Dari makanan yang Anda makan dan bagaimana Anda berolahraga hingga persahabatan semuanya memiliki efek pada seberapa cepat atau lambatnya usia tubuh Anda. Teruslah mencari tahu hal-hal sederhana untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan pikiran Anda tetap tenang. Dan tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Perubahan kecil dalam kebiasaan makan Anda dapat menurunkan risiko banyak penyakit terkait penuaan.



Menurunkan Sedikit Berat Badan

Perubahan kecil dalam berat badan dapat berdampak besar pada risiko kesehatan. Kehilangan hanya 5 persen dari berat tubuh Anda telah terbukti mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung dan meningkatkan fungsi metabolisme di hati, lemak dan jaringan otot. Itu berarti orang yang beratnya 90 kg, akan mendapatkan manfaat kesehatan yang besar hanya dengan menghilangkan 5 kg berat tubuhnya. Sementara kita semua ingin mengurangi lebih banyak kilogram dalam tubuh kita, jauh lebih mudah untuk memulai dengan tujuan penurunan berat badan 5 persen dan mempertahankannya.

Kurangi Intensitas Makan Daging Olahan

Daging olahan seperti hot dog dan sosis yang telah diolah untuk meningkatkan rasa dan meningkatkan pengawetan. Sejumlah penelitian telah menemukan hubungan antara makan banyak daging olahan dan kesehatan yang buruk. Ulasan Harvard ditemukan bahwa makan satu porsi daging olahan sehari seperti daging asap, sosis, dan kornet dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 42 persen lebih tinggi dan risiko diabetes meningkat 19 persen. Tetapi tidak ada peningkatan risiko yang terkait dengan makan daging merah yang tidak diproses walau porsinya sama. Perbedaan besar adalah kadar natrium dan pengawet kimia. Daging olahan memiliki sekitar empat kali lebih banyak natrium dan 50 persen lebih banyak pengawet nitrat daripada daging yang tidak diproses. Penelitian lainnya telah melibatkan daging olahan dalam risiko yang lebih tinggi untuk kanker usus besar.

Makan Buah Beri

Makan tiga atau lebih porsi blueberry seminggu menurunkan risiko 26 persen penyakit diabetes. Studi lain ditemukan bahwa makan blueberry secara rutin menurunkan tekanan darah. Anda menambahkan buah dan sayuran berwarna gelap seperti blueberry, ceri, bayam dan kangkung ke dalam makanan Anda. Mereka sarat dengan nutrisi, serat dan karotenoid. Mereka juga akan membuat Anda kenyang sehingga Anda cenderung untuk tidak makan junk food.

Bagaimana dengan Suplemen?

Minyak ikan adalah salah satu suplemen yang paling banyak digunakan untuk mengurangi efek penuaan, tetapi banyak penelitian menunjukkan tidak ada manfaatnya. Ada beberapa bukti vitamin B12 itu baik untuk otak yang menua, tetapi sebagian besar bukti menunjukkan kita cukup mendapatkannya dari makanan kita.

Bergerak
Tubuh yang bergerak memberikan manfaat bagi manusia. Pertimbangkan kiat-kiat ini untuk berolahraga seiring bertambahnya usia Anda.

Latihan dalam Interval Intens

Latihan intensitas tinggi pada umumnya berlangsung kurang dari 15 menit, termasuk pemanasan dan pendinginan secara rutin. Hal ini lebih baik ketimbang latihan 1 hingga 2 jam namun tidak rutin dilakukan.

Angkat beban

Mengangkat beban dapat membantu Anda mempertahankan massa otot dan tulang yang lebih kuat seiring bertambahnya usia. Namun Anda tidak harus mengangkat beban seperti binaragawan untuk menuai manfaatnya.

Latihan untuk Kulit yang Lebih Muda

Setelah sekitar usia 40 tahun, kebanyakan dari kita mulai mengalami penebalan lapisan stratum korneum, lapisan epidermis terakhir, pelindung, bagian luar, yang merupakan lapisan teratas kulit Anda. Sebagian besar terdiri dari sel-sel kulit mati dan beberapa kolagen, itu menjadi lebih kering, lebih tipis dan lebih padat dengan bertambahnya usia.

Pada saat yang sama, lapisan kulit di bawah epidermis, dermis, mulai menipis. Ini akan kehilangan sel dan elastisitas, dan kulit menjadi lebih kendur. Perubahan ini tidak tergantung pada kerusakan kulit akibat sinar matahari. Mereka adalah hasil dari perjalanan waktu.
Tetapi olahraga dapat membantu mengubahnya. Berolahraga dua kali seminggu dengan jogging atau bersepeda. Setelah tiga bulan, olahraga telah menghasilkan perubahan pada sampel kulit. Jangan lupa gunakan tabir surya untuk berolahraga di luar rumah

Kebugaran aerobik, atau kardiorespirasi, adalah ukuran seberapa baik tubuh Anda dapat mengirimkan oksigen ke jaringan. Karena proses itu meresap dan penting dalam tubuh kita, itu juga merupakan hasil dari kesehatan dan fungsi fisiologis secara keseluruhan, terutama pada sistem kardiovaskular

Berpikir

Penuaan akan terasa lebih baik jika merawat tubuh dan pikiran. Sebagian besar dari apa yang kita lakukan untuk menjaga tubuh kita tetap bugar juga baik untuk otak.

Coba Yoga dan Meditasi

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang berlari, latihan beban dan menari memiliki risiko lebih rendah terkena demensia daripada orang yang tidak aktif secara fisik sama sekali. Tetapi jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk melakukan olahraga tersebut, ada pilihan lain. Yoga dan meditasi mingguan secara rutin dapat memperkuat keterampilan berpikir dan membantu mencegah penurunan mental yang berkaitan dengan penuaan.

Setelah 12 minggu, mereka yang telah berlatih yoga dan meditasi menunjukkan peningkatan suasana hati mereka dan penurunan tingkat depresi yang signifikan daripada kelompok pelatihan otak.

Terhubung

Tetap berhubungan dengan keluarga dan teman dan membentuk hubungan baru dapat membuat Anda sehat lebih lama dan dapat meningkatkan harapan hidup Anda.

Perkuat Ikatan Sosial

Berteman, menjadi sukarelawan, bergabunglah dengan klub, dan tetap bersilahturahmi. Itulah beberapa saran terpenting untuk Anda dapatkan sehingga memiliki proses penuaan yang baik. Sejumlah besar penelitian ilmiah menunjukkan bahwa interaksi sosial atau memiliki hubungan yang kuat dan bahagia dengan keluarga, teman, dan anggota masyarakat merupakan faktor penting dalam kesehatan dan umur panjang yang baik