulizer mesh dapat mengirimkan obat dalam partikel kecil sehingga mudah diserap oleh paru-paru, meningkatkan efektivitas dibandingkan dengan nebulizer jenis lainnya. Nebulizer mesh menggunakan jaring yang bergetar untuk menciptakan kabut aerosol sehingga memudahkan inhalasi bagi pasien.

2. Ringan dan Portable

Nebulizer mesh memiliki ukuran yang ringan dan portable sehingga sangat cocok untuk digunakan dimanapun baik dirumah, selama perjalanan, ataupun di tempat lain.

3. Kenyaman

Berbeda dengan jenis nebulizer lain yang memerlukan kompresor udara, selang, dan sumber daya listrik, Nebulizer mesh beroperasi tanpa komponen-komponen tersebut. Nebulizer mesh di desain dengan baterai isi ulang sehingga meningkatkan kenyamanan bagi penggunanya.

Apa itu Nebulizer Mesh? Bagaimana Cara Kerjanya?

4. Mesin Lebih Senyap

Nebulizer mesh menghasilkan suara yang lebih halus dan sedikit dibandingkan dengan nebulizer jenis lainnya sehingga sangat cocok digunakan di tempat umum seperti bandara, hotel, dan restoran.

5. Penggunaan Obat Efisien

Nebulizer mesh memastikan obat akan langsung sampai ke paru-paru sehingga mengurangi resiko pemborosan obat dan memastikan pasien menerima dosis yang tepat.

Memilih nebulizer pertama kalinya memang agak membingungkan, namun Kamu bisa menjadikan nebulizer mesh sebagai opsi yang perlu dipertimbangkan terutama desain yang portable. Nebulizer mesh ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain nebulizer mesh, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original serta dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.cnhealthshining.com/news/how-long-does-a-mesh-nebulizer-last-71334904.html
https://www.omronbrandshop.com/blog/mesh-nebulizer-v-s-compressor-nebulizer/